5 Merek Tas Kulit Jogja Ini Dijamin Bikin Kita Klepek-klepek

Pesona tas kulit jogja. aw aw aw. Gambar dari Pixabay.

Ladies, please forgive me karena siang ini mau ngasih racun tas kulit Jogja. Kalau kesel jangan timpuk gue pake batako ya, tolong timpuk aja pake duit. Siapkan mental yaa melihat godaan iman dan dompet. Sengaja memang posting beginian mumpung tanggalan masih terasa muda ๐Ÿ˜€

Pada postingan gue yang merapatkan barisan, sempat gue singgung isu sedikitnya anak bangsa yang berkarya. Nah di postingan kali ini yuk kita imbangi dengan mengagumi hasil karya anak bangsa khususnya yang berasal dari kota Jogja. Tepatnya yuk kita pelototin merek-merek tas kulit Jogja.

Merek-merek yang gue jembrengin disini insya Allah merupakan merek tas kulit lokal berkualitas yang kiprahnya sudah cukup dikenal bukan cuma di kotanya tapi di Indonesia.

Sebenarnya banyak kota-kota lain di pulau Jawa yang juga terkenal sebagai sentra penghasil kerajinan kulit. Misalnya daerah Garut di Jawa Barat atau Tanggul Angin di Jawa Timur, tapi rasanya beberapa tahun terakhir justru merek-merek dari kota Jogja lah yang sering kali menjadi rebutan para penggemar tas kulit lokal.

Oke, sudah siap melihat tas kulit Jogja yang menggoda?

1.Abekani

Kita mulai dari yang paling dikenal dan dicari di kalangan penggemar tas kulit lokal, the infamous abekani. Merek tas kulit asli Jogja yang memiliki workshop di Perum Puri Potorono Asri C-18, Jl. Wonosari Km.8, Banguntapan – Bantul iniย  sangat tenar di kalangan penggemar tas kulit lokal.

Bahkan untuk bisa memiliki tas kulit Abekaniย  kamu harus melalui proses yang panjang dan membutuhkan keberuntungan. Tapi jangan salah Abekani ini sudah punya die hard fans yang rela berjuang untuk itu.

tas kulit Jogja bermerek abekani. Warna pastelnya bikin hati cenat-cenut

Pertama kamu harus berebut slot pre order di Facebook Fan Page Abekani dengan ratusan penggemar Abekani lainnya. Kalau kamu beruntung memperoleh slot bukan berarti kamu bisa langsung mengelus tas yang kamu incar.

Kamu harus menunggu sampai tas yang kamu pesan selesai dibuat. Menunggunya bukan lagi hitungan hari atau minggu melainkan bulanan ย konon bisa sampai setahun untuk type tas tertentu.

Ajegile! Mungkin begini rasanya ngantri beli tas hermes ya *mulai halu*

Harga tas-tas merek Abekani ini tergolong terjangkau, rata-rata masih di bawah 1 jutaan rupiah. Kualitasnya sendiri terkenal baik, untuk kulit ataupun aksesorisnya tidak terkesan dibuat asal-asalan. Pantesan aja penggemarnya rela rebutan.

(kelebihan) :

  • Harga cukup terjangkau
  • Kualitas prima (rata kulit yang digunakan jenis pull up dan Italian leather)
  • Model yang beragam dan keren-keren
  • Tersedia warna-warna pastel buat kamu yang feminin dan lemah lembut *uhuk*

(minusnya) :

  • Ngantrinya makjaaang. Hayati lelah ngebayanginnya.
  • Enggak bisa beli langsung di workshopnya.
  • Websitenya kalah pamor dibanding FB Fanpage nya

2. Aira Bag

Aira Bag, tas kulit jogja yang cantik

Buat kamu-kamu yang rasanya enggak sanggup rebutan Abekani, coba deh lirik merek Aira Bag ini. Karena oh karena dese ready stock qaqaaa *lari ke workshop aira*

Kualitasnya tas dan aksesoris buatan Aira Bag (material Kulit, aksesoris dan lining tas) sudah sangat baik. Gue pernah pegang langsung, gak kalah kok sama Abekani.

(kelebihan):

  • Ready stock loh. Kalau datang langsung ke workshopnya bisa langsung bungkus. Ga ququ dompet gue udah cenat-cenut ngebayanginnya.
  • Kisaran harganya sama kayak Abekani, masih dibawah 1 juta rupiah.
  • Bikin aksesoris dari bahan kulit juga, jadi gak cuma tas-tas semata.
  • Model tas nya banyak dan enggak cuma tas wanita tapi juga tas buat pria.

(minus) :

  • Gak bikin tas-tas warna pastel kayaknya, hiks.

3. Lucce Bags By Novelli

Kalo Dua merek tas sebelumnya rata-rata polosan (kayak hati gue) maka si Lucce ini berbeza. Merek Lucce justru menyajikan tas kulit jogja dengan hiasan patchwork super cantik. Emesh lah dipandang mata.

Selain motif patchwork bunga-bungaan, ada juga motif kawung dan pola garis. Walopun beberapa pola patchwork nya terasa plek-ketiplek dengan tas keluaran Fossil.

Beda dari yang lain. Tas kulit jogja yang ini gak cuma polosan sis.

 

(kelebihan) :

  • Motifnya yang unik dan cantik banget kayak gue.
  • Dari segi tampilan (karena gue belom pernah megang langsung) kayaknya si Lucce ini lebih kokoh dan kuat dibandingin saudara-saudaranya sesama tas kulit jogja.
  • Berdasarkan keterangan penjualnya, tas kulit Lucce ini sudah menggunakan bahan-bahan kulit, aksesori dan lining terbaik.

(minus) :

  • Harganya di atas dua merek sebelumnya. Tapi ya ada harga ada rasa. Karena proses pembuatan tas kulit Lucce ini jelas lebih rumit.
  • Seperti abekani, sistem pemesannya lewat jalur Pre Order. Untungnya waktunya enggak selama abekani.

Cek langsung ke TKP deh kalo belom puas, ada Facebook nya juga diย  : Novelli Novelli

4. Berliano

Yang ini sempet bikin heboh Inacraft 2017 kemaren. Tas kulit Jogja dengan merek Berliano diserbu penggemarnya di ajang pameran kerajinan tingkat nasional itu. Saking semangatnya ibu-ibu rebutan tas kulit Berliano sampai mengganggu stand-stand di dekatnya.

Akhirnya demi kenyamanan bersama, Berliano hengkang dari Inacraft dan menjual sisa tas kulit dan aksesoris lainnya di hotel tempat tim mereka menginap. Beritanya sempet muncul di lifestyle kompas.

Bayangin ya, ratusan tas kulitย  yang mereka bawa ludes dalam waktu se jam saja. Emang ibu-ibu gak ada lawannya kalau urusan belanja ๐Ÿ˜€

Tas Kulit Jogja Merek Berliano sempat hebohkan Inacraft 2017

Kalau urusan kualitas rasanya gak perlu diragukan lagi lah ya. Ini sih yang gue suka dari merek-merek tas kulit Jogja ini, mereka mengedepankan kualitas. Jadi penggemarnya enggak ragu-ragu cakar-cakaran demi tas-tas ini *asah kuku*

(Kelebihan) :

  • Selain tas kulit polos ada juga yang di emboss cantik bermotifkan batik khas Indonesia.
  • Model dan warnanya keren-keren, harganya juga masih sekelas dengan abekani dan aira bag. Masih di bawah satu juta rupiah.
  • Mengklaim melayani pembelian langsung di workshopnya.

(minus) :

  • Sama kayak abekani, kenapa website nya seolah hanya formalitas belaka. Kalau mau tau info-info terbaru justru harus melalui FB Fan page.
  • Belinya juga ngatri pake sistem Pre Order, hikssss.

5. Melrose by melanie leather

merek tas kulit jogja yang mesti kita lirik bareng-bareng

Fuschiaaaaa *gelap mata*

Gue lemah syahwat banget deh sama warna ini, rasanya pengen dikekepin semua tas nya. Merek Melrose ( singkatan nama pemiliknya yaitu mbak Melanie Rosari) ini mungkin belum seterkenal saudara-saudaranya sesama merek tas kulit Jogja tapi jangan diremehkan kualitasnya.

Baik material kulit, aksesoris dan lining enggak kalah sama seniornya. Yang bikin lebih demen, harganya masih di bawah harga para senior. Uhuuyy.

Kalau urusan model seperti juga para seniornya di awal kemunculan mereka di jagad tas kulit, bentuk dan model tas-tas kreasi Melrose masih plek-ketiplek serupa dengan model tas kulit dari merek terkenal (Fossil, anello dll).

Tapi menurut gue kemiripan model ini karena sebagai sebuah merek, tas-tas kulit asal Jogja ( sebenarnya seluruh Indonesia ) masih berproses mencari jati diri mereka. Dulu di awal kemunculannya abekani pun melalui fase yang sama.

Sekarang abekani dan juga berliano sebagai merek sudah menancapkan identitas mereka, desain tas-tas dan aksesoris produksi mereka pun lebih khas dan bisa dikenali sebagai produk mereka sendiri.

(kelebihan) :

  • ada warna fuschia gituloh, fuschiaaaaa *histeris*
  • Harganya masih bersaing banget, beda dikit sama tas zara , Bershka atau Pull n Bear ( referensinya ABG amat bu)
  • Model dan warnanya enggak kalah sama seniornya di dunia tas kulit Jogja

(Kekurangan) :

  • Lagi-lagi harus Pre Order (via aplikasi whatssapp) dan harus sabarrr
  • belum ada ready stock atau workshop
  • Belum ada website (curiganya kalaupun ada nasibnya sama kayak website para senior deh)

Special appearance, tas kulit bukan dari Jogja TAPI KECE BANGETย  :

tas kulit Jogja ada saingannya nih, Merek Kaynn. KECE PARAH

Ini ibu-ibu yang kebetulan baca, udah cenut-cenut belum hati dan dompetnya?

Nanya juga, kalau kalian punya merek tas kulit lokal favorit gak?

Ceritain dong di kolom komentar, siapa tau gue bisa kepoin juga merek tas kulitnya.

44 gagasan untuk “5 Merek Tas Kulit Jogja Ini Dijamin Bikin Kita Klepek-klepek

  1. ndutyke

    Aku punya 2 Aira Bag. 1 beli via whatsapp yg dilayani dgn sangat sopan & relatif fast response. 1 lagi dibeliin Abi di workshopnya lgsg dimana stoknya banyak beuuudz. Abi juga beli ranselnya, trs beli cable holder (mapuluhrebu isi 3, kakaaaak) dan gantungan tas buat aku. Aku nggak punya stok sabar yg cukup, kakaaaak…. klo kudu rebutan sikut2an drama kumbara demi sebuah tas. Duh lelahnya. Baru denger ceritanya aja dah lelah sungguh.

    Mending beli merk lain yg ready stock ajalah. Abekani katanya emg number 1 di kelasnya tp klo ikut PO jadinya antrean number rongewumangatus (baca: 2500), yastralah aku pilih the next best thing aja. Aira I love youuuu!

    Balas
  2. Shinta

    suksess banget nii racunnya *langsung kepo.. paling suka sama Abekani & Berliano stylenya… duuuh kapan yaa bisa dapetin tas2 ini, gakuku perjuangannya….

    Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Ga kuku kalo abekani sama berliano mbak Shin, antriannya ngalahin pembagian beras gratis ๐Ÿ˜‚

      Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Nah kalo si sew stories ini gue belom punya pengalaman nih, konon susah juga ya dapetinnya? Ceritain doong mbak

      Balas
      1. Desy

        Yang ready susah dapetnya. Kadang dia posting yg ready stock trus rebutan. Kalo PO biasanya bisa2 aja. Asal tahan nunggunya hehehe. Btw Sew Stories lg ngeluarin tas kulit yg ky diukir dan diwarnain, keren deh

        Balas
        1. Yuni Widia

          pengalaman beli sew stories yang dompet tipe lollita, nunggunya lama tapi hasilnya memuaskan, jahitan rapi bahannya juga oke punya. Kedua pesen tas tipe small beep, ternyata gak selama nunggu dompetnya. Suka banget sama produk2 sew stories gak kalah sama tas branded impor yang tenar. kalau dari segi harga, sew stories ini cukup lumayan karena hampir sama dengan tas kulit impor.

          Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Iya lumayan sih harganya, tapi kalau dibandingin sama merek luar dengan kualitas yang sama ini termasuk murah banget sih Tia. Ayoo nabung terus cobain beli 1 deh, dijamin ketagihan ๐Ÿ˜€

      Balas
      1. santi

        saya mendaftar u join di grup ga di approve sama abekani mb… padahal pengen juga ikur sensasi rebutannya… bisa bantu u approve u join di grup abekani mb ?

        Balas
  3. al

    gw di join-in grup nya ama adek gw, udah 5 bulan, punya tas abekani 2 biji, fresh from workshop bukan preloved,,, yg rebutin adek gw yg waktu luang nya banyaaak bwt online:-D
    sampe2 tiap jumat hari nl adek gw ini bilang ama anak2 nya “ssst bentar bunda mo rebutan abekani dulu”
    emang kualitasnya juara Ti,,
    nyokap gw, kk, adek gw semua punya tas abe.. bangga pakek produk Indonesia yg ini….

    Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Iya kualitasnya si abekani ini emang bagus banget yak. Masalahnya gue kagak kuat dah kalo disuruh mantengin FB nya demi rebutan slot, kenalin doong ama adek lu *kemudian diselepetsendal*

      Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Pernah megang tas kaynn punya temen gue dan emang kualitasnya top banget lah. Walopun harganya slightly above si abekani dan berliano tapi desainnya itu yang emang harus di acungin jempol ya Din. Kaynn ini ga copas desain tas-tas luar *KAGUM*

      Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Dih padahal kan lu ratunya tas kulit se-Jagakarsa Ye. Coba lu jembrengin lah koleksi-koleksi lu yang hasil rebutan sama dua ribuan orang di FB nya abekani itu

      Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Selain si Lucce yang laen di bawah sejutaan semua Fel. Bahkan si Melrose harganya masih di seputaran 500-600 an (tergantung type). Cuma ya rebutannya mana tahaaannn ๐Ÿ˜€

      Balas
      1. Ajeng

        Salken mamah Etty…kenapa aku baru nemu n baca blogmu hari ini? Knapa oh knapa? Ada satu lagi yg kece mam, sering bgt open order berjamaah, ga selangka abekani po jamaahnya nya. Namanya Anantio leather. Trus yg bisa langsung pesen tanpa nunggu po, tapi ga tau brapa lama nunggunya itu Alinea leather.. dua duanya cucox meong buat leather addict kaya ijk n yey…yuuuk samperin fb nya rame2

        Balas
  4. @nuruchusu

    Alhamdulillah Abekani tetap jadi idola dari jaman dia blm sesusah ini dapatnya heheh dan Alhamdulillah uda punya beberapa.
    Sekarang lg keracunan Berliano, ajeeeeb cantik banget tas dan motifnya

    Balas
  5. Deandra

    Saya sebagai orang Jogja lebih suka tas kulit keluaran Bucini. Kualitas sudah diakui sampai mancanegara karena dia ekspor juga ke Aussie sama Belanda tapi dengan merk yang beda kalo diluar pakenya merk Saccoo dan Henk Berg. Modelnya jg gak niru2 model tas kulit lokal lainnya. Dan yang bikin pede pake Bucini adalah istrinya Pak Jokowi dan Pak JK kalo ke Jogja sering belanja tas kulit di Bucini. Foto2 mereka juga dipajang di showroomnya Bucini pas mereka belanja disana. Kebetulan saya juga pernah ke Bucini bersamaan sama kunjungan mereka berdua yang dijaga ketat paspampers kepresidenan. Mengenai harga Bucini rata2 diatas 1 jutaan.

