#TUMLuncheon – Asuransi Sebagai Bagian dari Perlindungan Keluarga (adv)

Ngaku deh sebagai keluarga modern masa kini, ada yang hari gini belom punya asuransi kah??

mnc5

Alhamdulillah pas tanggal 29 September 2016 kemaren mamah etty agak beruntung karena bisa makan siang GRATIS (penting banget ditanggal tua) dan nambah ilmu karena terpilih ikutan #TUMLuncheon. Di edisi #TUMLuncheon kali ini Temanya tentang “Peran Penting Orang Tua Untuk Perlindungan Keluarga” bersama narasumber #TUMExpert Fioney Sofyan A.K.A Mba Oney.

Mba Oney mengingatkan, sekali lagi mengingatkan karena gue yakin sebenernya hampir semua orang pasti tau Cuma sering pura-pura lupa pentingnya kita sebagai orangtua dan pencari nafkah melindungi keluarga, salah satu caranya ya melalui asuransi.

Prinsip utamanya sih selalu : ASURANSI ITU PERLINDUNGAN, PROTEKSI, BUKAN INVESTASI. Tuh dicamkan baik-baiklah jangan sampe diludahin temen gue si Ken Dani. Jadi carilah yang perlindungannya maksimal sesuai kebutuhan keluarga kita masing-masing.

Sayangnya nih ya, kesadaran berasuransi di Indonesia itu rendah banget loh, cuma 10% dari jumlah penduduk Indonesia yang punya asuransi CMIW. Buktinya asuransi kesehatan yang wajib dari pemerintah dan iurannya terjangkau macam BPJS Kesehatan aja masih ada yang gak punya. Apa kabar asuransi lainnya yang gak diwajibkan pemerintah?!? *sedih* *lesu*.

Tapi kan premi asuransi itu mahal mamaah…

Tergantung juga sih, setau gue kalo asuransi murni ga dicampur investasi preminya lebih terjangkau. Kalo udah dicampur investasi ina-inu barulah harganya melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi…*kemudian dilempar sendal mbak anggun*

Tapi takut ketipu ikut asuransi nih

Ishh, jangan takut lah. Asal tau apa yang mesti diperhatikan dari penawaran asuransi yang datang ke kita, yakin kita gak akan ketipu dan menyesal di kemudian hari.

Yang selalu harus di ingat ketika membaca brosur penawaran atau kebetulan lagi diprospek agen asuransi adalah :

  1. Berapa Uang Pertanggungan yang diberikan pihak asuransi? Sesuai apa enggak dengan kebutuhan keluarga kita? Coba baca postingan mbak Oney mengenai do’s and don’t tentang asuransi ini;
  2. BACA POLIS ASURANSI!! Iya itu buku polis yang isinya huruf berderet-deret gak ada gambarnya dan bikin pusing itu harus dibaca! Perhatikan apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam perlindungan asuransi itu karena bukan gak mungkin berbeda dengan penjelasan si agen. Cek juga apa asuransi itu terhubung dengan jaringan asuransi di seluruh dunia.

Asuransi sendiri ada banyak ragamnya dan mungkin sebagian sudah akrab dengan kita seperti:

1. Asuransi Jiwa
2. Asuransi Kesehatan
3. Asuransi pendidikan
4. Asuransi kendaraan
5. Asuransi untuk property

Nah kemaren itu di #TUMLuncheon MNC Insurance berpartisipasi dan mengenalkan yang namanya asuransi kecelakaan untuk keluarga yang namanya MNC Family Care. Jadi satu KELUARGA polisnya satu ajah, bukan satu orang satu buku polis macam buku harian mas Boy (plis atuhlah mas boy udah tahun 2016 mah bikin blog lah, masa kalah ama emak-emak). Bahkan kita bisa masukin pembantu dan supir (kalo punya supir pribadi, jangan supir angkot dimasukin juga) ke dalam perlindungan asuransi ini.

flyer-outline-02

Nah coba, kalo penawaran asuransi preminya setahun cuma 500 ribu buat SATU KELUARGA. Mursidah bambang amatan yaa

Laah kalo masukin pembantu sama supir ke dalam polis asuransi keluarga kita kayak begitu rempong dong mah kalo pembantu kita kabur sama Brad Pitt?

Bisa dirubah keleuss, tinggal telpon  MNC Family care ini aja dan lakukan perubahan polis via telpon. Kalo saran gue sih, kalo pembantu atau supirnya belum teruji oleh waktu dan belum dianggap keluarga banget mah ya mending ga usah.

Kok murah amat sih preminya mah?

Nah itu dia, gue pun pas pertama baca sampe gak percaya dan nanya ke Pak Edison dari MNC FAMILY CARE nya, itu yakin 500 ribu setahun (untuk keluarga dengan 3 anak) bukan sebulan ya pak? Secara ngekost di jakarta aja sebulan gak dapet segitu loh harganya.

Tapi kembali lagi, karena asuransi ini murni tanpa embel-embel investasi dan perlindungannya pun spesifik sekali yaitu : KECELAKAAN maka preminya bisa terjangkau.

Tapi ada Pengecualian nih :

  1. Kematian alami bukan karena kecelakaan
  2. Penyakit
  3. Bunuh diri
  4. Pilot, kru pesawat terbang, kru kapal laut dan kegiatan militer
  5. Kegiatan olahraga ekstrim

Ya judulnya aja asuransi kecelakaan keluarga ya, jadi sebab lain semacam sakit atau bunuh diri sudah pasti gak masuk pertanggungan laah.

Terus cara daftarnya gimana?

Ini dia yang gue juga demen, selain spesifik sebagai Asuransi Kecelakaan Keluarga dan gak ribet karena polisnya cukup satu untuk sekeluarga, Asuransi MNC Family Care ini juga cara daftarnya gampil amatan.

Ibu-ibu bermuka manis tapi berotak gaptek macam gue juga gak bingung *uhuk*

mnc-family-care-04

tampilan halaman muka website nya MNC Family Care

Tinggal bukawebsitenya aja dan lakukan pendaftaran secara online. Gak perlu ketemu sama agen asuransi, gak perlu naek ojek ke kantor asuransi, bisa sambil ngupil eh ngemil.

Emang siapa sih yang butuh asuransi kecelakaan mah?

Semua yang menjadi pencari nafkah dalam keluarganya dan punya mobilitas tinggi dalam rangka mencari nafkah, walopun menurut gue sih namanya kecelakaan itu bisa terjadi dimana aja gak mesti keluar rumah.

Tapi kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan keluarga kita masing-masing ya. Ingat asuransi itu perlindungan dan asuransi kecelakaan ini melindungi kita dari kemungkinan terburuk kalo (amit-amit dah) sampe terjadi kecelakaan pada diri kita yang mengakibatkan cacat tetap atau meninggal dunia.

d3s_9661-editBuat keluarga, selalu siapkan yang terbaik bahkan dalam kondisi terburuk.

Salam super *kibas poni pak maryono*

6 thoughts on “#TUMLuncheon – Asuransi Sebagai Bagian dari Perlindungan Keluarga (adv)

  1. Sandra

    OMG kok ada poto akoooh! *narsis akut*
    Alhamdulillah bisa ikutan acara ini & kenalan sama mamah etty yg sebelumnya cuman bisa aku pandangi diam2 dari blognya. Seneng juga bisa berbagi ilmu ttg asuransi bareng MNC, emang asuransi buat keluarga itu penting banget karena kita ngga pernah tau, kapan akan mengalami musibah ya mah… *kenapa akhirnya seriuusss*

    Reply
    1. mamah-etty Post author

      Kamu mandangin aku diam2 *loh kok jadi kayak novel percintaan*
      Emaaaangg ngeri kalo ada apa-apa dan gak punya proteksi apapun.
      Maaaakkk bagi tips awet muda dong.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *