Arsip Bulanan: Juni 2017

Kunci Mudik Aman dan Nyaman plus ada TEMAN baru nih

Assalamualaikum, gimana puasanya lancar semua?

Hilal THR apa sudah keliatan?

Jangan lupa kalau THR nya sudah cair segera disalurkan kepada yang membutuhkan. Itu pedagang-pedagang gamis dan baju koko di tanah abang sudah memanggil-manggil sejak awal puasa loh.

Cerita Mudik Khas Indonesia

Apa sih yang paling khas dari perayaan hari raya Idul Fitri dibanding hari raya lainnya menurut kalian?

Kalau menurut gue :

Pemandangan lautan manusia yang berbondong-bondong dengan berbagai moda transportasi pulang menuju kampung halamannya masing-masing, tak lupa kardus indomie yang diikat tali rafia sebagai tentengan andalan.

Prosentase penggunaan Alat transportasi untuk mudik. Sumber: https://lapakfjbku.com/infographic-menarik-fakta-tentang-mudik-lebaran

Ada asa untuk menebus kerinduan, ada silaturahmi yang ingin kembali di jalin, ada cinta yang ingin tersampaikan melalui mudik.

Itulah sebabnya jutaan orang rela berebut tiket, rela bermacet-macetan selama belasan bahkan puluhan jam di jalan. Kalau sekedar gengsi-gengsian mah pasti banyak yang ogah mudik.

Tapi karena dasarnya adalah cinta dan rindu, jangankan lautan macet lautan api juga pasti diseberangin bung cuma bingung pake apa ya nyebrangnya

Persiapan yang tepat, kunci mudik aman dan nyaman

Dalam acara buka puasa bersama SGM Bunda dan SGM Eksplor lalu, hadir beberapa narasumbernya kece, antara lain Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK dan Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi .

Mereka berbagi kunci-kunci penting persiapan nutrisi dan mental yang baik ketika menempuh perjalanan jauh seperti mudik.

Apalagi kalau yang mudik adalah ibu hamil, menyusui dan anak-anak. Diperlukan persiapan khusus agar ibu hamil, menyusui dan anak-anak dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman. Apa saja sih yang sebaiknya kita persiapkan ?

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK hal-hal inilah yang harus diperhatikan:

  1. Kondisi fisik harus sehat, konsultasi lah dengan dokter sebelum memutuskan mudik ya bunda. Tanyakan amankan bila bunda atau anak-anak tetap berpuasa selama mudik.
  2. Kebutuhan kalori terpenuhi. Bawalah perbekalan makanan dan cemilan yang sehat dan bergizi, hindari konsumsi makanan siap saji secara berlebihan.
  3. Hidrasi. Pastikan konsumsi air tidak kurang dari 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi di perjalanan.
  4. Suplementasi.  Siapkan tubuh dengan
  5. Cukup istirahat. Perhatikan jalur mudik yang akan dilewati, pastikan untuk beristirahat di perjalanan. Pilih tempat istirahat yang nyaman dan menyenangkan ya.
  6. Obat-obatan. Bawalah obat-obatan yang kiranya diperlukan, seperlunya saja.

Sedangkan Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi  alias dokter Nina membagikan tips-tips kunci kenyamanan mental saat mudik. Menarik banget loh, karena biasanya kita cenderung lupa mempersiapkan mental saking sibuknya menyiapkan tetek bengek lainnya yang bersifat fisik.

Yang pertama-tama harus disadari oleh ibu hamil ketika akan mudik menurut dokter Nina :

sadari dan terimalah keterbatasan diri

Yang namanya hamil pasti gampang lelah, gak boleh bawa yang berat-berat, sering buang air kecil. Namanya juga hamil ye bok. Terimalah kondisi ini, jangan nanti di jalan malah berantem sama pasangan atau keluarga karena ngerasa enggak nyaman.

para narasumber kece yang enggak pernah bosen berbagi ilmu

Kuncian penting lainnya untuk diperhatikan para ibu hamil selama mudik menurut dokter Nina adalah penggunaan pakaian yang nyaman. Sesuaikan dengan kondisi perjalanan nanti. Emang kata kunci dokter Nina untuk para ibu hamil adalah nyaman.

Maka bawalah benda-benda yang kiranya bisa menambah kenyamanan entah itu bantal leher, cemilan, novel kesukaan, ipod atau foto-foto favorit. Asalkan bendanya gak repot buat dibawa, bawa aja. Jangan bawa kasur atau sofa yaa, berabe nanti urusan packingnya.

Perhatikan Kesiapan Mental Anak Juga Yaa..

Bukan cuma mental bundanya yang harus siap tapi mental si kecil yang akan menempuh perjalanan mudik juga harus disiapkan dong. Kasian kan kalo selama perjalanan jauh dan memakan waktu belasan jam anak justru merasa kesal atau sedih.

Padahal perjalanan mudik ini justru bisa menjadi sarana orang tua mendidik dan menambah wawasan anak-anak loh. Dengan berlelah-lelah di perjalanan anak bisa kita ajari cara mengelola emosi, pentingnya mengantri dengan tertib juga mengasah empati pada sesama pemudik di jalan.

Kita juga bisa mengajarkan anak menjadi lebih mandiri, beri anak tanggung jawab selama perjalanan mudik. Misalnya beri dia 1 tas berisi keperluan pribadinya yang wajib dia bawa dan jaga selama perjalanan.

Nah bagaimana supaya mental anak siap? Nih sebagian tips dari dokter Nina :

  • Sebelum mudik, tunjukan foto-foto kakek nenek atau kerabat yang akan dia temui di kampung halaman nanti. Ceritakan sedikit mengenai orang-orang tersebut agar anak tertarik;
  • Ajari anak cara bersilaturahmi supaya anak nanti tidak canggung dan bingung. Kalaupun nanti di kampung anak tetap rewel atau bingung jangan marah ya bunda. Hargai dong usaha anak-anak kita;
  • Selama diperjalanan mudik, bawalah mainan kesukaan anak. Jangan banyak-banyak ya bun, cukup 3-5 mainan atau buku saja;
  • Jangan forsir waktu perjalanan mudik. Idealnya tiap 3-4 jam perjalanan harus ada waktu istirahat. Rencanakan juga tempat istirahat yang nyaman selama diperjalanan.

Nah ini !

Yang namanya ibu hamil, menyusui dan anak-anak butuh banget tempat istirahat yang nyaman selama perjalanan mudik. Apalagi kalo mudiknya membawa kendaraan sendiri. Jangan remehkan istirahat selama perjalanan mudik loh. Terlalu lelah dan mengantuk selama menyetir kendaraan hampir selalu jadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas selama musim mudik loh.

Makanya SGM menyiapkan TEMAN buat mudik para bunda dan anak-anak nih. TEMAN alias Tempat Mudik Nyaman, tersedia di sepanjang jalur mudik sebagai tempat bunda dan anak menghilangkan kepenatan sejenak.

Di TEMAN bunda dan keluarga bukan cuma bisa numpang pipis loh, tapi ada juga area bermain anak dan nursing room. Lumayan banget kan buat numpang nyusuin atau ganti popok. Hayoo yang pernah jumpalitan ngeganti popok anak di WC umum rest area mana suaranya??

Ada juga booth penjualan Susu SGM dan dispenser air panas buat nyeduh susu di sini. . Memang SGM ini mengerti banget kebutuhan bunda-bunda yang pengen sejenak istirahat dari kerempongan ngangon bocah ya.

liat jalur mudik kamu yuk, pastikan nyari TEMAN buat istirahat yaa

Nah buat teman-teman yang nanti akan mudik lebaran ke kampung halaman jangan lupa persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin yaa. Semoga tips-tips dari para narasumber kece SGM tadi bisa bermanfaat.

Selamat mudik, semoga lancar dan selamat sampai tujuan yaa.