    Balas
  6. Deandra

    Saya sebagai orang Jogja lebih suka tas kulit keluaran Bucini. Kualitas sudah diakui sampai mancanegara karena dia ekspor juga ke Aussie sama Belanda tapi dengan merk yang beda kalo diluar pakenya merk Saccoo dan Henk Berg. Modelnya jg gak niru2 model tas kulit lokal lainnya. Dan yang bikin pede pake Bucini adalah istrinya Pak Jokowi dan Pak JK kalo ke Jogja sering belanja tas kulit di Bucini. Foto2 mereka juga dipajang di showroomnya Bucini pas mereka belanja disana. Kebetulan saya juga pernah ke Bucini bersamaan sama kunjungan mereka berdua yang dijaga ketat paspampers kepresidenan. Mengenai harga Bucini rata2 diatas 1 jutaan.

    Balas
  7. soraya

    hay mamah etty.. salam kenal yaa..
    saya (baru ๐Ÿ˜€) pny tas abe 3biji aja, itupun dr poj, pl, sama NL, yg NL pun kynya pas krg peminat nya ๐Ÿ˜€. soalnya bisa2nya tembus NL setelah hampir 1 thn join.
    info nya berguna bgt ni mah, thanks mah. pengen beralih sementara ke berliano, pengen pouchnya, koq kayaknya cakep2 gt modelnya ๐Ÿ˜€

    Balas
  8. eny

    sudah pernah ke Aira bag workshop nya. dan beli beberapa. kualitas kulitnya emang bagus dan lembut.
    Abekani baru mau coba.. ahahha *telaat

    Balas
  9. Nita

    mungkin bisa lihat lihat janedan.net
    koleksinya tidak banyak sih, cmn design minimalisnya kece. Clutch nya tanpa jahitan hanya dibentuk dgn slip and lock

    Balas
  10. Rulian

    Tas kulit buatan jogja yg sy punya yaitu abekani. Belinya diawal 2013 lewat fb nya. Cara dapetinnya jangan dibandingin seperti sekarang ( ampoon dijeh).
    Lalu ada dari Biyantie. Harga diatas Abekani. Kulitnya juga bagus. Bisa custom by order. Pesen bisa via WA atau messanger.
    Terus terakhir ada magali. Sy suka model balen dan peony nya. Harga dibawah 1 jt dan diatas abekani. Sistem PO juga tapi pasti dpt slot.

    Balas
  11. Thiea Nitalia

    Coba review Zola Leather mbak, kata kawan saya kualitas kulitnya serupa dg Abekani. Asalnya dr Bogor. Belum punya nama sih kyk Abe, jd selalu ready stock dan bisa custom juga ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    Balas
  12. Mentari

    Coba cek bebi cek WLD Indonesia…haduh haduhh…deg2an nunggu mereka buka PO model yg mana ya…. Setelah hampir setaun akhirnya dpt antrian hobo bagnya, and….its worth to wait!!! Cara pemesanan, bs minta jd list diWA WLD… pls kindly check @wld.id

    Balas
  13. Idasan

    Permisi..izin sharing juga ya..
    Dari brand2 di atas, saya sudah punya bbrp produk Aira, Mellrose dan Lucce. Bagi saya ketiganya punya karakteristik masing2. Aira dgn unsur vintagenya, melrose dgn warna2 cerianya, dan lucce dgn eksklusivitasnya. Kalo durabilitas kayaknya menang Lucce, asli awet dan kokoh bgt..walaupun katanya jenis kulit sapi pull up tapi klo dipegang teksturnya lain dgn pull up biasa..
    Untuk pelayanan customer, Aira terbaik..fast response dan ramah..
    No 2 lucce, ownernya juga ramah bgt dan suka ngajakin bercanda ๐Ÿ˜‹. Kalau melrose, bbrp kali order suka dibalas berhari2 kemudian..mungkin krn orderan numpuk juga kali ya..
    Yup bgitulah pengalaman saya bercengkrama dgn bbrp brand tas kulit jogja.. Intinya semuanya unik dan spesial..

    Balas
  14. Nursyahrini Dewi

    Waw ternyata banyak ya merek tas kulit Jogja yang bagus2. saya pelanggan ELEFANTE jogja sudah sekitar 4 tahunan lalu. kenal pertama di Trade Expo Kemayoran. Model dan bahan bagus, export quality. MAu coba juga brand2 yang lain ah… tengkyu info nya Mba…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *