Arsip Penulis: mamah-etty

Mari Kita Nyinyirin Duit (dan kehidupan) Episode1

Haee buibu semuaa.

Apa kabar keuangan anda hari ini?

Appaahh?!? Kamu nangis tiap buka dompet??

Itu dompetnya terbuat dari apaan sih?

Bawang merah apa surat cinta mantan pacar??

“Love conquers all things except poverty and toothache.” – Mae West

Yep yep yep, cinta mungkin aja bikin gula jawa terasa bagai coklat belgia tapi seperti kata bijak mamah gue yang sering sekali gue amini dalam hati:

Boleh aja nikah karena cinta, tapi inget cinta itu gak bisa dimasak kayak indomie

Buibu sekalian, adakah yang sudah baca atau ngintipin akun instagram @jouska_id yang sekarang tiba-tiba menyeruak dan menghentak kalangan kelas (sok) menengah ngehe di ibukota?

Kalau belum pernah ngintipin akun itu, sini mamah etty ceritain yah. Jadi akun instagram Jouska itu adalah akun instagram Perencana Keuangan yang sering sekali berbagi kisah-kisah inspiratif mengenai kesalahan perencanaan keuangan yang dibuat oleh klien-klien mereka.

Ada yang orangtuanya terjebak hutang karena ngebiayain pesta pernikahan mewah anak, ada yang gagal bisnis dan kebanyakan adalah: kegagalan ngatur duit karena kebanyakan gaya.

Gak heran kalo kenyamanan palsu kaum (sok) menengah ngehe ibukota tiba-tiba terguncang yekaan? Kebanyakan gaya adalah penyakit yang umum sekali menginfeksi kaum kelas (sok) menengah di kota-kota besar di seluruh dunia.

Ho-oh, kamu gak perlu ngerasa sendirian kalo menderita penyakit ini. Banyak banget kok yang diam-diam menderita penyakit kebanyakan gaya yang hampir kronis.

Yang bikin lebih kaget lagi sih, kebanyakan rumah tangga pasangan muda (atau sok muda) ternyata menderita penyakit keuangan. Boro-boro punya dana darurat dan tabungan, rumah tangganya justru bermandikan hutang.

Kok bisa? KPR (Kredit Pemilikan Rumah dan KPM (Kredit Pemilikan Mobil), the roots of all evil 😀

Berbeda dengan anggapan sebagian orang, ternyata menurut mimin Jouska punya rumah dan mobil sendiri itu gak penting kalo belum butuh. Nyoh nyoh nyoh, ternyata gak semua orang butuh punya rumah dan mobil sendiri apalagi yang dibeli pake kreditan.

Coba yaa itu mimin Jouska suruh ngomong sama ibu-ibu yang suka ngegerombol di gerobak tukang sayur deket rumah gue. Secara tuntutan sosial  yang secara umum diterima sama manusia yang hidup di Indonesia itu ada beberapa tingkatan:

  1. Ditanyain kapan Lulus sekolah dan kuliah (dengan catatan khusus, kalo perempuan pasti dibilangin jangan tinggi-tinggi. Cuih cuih cuih)

  2. Ditanyain kapan Kawin, kapan kawin, kapan kawin eh giliran lu kawin nyumbang nya dikit (lagi-lagi pret cuih)

  3. Diminta Beranak-pinak, giliran kita beranak pinak bantu ngebiayain beli popok aja kagak.

  4. Diharapkan Punya rumah sendiri (plus dinyinyirin kalo masih ngontrak)

  5. Diharapkan Punya mobil

Jadi ngeredit rumah apalagi sampe puluhan tahun dengan bunga yang aduhai sekali jumlahnya itu ternyata bukannya menguntungkan secara keuangan tapi justru menjerumuskan banyak sekali rumah tangga pada kubangan hutang yang tak bertepi.

gambar dari: rumahdijual

Padahal selama ini kan anggapan yang sering muncul tuh:

beli rumah itu gak pernah rugi

Yang memegang keyakinan ini pasti udah diludahin nih sama mimin jouska, karena ternyata yang dipaparkan sama mimin jouska itu kebalikannya, yaitu:

beli rumah itu gak selalu untung

Kenapa oh kenapa wahai mimin Jouska yang budiman gak nyaranin ambil rumah lewat KPR?

Kalau hasil ngerangkum di instastory nya Jouska_id bab KPR sih, karena:

  1. Rumah atau apartemen itu enggak selalu cocok buat investasi, karena ada biaya perawatan dan lain sebagainya yang sebenarnya jadi beban buat kita sebagai pemilik. APALAGI KALAU RUMAHNYA GAK DITEMPATIN TERUS GAK DIKONTRAKIN PULA, YA ANCUR DONG YANG ADA *jeritan hati banget inih*;
  2. Kalaupun disewain, harga sewanya kadang lebih rendah dibandingin sama bunga deposito (dengan asumsi duit buat beli property di depositokan) apalagi kalau dibandingin sama investasi lainyang lebih gede return nya;
  3. Harga property itu gak selalu naik setiap senin seperti apa yang dikatakan oleh lambenya Feni Rose di TV;
  4. Kalau memang niatnya buat investasi, masih banyak pilihan investasi yang lebih pas buat pemula. Karena lagi-lagi menurut mimin Jouska property ini bukan investasi yang pas buat pemula.

Terus gimana mamah etty, setujes apa enggak sama lambenya mimin Jouska_id??

Berhubung gue adalah orang yang terlanjur beli rumah lewat KPR dan nyicil mobil lewat KPM, pastinya di mata mimin Jouska aku ini penuh dosa, aku ini kotor *brb mandi aer tujuh sumur*

Kalau dibilang setuju, ya enggak juga sih.

Kalau dibilang gak setuju, ada beberapa hal yang setelah gue alami sendiri yaa emang ada benernya juga lambenya si mimin jouska ini.

Tapi justru ada beberapa hal soal pernikahan yang gue jadiin highlight dan pengen gue bagiin (setelah diaduk sama ide sendiri di kepala tentunya) di sini, mudah-mudahan sih ada gadis-gadis yang belum menikah yang nyasar ke postingan ini dan bisa mengambil hikmah dari tulisan tante etty ini *benerin beha*

  • Sebelum kenalan sama pensil alis ada baiknya kita sebagai perempuan kenalan dulu sama cara ngatur duit dan investasi yang baik dan benar. Jangan males belajar masalah ini karena jadi bangkrut atau bokek itu berat,kamu gak akan kuat.

  • Daripada kebanyakan buang waktu browsing-browsing kebaya atau gaun nikah sama riasan yang elegan dan kece (padahal ujung-ujungnya cuma nyewa di sanggar) ada baiknya kalian satuin visi misi berumahtangga dulu sama calon suami termasuk apa dan bagaimana nanti mengatur keuangan rumah tangga.

  • Plis banget, akad sama resepsi  cuma sehari tapi pernikahan itu diharapkan seumur hidup. Punya perencanaan visi misi berumah tangga itu lebih penting daripada setelah kawin lu nyesel karena terlanjur kecebur di pernikahan yang rasanya kayak neraka. Gak percaya ada pernikahan yang rasanya kayak neraka? Hemmm kayaknya kamu maennya kurang jauh ya. Baca juga dong postingan mamah soal menjadi perempuan. Ada keselip dikit cerita kehidupan pernikahan yang gak bahagia di situ.

  • Oh cinta jelas penting buat berumah tangga tapi TOLONG YAA SADAR, CINTA PALING KEPAKENYA CUMA 10%, 90% sisanya apaan dong? Kerja keras membangun kerjasama, ngebangun komunikasi, ngebangun segala-galanya lah. Cinta doang gak pake duit? Mamam tuh, palingan setahun udah abis tuh cinta yang dulu menggebu-gebu *ngegas amat siis*

  • beliin seragam bridemaids sampe 20 orang atau bikin bridal shower di kafe keren buat postingan di instagram? Yaelah paling banyak yang nge-likes 150-200 terus gambar lu diambil sama akun-akun inspirasi gaun dan kebaya atau inspirasi wedding blablabla. Untungnya buat lu apa ngebuangin duit beli ina inu yang gak penting-penting amat begitu? Kagak ada.

  • Kalau duit lu banyak gak berseri dan abis resepsi nikahan lu gak perlu numpang hidup sama ortu atau mertua sih silakan sazaaa.. Tapi pikir lagi deh. Lagian dikasih seragam atau enggak, KALAU EMANG TEMEN YANG BAIK PASTI TETEP DATENG DAN IKUT BERBAHAGIA KOK.

gak mau kan hidup dalam pernikahan yang berkubang hutang sampe mati?

Udah nyinyir maksimal belom bacanya?

Emang ini selain lambenya mamah etty yang emang kebangetan nyinyirnya juga karena gue kzl bgt ngeliat kehidupan setelah pernikahan beberapa orang di deket gue yang sering bikin gue ngebatin:

itu lu dulu sebelum nikah mikir pake otak apa enggak sih?

Ada yang kerjaannya curhat penderitaan rumah tangga di sosial media, padahal dulu sebelum nikah muji calon suaminya udah kayak malaikat tanpa cela. Apalagi pas baca curhatan di instagramnya @irrasistible masalah perceraian, duh Gusti Allah itu kok pada kuat yaa punya rumah tangga yang penuh drama begitu.

Dan percayalah, urusan duit ini megang peranan besar dalam menciptakan drama dalam rumah tangga.

Balik lagi ke urusan duit, buat yang terlanjur kelilit utang KPR kayak gue jangan sedih saay karena kamu gak sendirian sini kita pelukan rame-rame.

Tenang, gak ada kata terlambat dalam memperbaiki kesalahan kita asalkan gak keburu dipanggil sama Yang Maha Kuasa alias metong. Jadi yuk kita berusaha lunasin hutang-hutang kita, kemudian kita berjanji gak akan pernah terjebak hutang lagi. Bantu baim ya Allaah. Dan khusus kepada mereka yang belum nikah:

Salam super.

Ayo Kita Kenali 5 Potensi Ini Supaya Anak Berprestasi

Assalamualaikum,

 

Apa kabar buibu se-Indonesia? Siapa yang lagi pusing bayar tagihan silakan ngacung?!

Tapi sepusing-pusingnya bayar tagihan gak mungkin ngalahin pusingnya ngedidik anak-anak kan?!? Apalagi zaman sekarang, tantangan mendidik anak semakin berat. Pengennya sih ya, anak-anak kita gak ada kendala dalam pengasuhan, gak ada kendala dalam pendidikan, gak ada kendala dalam kehidupan.

Ngarepnya sih jadi orang tua tinggal ongkang-ongkang kaki di rumah tau-tau anak mereka gede jadi orang sukses.

Tapi kan itu haluuuu *digampar buibu netizen*

Apa sih kriteria sukses mendidik anak buat buibu semua?

Kalo buat gue pribadi, gue akan menganggap diri gue sendiri sukses ngedidik anak kalau mereka bisa mengembangkan bakat dan potensinya secara maksimal.

Gak harus jadi dokter atau astronot, kalau bakat dan potensinya ternyata di bidang seni atau musik ya silakan maksimalkan.

Semua anak lahir dengan potensi dan bakatnya sendiri yang semuanya unik dan spesial. Gak bisa disamaratakan, jangan karena anak tetangga sebelah jago matematika terus anak kita dicambuk supaya bisa saingan.

Nah tanggal 18 April lalu, bertempat di Kaffeine Cafe Jakarta dalam acara Media dan Blogger Gathering dengan tema “Dukung Potensi Prestasi Generasi Maju Indonesia.”  Di acara tersebut, hadir Mba Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., dan Dr. Capri Anjaya, SPd. M. Hum sebagai Narasumber yang membahas tentang  Cara Menggali Potensi dan Prestasi Anak Generasi Maju. Selain itu, hadir juga Zee Zee Shahab, Selebriti dengan 1 orang anak yang mendukung positif acara ini.

 

Tenyata dengan mengenali potensi anak lalu menstimulasinya secara maksimal, bisa  mewujudkan Generasi Anak Maju yang sarat prestasi di Indonesia ini.

Apa aja sih 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju ini?

1.Potensi Tumbuh Tinggi dan Kuat

Mau gak mau potensi fisik itu menjadi fondasi, anak harus sehat supaya bisa tumbuh tinggi dan kuat. Caranya gimana? Walaupun kesannya klise dan sering banget disebut dimana-mana tapi ya memang balik lagi, nutrisi buat anak harus cukup. Anak yang kekurangan nutrisi apalagi di masa pertumbuhan gak bisa tumbuh secara maksimal.

Makanya buibu yang anaknya lagi GTM (Gerakan Tutup Mulut) atau yang anaknya picky eater alias pemilih makanan, yuk mari kita berjuang bersama *kepalkan tangan ke udara*

2. Potensi Percaya Diri

Nah ini sering disalah artikan sama banyak orang tua kata Mbak Nina, anak yang percaya diri itu bukan selalu anak yang beranisenang tampil. Apa sih percaya diri itu?

Percaya diri itu yakin pada kemampuan diri sendiri

Jadi kalo sebenernya gak yakin-yakin amat sama kemampuan diri sendiri tapi seneng tampil ya itungannya bukan percaya diri ya, itu mah kayak gue, haus panggung LOL

Berani tampil karena yakin sama kemampuan diri sendiri, itu baru namanya percaya diri.

3. Potensi Cerdas dan Kreatif

Inget yaa anak yang cerdas itu bukan selalu yang paling mentereng nilai-nilai akademisnya, bukan berarti yang paling cepet bisa baca atau paling cepet bisa lari. Anak yang cerdas menurut mbak Nina adalah anak yang cepat tanggap dan mengerti.

Sedangkan anak kreatif itu adalah anak yang punya banyak ide buat menghadapi dan memecahkan masalah.

Jadi cerdas dan kreatif itu kek mananya?

Ketika anak cepat tanggap dan mampu memecahkan masalah yang dia hadapi.

4. Potensi Mandiri

Ketika anak, sesuai tahapan tumbuh kembangnya mampu melakukan sesuatu dan menyelesaikannya sendiri. Misalnya anak mampu makan, minum dan berpakaian sendiri.

Menstimulasi anak supaya tumbuh mandiri bukan berarti menjadikan anak anti meminta bantuan, tapi membiarkan anak menyelesaikan apa yang sudah dia mulai. Jangan gatelan lah, ngajarin anak beresin mainan sendiri tapi leletnya minta ampun terus buru-buru digantiin.

Ya gimana anak mau tumbuh mandiri atuh ya *ngomong sama kaca*

5. Potensi Supel

Pengen anak supel? Sama dong kita.

Yuk kita ajarin anak-anak kita bersosialisasi yang baik. Caranya ajarkan anak sopan santun, ajarkan dia berbagi tentunya sesuai tahapan umurnya ya buibu. Kodratnya manusia kan emang mahluk sosial kan ya.

Jaga jarak ketika nemenin anak main di play ground, biar anak PD tapi hati orang tua tetap tenang karena anak masih dalam jangkauan mata.

 

Nah udah tau 5 potensi anak, terus gimana menstimulasinya?

Supaya anak sehat dan kuat ya jelas harus cukup nutrisi. Period. Gak bisa ditawar-tawar itumah. Ajarkan anak untuk aktif bergerak dan berolahraga, ingat yaa men sana in corporesano.

Pengen anak percaya diri, buat anak yakin dengan kemampuannya. Jangan serta merta dikritik kalau anak melakukan kesalahan. Ajakin anak ikut lomba juga boleh nih supaya jiwa kompetisinya sekalian diasah.

Tapi yang terutama: ajarkan anak menerima kegagalan.

Ikutan lomba terus gak menang? Ya harus bisa diterima dan yang penting ajarin anak jangan nyerah buat nyoba lagi dikemudian hari. Berapa orang yang justru gak mau mencoba lagi karena pernah gagal? Padahal yang namanya kesuksesan kan gak ada yang instan.

Mie instan aja harus diseduh dulu baru bisa dimakan. Apalagi perjuangan hidup yekaan.

Kunci stimulasi yang baik itu: bertahap. Secara kontinyu sesuai tahapan umur anak kita tentunya. Dan jangan suka membanding-bandingkan, inget buuk mendidik anak ini bukan lomba tingkat kelurahan atau kecamatan jadi gak perlu saingan sama tetangga atau sodara lah.

Faktor Lingkungan dan peranan orang tua juga memegang kunci nih. Saking pentingnya sampai Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum selaku Pemerhati Pendidikan Usia Dini bilang bahwa salah satu kunci kemajuan Indonesia mendatang tergantung pada bagaimana kualitas anak-anak saat ini.

Sahabat yang selalu setia

Apa rasanya kalau kita punya sahabat setia yang nemenin kita mengembangkan potensi anak supaya terus berprestasi?

Seneng dong yaa. Apalagi kalau sahabatnya kayak SGM Eksplor yang setia membantu orang tua melengkapi nutrisi anak  dan telah hadir lebih dari 60 Tahun menemani tumbuh kembang anak Indonesia.

Marketing Manager SGM Eksplorasi, Astrid Prasetyo “Sejalan dengan visi SGM Eksplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya” .

SGM eksplor sekarang ada kemasan kotak siap minumnya looh. Dengan 2 varian rasa: strawberry dan coklat, SGM eksplor siap minum ini membawa semua kebaikan dari susu bubuk SGM eksplor yang udah jelas lah rasa dan kandungan nutrisinya. Psstt… udah bisa dibeli nih di minimarket dan supermarket andalan buibu semua.

Mba Astrid juga bilang, “Dukungan yang selama ini telah diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar. Dapat dilihat melalui kegiatan Mini Mobil dan Aktivitas Digital.” Di tahun 2018, aktivitas Mini Mobil akan berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan akan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan yang edukatif.

Sebagai wujud nyata komitmen SGM Eksplor di bidang pendidikan, di tahun 2018 ini, SGM Eksplor juga  mengajak kita sebagai orang tua  untuk mendukung bakat atau potensi prestasi yang dimiliki anak melalui kegiatan Sahabat Generasi Maju.

Kalau mau ikutan, buibu semua bisa mengunggah cerita potensi prestasi anak-anaknya melalui Facebook Aku Anak SGM mulai 19 April – 10 Juni 2018. Kirim sebanyak-banyaknya juga bisa, lho!

 

Yuk buibu kita terus maksimalkan potensi prestasi anak-anak kita!

Pulau Mentawai, Surga Baru Buat Pecinta Pantai

 

Assalamualaikuuum..

Duhai buibu, siapa aja yang walaupun long weekend di depan mata tapi gak berdaya karena tagihan-tagihan sudah menanti dan jadwal imunisasi balita gak bisa ditunda??

Sayaaaahhh *curcolmaksimal*

Kadang yah, kalau lagi bosen banget berkutat sama cucian yang gak ada abis nya atau lagi sedih nyikatin kamar mandi gue suka ngayal babu disawer duit sama bu dendy. Nyoh nyoh nyoooh *brb mungutin lembaran duit*

gambar dari: macaronisresort.com

Apalagi kan sisa tagihan liburan yang lalu aja belom semua lunas dibayar *kemudian diludahin financial planner*

Tapi siapa sih di dunia ini yang gak butuh sesekali liburan dan lari dari rutinitas yang ngebosenin inih? Apalagi kalau liburannya ke pantai yang bersih, sepi dan  pemandangan nya bagus. Beuuhhh sedapnya ngalahin makan nasi goreng kambing kebon sirih idolaque.

Indonesia sih gak kekurangan pantai-pantai bagus, gue nya aja yang selalu kekurangan duit. Buat yang udah bosen pergi ke Bali atau Lombok bolehlah sesekali melipir ganti haluan. Masih banyak pilihan selain dua tempat itu kok.

Sebut aja deh ada Belitung yang mulai sering dilirik jadi tempat liburan dan outingnya anak kantoran Jakarta. Nah kalo kita suka nyari ombak, coba deh lirik Pulau Mentawai. Sebenernya buat pecinta olahraga selancar, Pulau Mentawai bukantempat yang asing lagi. Ombak di gugusan pulau yang berada di Sumatera Barat ini sudah dikenal luas di seluruhdunia, gak kalah menantang dari PulauNias dan G-Land di Banyuwangi.

Selain dikenal dengan keindahan ombaknya yang menantang adrenalin, Mentawai juga punya banyak tempat seru lain yang nggak kalah cantiknya sama tempat wisata di Indonesia. Tiket pesawat murah ke Mentawai juga banyak, nggak bakal menguras kantong buat liburan ke pulau ini.

Di mana Mentawai?

Buat kita yang nilai geografinya gak lebih dari 7 waktu sekolah dulu, pasti gak tau deh ini pulau adanya dimana. Hayooo ngakuuu. Penasaran, di mana sih tepatnya Mentawai ini? Kepulauan ini adanya di selatan Sumatera Barat dan kita harus nyebrang pake perahu lagi kesana.

Cara sampe ke Mentawai gimana mah?

Cari tiket pesawat murah tujuan Padang. Nah kalo udah mendarat di bandara Minangkabau, Padang, lanjutin perjalanan kita ke pelabuhan Muara/Bungus. Dari sini, kita masih harus sambung naik perahu selama kurang lebih 10 jam menuju pelabuhan Maillepet, Siberut, salah satu pulau paling besar di kawasan Mentawai.

Takut bosen atau mabok laut? Makanya perginya sama suami atau gebetan, siapa tau gak cuma mabok laut tapi mabok cinta sekalian *uhuuy*

Selancar di ombak besar, di sini tempatnya

foto:mentawaisurflodge.com

Ada banyak pilihan untuk melakukan olahraga selancar di Mentawai. Konon yang paling deket sih kalo kita datang pake perahu itu sisi selatan Pulau Siberut yang ombaknya sangat besar.

Selain itu kita juga bisa menjajal serunya surfing di Pulau Sepora (bukan Sephora tempat beli lipensetip sama sedow ya buibuu) yang ombaknya cantik namun ganas *persis mamah etty*. Atau mencoba menantang nyali di Pulau Nyang Nyang, yang ombaknya dinobatkan sebagai terbaik ketiga setelah Hawaii dan Tahiti.

Tapi kita kalau mau surfing di Mentawai harus bawa peralatan selancar sendiri ya. Karena berbeda dengan kawasan surfing lainnya yang sudah terkenal, fasilitas di Mentawai belum lengkap. Daripada batal main surfing karena gak ada papan yang bisa disewa, mendingan bawa sendiri dari rumah kan?

Snorkling dan Diving

sumber:aweraresort.com

Selain punya banyak pantai buat surfing yang ombaknya  gede kayak hutang Indonesia, kawasan Mentawai juga konon ada puluhan sekali lagi PULUHAN spot snorkeling dan diving yang keren. Apalagi karena belum terlalu ramai pengunjung, keragaman biota laut dan terumbu  karangnya masih alami dan terlindung.Tapi inget selalu yaa, leave nothing but footprints and take nothing but memories.

Sayangnya sama kayak surfing, persewaan peralatan snorkeling dan diving juga belum banyak di Mentawai. Pilihannya yaa bawa sendiri dari rumah kalau mau melakukan dua kegiatan seru ini. Tapi kita gak perlu khawatir soal gimana nemuin spot yang keren, kalau baca di review-review yang udah pada ke sana sih katanya warga sekitar sudah hafal mana titik terbaik untuk snorkeling dan diving di sana dan mau banget pastinya nunjukin ke kita-kita.

Atau mau total sekalian? Yuk kolaborasi kita buka persewaan alat-alat snorkeling sama diving bareng penduduk lokal di sini 😀

Baca juga : Liburan di Ujung Genteng

Leyeh-leyeh manja ngeliat sunset

sumber:republika.co.id

Kalau tujuan liburannya cuma mau leyeh – leyeh di pantai yang pasirnya putih bersih terus posting di instagram, Mentawai juga surga. Konon nih yaa ada ratusan pantai yang pemandangan senjanya terbaeek ada di sini, lagi-lagi konon semua pantainya punya hamparan pasir putih yang selembut bedak bayi, lengkap dengan nyiur melambai yang bakalan bikin suasana jadi santai. Plus instagrammable #pentingbangetnih

Pokoknya Mentawai mah paket lengkap, disini kita juga bisa liburan sambil berpetualang!

Kenalan sama budaya Mentawai yang eksotis

sumber:nationalgeographic.co.id

 

Enggak cuma keindahan alamnya yang bikinkagum, kawasan Mentawai juga punya ragam budaya yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang. Suku-suku yang tinggal di Mentawai masih banyak yang sangat tradisional.

Kita bisa lihat bagaimana mereka berburu, memasak, menari, bikin kerajinan tangan dan berbagai kegiatan seru lainnya selama liburan di Mentawai. Jadi gak cuma liat pemandangan indah, pengetahuan kita juga makin bertambah.

Budaya Indonesia yang kaya ini emang seng ada lawan lah, makanya kita harus hargai juga. Caranya? Hormati adat istiadat yang berlaku di semua tempat yang kita kunjungi. Inget kita itu tamu, harus sopan sama tuan rumah dong. Masa tamu nyusahin terus songong?!?

Nahhhh ternyata Mentawai menarik banget yekaann? Nyohh buruan kita nyari tiket pesawat murah ke Padang terus jalan liburan seru di Mentawai yang gak ada duanya.

MAMMA MIA! DRAMA MUSIKAL FENOMENAL YANG SIAP MENGGUNCANG JAKARTA

“Nih, udah aku bikinin playlist. Dengerin yaa kalo kamu mau tidur, lagunya enak-enak kok”

cowok ganteng pada zamannya sambil menyodorkan mp3 player

Kemudian, mp3 player itu gue bawa pulang dan beneran gue dengerin buat tidur. Kaget lah gue yang pada masa itu cuma tau lagu top 40 sama lagu-lagu diplaylistnya karena isinya lagu-lagu ABBA 😀

Buat kawula milenials SEUMURAN GUE *kedip manja* mungkin nama grup band ABBA terasa asing dan vintage dibandingin nama-nama baru kayak yonglek *uhukkk* tapi grup band asal Swedia ini pernah merajai tangga lagu musik internasional sekitaran tahun 70-80an dengan lagu-lagunya yang ringan dan sangat catchy.

Wuenak buat dibawa joget bareng gebetan atau ngelamunin gebetan pada zamannya lah.

You are the Dancing Queen
Young and sweet, only seventeen
Dancing Queen
Feel the beat from the tambourine, oh yeah

You can dance, you can jive
Having the time of your life, oh
See that girl, watch that scene
Diging the dancing queen

dancing queen-ABBA

Malahan saking ngetopnya lagu-lagu mereka sampai dibuatlah drama musikal yang kemudian ngehits dan dimainkan di West End, London dan kemudian menyusul banyak kota besar lainnya di dunia. Wagelaseh, jadi bikin yonglek kerasa bagai butiran debu di pinggiran keset yekan?!? *kemudian ditimpuk sendal sama yonglek*

Saking fenomenalnya drama musikal yang musiknya dikomposisi sendiri sama dua mantan personil ABBA sendiri yaitu Benny Andersson and Björn Ulvaeus ini sudah ditonton lebih dari 60 juta orang loh. Selain itu juga drama musikal Mamma Mia! ini tercatat sebagai drama terlama nomor sembilan yang dimainkan di broadway sana.

Makanya gimana hati gue gak membuncah gembira pas denger kabar bahwa Drama Musikal Mamma Mia! bakalan main di Jakarta. Iyaa, Jakarta kita tercinta yang kalo macet bisa sampe lumutan itu disambangi oleh pertunjukan bermutu kelas internesyenel *pingsan*

Adalah Sorak Gemilang Enternatainment (SGE) yang berhasil memboyong drama musikal Mamma Mia! untuk main di Jakarta. Denny Sumali, Direktur SGE menyatakan, “Kami sangat bangga dapat membawa MAMMA MIA! ke Indonesia untuk menghibur masyarakat terutama para pecinta musik pop dari ABBA.

Kapan dan Di mana Drama Musikal Mamma Mia! bakal dimainkan?

Mamma Mia! akan mulai dimainkan tanggal 28 Agustus sampai dengan 9 September 2018 di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM). Buat yang gak tau, lokasi TIM ini di daerah Cikini, Jakarta Pusat dan gampang banget ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Kualitas Teater Jakarta sendiri sudah oke banget dan setara sama Marina Bay Sands Theater di Singapura sana loh. Eh bukan gue kebisaan ngomong, ini orang-orang dari pihak Mamma Mia! sendiri yang bilang. Karena sebelum dipilih lokasi pementasan sudah melalui seleksi ketat yang dipantau langsung sama pihak Mamma Mia! dari London sana.

ibu Dian Yunita, Kepala Satuan Pelaksana Program Kesenian Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, ngerasa bangga karena pertunjukan kelas Internasional sekeren Mamma Mia!  bakal main di Teater Jakarta. Beliau juga berharap ini menjadi awal bagi pertunjukan kelas dunia lainnya untuk tampil di ikon Kesenian Jakarta yaitu Teater Jakarta.

Supaya makin nyaman nantinya, pihak Teater Jakarta sendiri juga ngelakuin revitalisasi dan perbaikan loh. Kayaknya bakalan keren banget ya kalo semuanya udah selesai nanti.

Kapasitas Teater Jakarta sendiri bisa menampung sampai 1200 penonton loh. Parkir kendaraan bisa menampung sampai 400 kendaraan. Jadi jangan khawatir susah dapet parkir atau kalo mau ringkes mending naek ojek kayak gue terus turun depan TIM 🙂

Sama Gak Sih Pemain dan Kualitas Drama Musikal Mamma Mia! ini sama yang dimainkan di West End London sana?

Untuk kualitas tentu nya sama. Kalo masalah pemain alias cast, untuk kelas drama musikal sebesar Mamma Mia! mereka punya beberapa set pemain lengkap, jadi jangan khawatir walaupun mungkin beda orang tapi kualitas nya mah gak perlu diragukan lagi. Yunolah, standard West End sama Broadway masa mau diragukan.

Errr… Emang cerita Mamma Mia! Itu tentang apa sih?

Ebuseeett, ini drama saking ngetopnya bahkan pernah diangkat ke layar lebar loh di Tahun 2008. Film nya sendiri diperankan sama bintang-bintang top Hollywood kayak Meryl Streep, Colin Firth, Pierce Brosnan dan Amanda Seyfried.

Yaudin kalo gak tau sini gue ceritain:

Ceritanya  tentang seorang gadis Yunani yang akan menikah bernama Sophie. Neng Sophie yang lagi nyiapin acara nikahan sama tunangannya Sky, sebenernya kepengen banget ada bokap yang bakal nemenin doi walking down the aisle.

Yah layaknya cewe pada umumnya lah, dilepas bokap untuk kemudian menempuh hidup baru sama lelaki pujaan hati. Uhuuy. Kayaknya sederhana banget kan ya. Nah masalahnya, ibunya Sophie yang namanya Donna itu single parent dan gak pernah terbuka siapa bokapnya Sophie sebenernya.

Kalo di Indonesia mah enak ada acara Tali Kasih, tinggal daftar terus nanti kru TV yang nyariin keliling kampung kan ya. Sayangnya Sophie gak bisa ikutan acara semacem itu.

Nah Sophie cuma bisa nebak-nebak dari buku harian tua punya ibunya yang dia temuin, ada 3 kandidat utama yang di duga adalah bokapnya dia. Nah dengan nekat Sophie kemudian ngundang 3 orang tersebut buat dateng ke kawinan dia!!

Lanjutannya gimana? Ibunya Sophie jantungan apa kagak? Gimana acara kawinannya?

Ya atulah ditonton aja gimana serunya nanti di Teater Jakarta. Kebayang kan setting panggungnya ala-ala di Pantai Yunani sana terus kostumnya cerah ceria dan lagu-lagu ABBA yang endes banget buat dinyanyiin dan di jogetin bareng-bareng.

Kapan dan Gimana nih cara dapetin tiket buat Nonton Drama Musikal Mamma Mia! ?

Ehh buruan kalo mau beli tiketnya, karena mulai tanggal 7 Maret 2018 tiketnya sudah bisa dibeli di lamannya www.mammamiajkt.com. Oia beli langsung ke Teater Jakarta atau lewat lamannya www.bookmyshow.com juga boleh banget.

Harga Tiketnya sendiri :

VIP Platinum Gold Silver
Harga Presale 1 Mulai dari

1,987,500

Mulai dari

1,762,500

Mulai dari

1,320,000

850,000
Harga Tiket Normal 2,650,000 2,350,000 1,650,000 850,000

Nah kalo beli pake kartu kredit BCA, kamu bisa mendapatkan diskon khusus  early bird sampai dengan 25% yang berlaku  Maret – April. Pssttt, Kuotanya terbatas ceunah makanya sok buruan sana beli.

Kalo kepengen nyari info lebih lanjut boleh loh mantengin akun instagramnya @sgelive.id siapa tau ada diskonan tambahan kan. Kuy atuh di follow ajah, follow akun instagram gue juga @mamah_etty juga boleeeh #ngedadakiklan hahahahahah.

Sebagai penutup gue sajikan penampakan wajah blogger-blogger ceria yang abis lupa malu lomba karaoke lagu-lagunya ABBA. Ayoo kalian juga boleh banget loh latian nyanyi lagu-lagunya ABBA dari sekrang supaya pas nonton Drama Musikal Mamma Mia! nanti makin semangat dan terhanyut.

Sampai ketemu di pertunjukan Drama Musikal Mamma Mia! yaaa..

 

Kumpulan Blogger Ceria Karena Abis Bersaing Ketat Lomba Karaoke Lagu ABBA

 

 

 

Belanja Anti Gagal Fokus di Dunia Bunda dan Si Kecil

Apa yang paling bikin sebel kalo kita belanja selain harus ngeluarin duit pas bayar?

Kalo gue nih ya, paliiing bete sama pengaturan rak di supermarket dan minimarket yang seakan maksa kita keliling dan terpisah lumayan jauh antara rak kebutuhan anak sama rak kebutuhan ibunya. Akhirnya kita pasti sering galfok alias gagal fokus.

UUNB (ujung-Ujungnya Nambah Belanjaan). Kalo pas tanggalan masih muda mah gak masalah ya, tapi giliran tanggal tua kok ya KZL BGT. Makanya kalo belanja yang fokus dong buibuu #ngomongsamakaca

Padahal yang paling sering gue beli ya itu-itu aja, gak jauh dari kebutuhan anak-anak di rumah. Makanya gue seneng banget pas tau kalau Nutricia, Sarihusada dan Alfamart bekerja sama bikin tampilan baru area penjualan produk “Dunia Bunda & Si Kecil” di 10.000 jaringan Alfamart.

Bokk, walaupun kalo belanja ke Alfamart gue gak pernah ngelempengin alis apalagi merahin bibir tapi gue kan sering banget belanja ke sini.

Lorong Dunia Bunda dan Si Kecil

Lorong Dunia Bunda & Si Kecil ini dibuat untuk mempermudah navigasi belanja  dan nambah kenyamanan belanja  pengunjung melalui pengelompokan kategori produk nutrisi untuk ibu hamil, menyusui dan anak 1-5 tahun. Jadinya buibu bisa fokus kalo mau beli kebutuhan nutrisi buat ibu dan anak. Efektif banget ya bu.

Gak perlu deh muterin Alfamart sampe 7 puteran apalagi sambil ngelempar jumroh, cuma buat beli susu anak.

Natasha Rizky (selebritis), Bapak Ryan Alfons (Alfamart) , Bapak Michael Toh (SNutricia) nyobain belanja fokus di lorong Dunia Bunda dan Si Kecil

Lorong Dunia Bunda dan Si Kecil ini lokasinya di sebelah kanan dari pintu masuk ya. Masuk Alfamart langsung arahkan pandangan ke sebelah kanan, dijamin langsung ketemu deh semua kebutuhan nutrisi ibu dan anak-anak. Ena yhaa.

Bukan cuma gue yang seneng karena ada Lorong Dunia Bunda dan Si Kecil ini, tuuh  Natasha Rizky yang seleb aja ngaku  loh kalo dia seneng sama pengaturan lorong yang kayak gini. Apalagi sejak jadi ibu muda beranak dua, seleb yang juga istri presenter kondang Desta ini harus mikirin juga kebutuhan nutrisi anak.

Lorong Dunia Bunda dan Si Kecil ini bikin Aca (panggilan akrabnya dese) Jadi makin nyaman belanjanya apalagi kalo bawa anak-anak. Yaiyalah yaa, karena rak kebutuhan ibu dan anaknya kan deket, jadi kita tetep bisa ngawasin anak-anak. Aman dan nyaman.

Kerjasama Yang Terus Berjalan

Kerja sama  Nutricia, Sarihusada dan Alfamart udah dimulai sejak 2012 lalu loh. Mulanya sih proyek percontohan atau pilot project dengan konsep lorong Dunia Si Kecil di 3 toko, dan terus dikembangkan hingga 7.300 toko pada 2013. Karena respons positif dari 96% konsumen (yaeyalah yaa), tahun ini konsep Dunia Bunda & si Kecil makin dikembangkan.

Marketing Director Alfamart, Ryan Alfons Kaloh bilang :

“Konsumen kami, khususnya ibu-ibu, menyukai konsep ini karena dapat membantu mereka dalam mencari kebutuhan anak-anak dengan lebih efisien. Selain itu, karena konsep yang ditawarkan juga menarik dan edukatif,”

Kalo kata saya sih pak, buibu demen ada lorong beginian supaya kagak nyasar. Sering kan niatnya beli susu eh kok pulang malah nenteng ciki sama sabun cuci, susu nya malah kelupaan 😀

Kenapa harus dengan Alfamart?

Sales Director PT Nutricia Indonesia Sejahtera, Michael Toh beralasan minimarket di Indonesia menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena lebih dekat dengan masyarakat luas.

Apalagi Alfamart punya 8,9 juta konsumen aktif yang terdaftar sebagai member Ponta Alfamart. Sebanyak 61,64 persen diantaranya perempuan, dengan rentang usia terbanyak yakni 21 sampai 30 tahun.

Bener banget nih, soalnya gue juga lebih demen belenjong ke Alfamart dibandingin harus ke supermarket besar apalagi yang ada di mall-mall. Lebih praktis dan hemat waktu.

Masuk Alfamart langsung belok kanan, eh di atasnya udah ada petunjuk lorong dunia bunda dan si kecil loh

Yuk ah jangan ragu lagi kalo anak-anak minta ikut belanja ke Alfamart, kan udah ada lorong Dunia Bunda dan Si Kecil. Belanjanya jadi fokus, aman dan tentunya makin nyaman dong yaa. Psstt, boleh looh kalo mau ngajakin gue 😀

 

Bu Dendy, Dilan Dan Baju Tidur Wanita Yang Disukai Pria

 

Ada yang lagi bokek kemudian rasanya pengen banget dilabrak Bu Dendy?

*angkat tangan tinggi-tinggi*

Kayaknya setahun terakhir tren labrak-melabrak pelakor oleh istri sah yang direkam dalam video dan jadi viral di sosial media makin banyak ya. Entah karena sosial media sekarang udah beralih fungsi jadi alat kontrol sosial atau pelakor sekarang yang makin banyak.

Buibu tau gak sih ternyata tren labrak-melabrak pelakor ini bukan cuma ada di Indonesia loh, negara jiran kayak Malaysia, Filipina dan Thailand juga ada tren semacam ini. Dan selalu : yang berantem perempuannya, lakinya mah duduk manis persis Pak Dendy 😀

But NO, jangan ngira bahwa gue mau membahas sisi ” kenapa kok lakinya dibiarin begitu aja, kenapa ini semua begitu gak adil buat kaum wanita” udah banyak yang nulis itu kok. Sebagai blogger aliran anti mainstream maka kali ini mamah etty mau membahas :

BAJU DINAS IBU-IBU

Ketebak gak baju apakah yang gue maksud? Iyeees apalagi kalo bukan daster.

Hayoo siapa yang masuk kategori pecinta daster untuk dinas di sini?

Daster sebagai baju andalan kaum wanita di Indonesia udah terkenal banget sebagai baju kerja sekaligus juga baju tidur andalan para ibu. Konon bisa loh dari pagi sampai malam ibu-ibu pakai daster terus, mandi sih terus ganti baju juga tapiii gantinya daster lagi 😀

Yabes gimana yaa, daster itu semakin buluk justru semakin adem dan pewe. Kondisi pewe ultimate daster justru terjadi ketika dia mulai sedikit koyak dan timbul bolongan kecil-kecil tapi merata (bahasa luuu ettyy).

Tapi apakah daster termasuk Baju Tidur Wanita Yang disukai Pria?

pic from minabatik.com

Hemmm. Perlu sedikit survey dari Lembaga Survey Indepent gak ya biar keliatan valid?

Kayaknya sih gak semua pria nyaman ngeliat pasangannya berdaster setiap saat terutama untuk tidur sampe ada oknum pria kurang berperasaan yang curhat di facebook karena merasa wajar katanya dia kalo suami selingkuh kalo tiap suami pulang istri masih dasteran dan bau bawang.

Wakwaaww, minta dilindes pake tronton banget yak itu oknum. Gue sendiri curiga sama oknum yang bisa-bisanya mikir secetek ini, kayaknya walaupun istrinya pake baju tidur seksi dan wangi parfum pikiran untuk selingkuh pasti tetep ada di otaknya.

Nah balik lagi ke urusan daster, kenapa sih daster sering dikonotasikan negatif, sering diartikan sebagai baju kumel dan kayaknya gak termasuk baju tidur wanita yang disukai pria? Padahal belum pernah loh gue baca protes kaum wanita terhadap hobby pria bercelana kolor.

 

Kan imbang harusnya yah, istri pake daster bolong terus si suami pake kolor kendor *diselepet kolor suami*

Kalo baju tidur wanita yang disukai pria itu katanya yang agak seksi, terus buibu punya selera tertentu gak sih buat pakaian tidur kaum pria?

Apakah harus kolor tapi seksi? Atau justru dibungkus aja yang rapet pake celana training biar lemaknya suami yang beleberan gak terekspos?

Kalo suaminya model brondong gemes kayak dek Iqbaal sih kayaknya dibungkus pake karung goni juga buibu tetep semangat menggelora ya *kemudian para bapak rebutan meluk Milea*

Tuh kan ujunng-ujungnya yang penting ternyata tetep isinya. Karena kayaknya kalo Vanesha Priscilla pake daster ya pasti gak bakal dibilang kumel sama pria manapun.

Terus kesimpulannya apa?

Yah sesekali belilah baju tidur yang disukai suami lah bu, apalagi kalo suami siap.ngebayarin tagihannya.

Dilan : Lia, kamu jangan pake daster yah kalo ke sekolah.
Milea : Naha teu boleh?
Dilan : Ngarana ge sekolah ya make na seragam atuh, ai siaa..

Makanya gue mau usul sama bu Dendy, gimana kalo mau seru tiap mau tidur sama pak Dendy pake seragam SMA aja lah berdua biar rasanya kayak Dilan sama Milea tapi versi lebih kendor 😂😂

*kemudian mamah etty ditabokin bu Dendy pake duit segepok*

 

Pecinta LEGO Gak Bakal Mau Pulang dari Bricklive Jakarta

Hayoo ngaku deh, ada gak sih yang gak pernah main Lego?

Rasanya hampir semua orang dari segala usia pasti pernah main Lego, mulai dari anak-anak piyik sampai orang dewasa kenal mainan edukatif satu ini. Bahkan pecinta Lego punya banyak kumpulan komunitas sendiri loh, loyalitasnya jangan ditanya deh. They’re die hard fans.

Nah kalo Bricklive Jakarta udah pada tau belom?

Bricklive Jakarta ini adalah sebuah event yang udah sering dibikin di luar negeri kayak Inggris dan juga Jepang.  Sekarang berkat gocekan gemilangnya  Sorak Gemilang Entertainment (SGE) yang bekerjasama dengan PIK Avenue juga Tokopedia, event super kece ini bakal diadain juga di Jakarta loh.

Kapan dan di mana nih acara Bricklive Jakarta?

Nah tanggal penyelenggaraannya si Bricklive ini tuh mulai dari 7-17 Juni 2018, buletin deh kalender di rumah pake spidol merah biar gak lupa yak. Tempatnya di PIK Avenue dong yes. Luas tempatnya aja sekitar 4000 m2  cukup banget buat 3000 pengunjung. Selamat gempor deh buibu yang ngangon anak di sini, luaaaasss banget cuy.

Segitu luasnya kita bisa ngapain aja di Bricklive Jakarta?

Bokk, dijamin ngana semua gak bakalan bosen malahan rasanya gak bakalan cukup sehari deh main di Bricklive apalagi para pecinta permainan Lego. Coba bayangin ada 16 (enam belas) wahana yang bisa dijelajahi. Banyak banget yekaan? Dijamin puas deh.

Mulai dari wahana Brick pool dan Duplo pool yang bisa dimainin sepuasnya, area Race track tempat kita bisa bikin mobil balap dari Lego dan lomba balapan juga sampai wahana Lego Cities dan Lego Creator bahkan Lego Architecture yang cocok untuk anak yang lebih besar berkreasi ada semua.

Buat kamu-kamu pecinta Starwars di Bricklive Jakarta nanti ada Lego Starwars juga doong. Gimana? mau pingsan gak bacanya?

Anaknya penggemar berat Lego karakter kayak Lego Friends dan Ninjago? Aiiishhh bisa puas deh main sama karakter kesukaan mereka di Bricklive Jakarta. Ya gimana gak semuanya ada, lha wong tempat acaranya aja luas banget gitu kan.

Sebenernya mainan Lego begini ada manfaatnya gak sih buat anak-anak kita?

Lego justru bikin anak makin kreatif dan gak bikin kecanduan

Naahh menurut psikolog Ratih Ibrahim, permainan Lego ini justru cocok banget buat menstimulasi otak dan melatih kecerdasan anak kita tanpa takut adanya efek samping kecanduan seperti halnya bermain gawai atau gadget.

Lewat permainan Lego ini anak-anak bisa melatih kecerdasan kognitif, psikososial maupun psikomotorik sekaligus. Kuncinya ya buibu, damping anak ketika bermain apapun permainannya. Jadikan permainan itu sebagai wahana bukan hanya melatih dan menstimulasi kecerdasan anak tapi juga mempererat ikatan antara orang tua dan anak.

Makanya nanti kalo ngajak anak main di Bricklive Jakarta, ibu bapaknya sekalian ikutan main jugalah. Kalau main Lego mah kita yang udah dewasa juga pada demen yekan? 😀

Udah kepengen buru-buru beli tiket Bricklive Jakarta?

Bisa banget dari sekarang beli tiketnya, jangan sampe keburu abis diserbu sama penggemar Lego yang lain loh. Beli tiketnya bisa lewat TokopediaOutlet LEGO dan PIK Avenue. Harga tiketnya ada dua macem, yaitu :

  • VIP Rp. 275.000,- (harga segini udah dapet 1 Lego Figurin loh plus diskon 10% kalo belinya di Tokopedia)
  • Regular Rp. 175.000,-

Buat buibu pecinta diskonan *uhuk* kayaknya semua buibu demen ama diskon dah, ada promo menarik banget nih kalo beli tiket paket keluarga di Tokopedia. Beli 4 tiket (2 anak, 2 orang tua) Cuma seharga Rp. 550.000,- cuss ah kita bungkus segera tiketnya.

Ada Promo Tiket Lainnya gak Nih?

Beuuuh nantangin, nih biar dijembrengin semua dah di mari. Kalo beli tiketnya lewat Ticketing Counter PIK Avenue (mulai akhir Februari 2018)  buat pemilik kartu loyalty membership SedayuOne bisa dapat diskon juga nih, apaan aja :

  • Potongan sebesar Rp. 75.000,- (periode pembelian tiket Februari – Maret 2018)
  • Potongan Rp. 38.000,- (periode pembelian tiket April – Mei 2018)
  • Diskon 10% untuk pembelian tiket pada Juni 2018

Gimana udah pada semangat belom menyambut perhelatan akbar pecinta Lego ini? Yuk ah buruan beli tiketnya, kapan lagi mumpung ada Bricklive di Jakarta. Pas banget libur lebaran pula acaranya, jadi buat yang gak pulang kampung cuss lah ke PIK Avenue rame-rame.

Yuk kita seru-seruan di Bricklive Jakarta @PIK Avenue

BTW si PIK Avenue ini kece berats tempatnya, banyak banget pilihan tempat makannya. Nanti kalo dateng ke Bricklive Jakarta jangan lupa istirahat makan yaa, jangan khawatir karena tiket yang kita beli itu buat main seharian. Jadi kalo mau keluar sholat dulu, makan dulu, pipis dulu gampang lah gausah takut tiketnya angus 😀

Selamat bermain sepuasnya di Bricklive Jakarta, dijamin anak bahkan mungkin bapaknya gak bakal mau pulang.

Menikmati Serpihan Kenangan Masa Lalu dan Menghalau Gangguan si Uhuk

Assalamualaikum,

Resmi sudah 3 bulan gue pindah ngantor dari daerah Pejompongan ke daerah Harmoni, Jakarta Pusat. Ya sebenernya secara jarak pindahnya gak jauh-jauh amat cuma 6 KM, tapi semua orang tau ya di Jakarta kita yang tercinta ini jarak 1 KM aja bisa ditempuh dalam waktu setengah jam kalo macet terus ngunci gitu *ughh*

Jadi jelas perbedaan 6 KM lumayan berarti, apalagi 6 KM nya adalah Jl.Jend.Sudirman – Jl.M.H.Thamrin. Duh sebulan pertama hayati sungguh lelah kakak. Kalau pagi sih enak karena dianterin suami, nah sore ini yang sungguh bikin emosi jiwa membara karena ternyata naik trans Jakarta ke arah Plaza Semanggi dari halte Harmoni bisa satu jam sendiri. Gilingan, ku tak sanggup.

Akhirnya setelah membulatkan tekad sebulat bentuk badan, gue putuskan untuk melakukan revolusi mental. Naek kereta!! Biarpun penuhnya kayak cendol, biarpun kabarnya gerbong wanitanya lebih sadis dari penjajahan Belanda, gue rela demi bebas dari macetnya Jakarta.

Dan ternyata ini keputusan yang paling  tepat.

Dari luar terlihat tenang, dalemnya dooong umpel-umpelan

Keretanya memang sepenuh cendol, lebih penuh dari cendol abang-abang manapun di Indonesia kayaknya. Saking penuhnya kadang gue harus memilih antara menatap ketek mas-mas atau menempelkan muka gue di bahu seorang mbak yang belum dan sepertinya gak akan gue kenal.

Apa gerbong wanitanya sesangar yang diberitakan?

Kadang-kadang iya, tapi Alhamdulillah sampai sekarang gue belum ketemu yang bener-bener resek kayak berita yang viral itu. Dan semoga gak akan pernah, hati gue yang selembut sutera organik ini pasti gak akan kuat kalau sampai dimaki-maki ibu-ibu gak dikenal.

Buat gue yang terbaik dari keputusan naik kereta ini bukan saja dari segi menghemat waktu tapi juga dari sisi kesehatan. Lho kok bisa? Iya bisa lah, karena sejak memutuskan naik kereta gue juga memutuskan untuk jalan kaki dari stasiun kereta ke kantor.

Yang paling gue suka dari naik kereta dan jalan kaki ke kantor adalah : sepanjang perjalanan gue melewati Jl.Juanda-Jl.Hayam Wuruk sampai akhirnya tiba di Jl.KH.Hasyim Ashari adalah deretan pemandangan gedung-gedung tua yang berjejer manis di sana.

Cantik, manis dan menggoda buat dimampirin banget gedung yang satu ini

Sayangnya selain gedung-gedung tua nan cantik, di sepanjang jalan itu juga berjejer aneka tukang jualan makanan. Mulai dari bubur ayam sampai soto ayam yang uapnya mengepul dengan aroma yang khas.

Sungguh godaan buat wanita yang imannya selemah gue. Bayangkan ketika pagi-pagi dalam kondisi belum sarapan kemudian gue melewati abang tukang gorengan yang cirengnya begitu merekah, risolnya nampak begitu renyah, apa gak pengen lari memeluk abang tukang gorengan rasanya?!?

Sering jajan gorengan dan terpapar asap knalpot kendaraan-kendaraan bermotor setiap hari kadang bikin gangguan tenggorokan datang tanpa gue harapkan. Belum lagi perubahan cuaca yang labilnya ngalahin ibu-ibu lagi datang bulan, siang panas  eh sorenya hujan.

Datanglah si uhuk-uhuk batuk menggangu aktifitas gue sehari-hari. Walaupun bukan berkarier di jalur yang menjual suara kayak neng Raissa tapi tetep loh gangguan batuk dan tenggorokan gatal bahkan perih bikin hati gue sedih.

Sebenernya penyakit apa sih batuk itu?

Ternyata batuk itu bukan penyakit loh kata DR.dr. Fauziah Fardizza, Sp THT-KL (K), melainkan reflek proteksi tubuh kita untuk membersihkan jalan napas atau tenggorok ketika terpapar lendir atau partikel kecil seperti asap atau debu agar proses bernapas menjadi lancar.

Penjelasan ini gue dengar langsung dari dr.Ezzy (panggilan akrab dr.Fauziah) ketika beliau jadi narasumber di acara OB Herbal Ziplong di Club XXI Djakarta Theatre- Jakarta tanggal 26 Juli 2017 lalu. Jadi menurut dr. Ezzy penyebab batuknya lah yang harus dicegah atau diobati. Kalau penyebabnya hilang batuknya pun ikut lenyap.

Terus bagaimana cara mencegah batuk datang?

Banyak caranya loh, disimak nih nasehatnya dr.Ezzy :

  • Minum air putih yang cukup dan kurangi konsumsi makanan yang pedas dan berminyak *buang muka liat abang gorengan*
  • Pakai masker jika bepergian
  • Tingkatkan daya tahan tubuh misalnya dengan mengkonsumsi madu dan rajin berolahraga
  • Berhenti merokok
  • Kalau terlanjur batuk jangan langsung minum antibiotik ya,apalagi tanpa resep dokter. Konsumsi antibiotik yang berlebihan dan gak sesuai aturan malah bikin resisten loh. Merugikan buat orang lain juga kan.

Mamah gue sih nyaranin buat makan kencur kalau lagi batuk. Tapi ya masa iya gue makanin kencur melulu, walaupun berkhasiat tapi kan capek. Apalagi kadang ketika lagi dibutuhkan eh kondisi kencur di dapur udah kering kerontang persis dompet di tanggal tua.

Makanya gue seneng banget pas tau Deltomed bikinin kita-kita OB Herbal Ziplong ini, karena OB Herbal Ziplong yang kemasannya mungil dan ringkas ini sudah mengandung jahe, kencur, thyme, madu, akar kayu legi dan mint.

Lengkap dengan semua khasiat dari masing-masing bahan tersebut. Secara yaa jahe sama kencur kan emang sudah dikenal sebagai bahan alami penuh manfaat dari zaman nenek moyang kita dulu.

kemasan OB Herbal Ziplong yang gampang dibawa kemana-mana. termasuk buat dikibasin di depan tukang gorengan

OB Herbal Ziplong ini juga aman buat dikonsumsi sama anak-anak. Dapetinnya juga gampang karena OB Herbal Ziplong sudah dipasarkan di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan mulai akhir bulan Juli 2017.

Brand Ambassadornya Ziplong ini juga seru banget, yaitu Candil si rocker humoris yang tenar dengan suaranya yang melengking-lengking merdu itu.

Tapi kita semua tetap harus menjunjung gaya hidup sehat loh ya, jangan karena ada Ziplong terus ngerokok sengebul-ngebulnya sambil makanin gorengan tiap hari. Ingat kesehatan itu harta yang tak ternilai harganya,makanya harus dijaga sebaik mungkin.

Kalau kena batuk pun kita juga harus tau kapan batuk mulai harus diwaspadai loh.

Kalau kamu sudah berhari-hari batuk bahkan sudah lebih dari 2 minggu ya jangan dianggap ringan lagi, harus konsultasi ke dokter yaa.

Jangan lupa olahraga juga yaa.

 

Salam

5 Hal Yang Gak Pernah Kamu Bayangkan Sebelum Punya Anak

Assalamualaikum,

Duhai teman-teman ku pembaca blog ini yang budiman di mana saja.

Gimana apa asisten rumah tangga udah kembali dari kampung halaman semua? Anak-anak udah mulai masuk sekolah?

Yang asistennya gak balik jangan sedih yaaa, sini-sini mendingan ngerumpi bareng mamah etty.

Buat teman-teman yang baru melahirkan, selamat yaa welcome to motherhood. Kemarin ini gue nengokin teman kantor yang baru saja melahirkan, duh rasanya langsung nostalgia pas zaman baru melahirkan anak pertama dulu.

Banyak hal yang sebelum punya anak gak pernah gue bayangkan bakal gue rasakan atau alami. Apa saja yaa? Yuk mari kita obrolin baek-baek 😀

  1. Melototin PUP orang lain

Seriuusss? Dua puluh rius malah. Dulu manalah gue kebayang bakal punya kegiatan melototin bahkan memperhatikan PUP orang lain. Lah PUP sendiri aja males liatnya. Bukan sekedar di liat sekilas tapi dipelototin dan diperhatikan teksturnya. Jangan dibayangin kegiatannya lah LOL. Tapi memang tekstur dan warna PUP bayi itu penting banget diperhatikan terutama di minggu-minggu awal kehidupannya.

Kehadiran bayi merah ini merubah dunia gue jadi makin meriah

Gak kebayang banget kan kegiatan macam ini sama anak perawan nan polos? *ketawa mak lampir*

  1. Mandi itu Kemewahan dan Sangat Menyenangkan

Yang namanya punya bayi kan emang gak seindah tampilan infotainment di mana sang ibu yang baru saja brojolan terlihat segar dengan pulasan make up tipis dan alis yang paripurna.Kenyataan nya? Ibu-ibu baru kebanyakan kucel karena kurang tidur dan badannya pliket karena hampir gak punya kesempatan mandi.

Seneng dong mamah etty yang zaman perawan gak suka mandi?

TET TOT, ternyata kalau habis ngelahirin badan kita masih keringetan melulu kayak zaman hamil. Terus ngurus bayi yang kecil mungil menggemaskan itu ternyata…CAPEK BANGET. Jadilah keinginan mandi berendam air hangat itu semakin menjadi. Tapi ya sulit terealisasi, mengingat bayi pas awal-awal minggu itu beneran nemplok ke ibunya terus sering nangis yang bikin si ibu makin susah mau mandi.

Saran gue buat ibu-ibu baru melahirkan, mandilah sesegera mungkin ketika bayi tidur. Selesai mandi langsung deh istirahat. Prinsip gue ketika masa nifas itu : BAYI TIDUR = IBUNYA TIDUR JUGA supaya badan si ibu juga tetap dapat hak nya untuk istirahat.

Tuh gue yang sebelum punya anak mandinya kalau bisa sehari sekali eh pas punya bayi pengen mandi tiga kali sehari saking gerah dan pliketnya badan*di lemparin sabun sama mamah gue*

  1. Diskonan Pospak (Popok Sekali Pakai) Itu PENTING BANGET

Zaman belom punya anak suka bingung liat ibu-ibu di Supermarket yang sampai rebutan kalau ada diskonan pospak. Makin gede diskonnya makin sadis rebutannya. Gue yang masih polos cuma bisa menatap iba para ibu itu.

Ehhh giliran udah punya bayi baru lah gue paham *sungkem pada para ibu pemburu diskon*

Ternyata harga pospak kalau gak diskon itu lumayan banget yhaa, kalau dikumpulin duitnya bisa buat beli tas Kate Spade tiap tiga bulan sekali. Untungnya zaman sekarang mah udah enak, mau nyari pampers murah gak perlu keliling berbagai Supermarket terus melolotin katalognya.

Klak-klik sebentar di MatahariMall.com tanpa perlu ganti daster kebangsaan yang pewe banget itu. Nyari diskon nya di rumah aja disambi nenenin bayi atau nonton drama korea. Hidup belanja online!!!

  1. Menyusui itu Gak Sekedar Menyodorkan Payudara

Dulu-dulu mah gue pikir menyusui itu hal alami dan secara natural akan bisa dilakukan semua perempuan. Semacam kalau boker tinggal ngeden gitu. Ternyata gue dulu begitu polos dan penuh kebodohan *sungkem sama mamah lagi*

Menyusui itu banyak cerita bahkan dramanya sendiri. Bukan sekedar sodorin payudara ke mulut bayi lalu tugas selesai. Wahai perempuan-perempuan yang sedang membayangkan punya bayi, coba persiapkan ilmu untuk menyusui juga ya.

Sekarang udah banyak banget forum-forum untuk para ibu berdiskusi dan sama-sama belajar. Banyak-banyak cari referensi bacaan juga  untuk mempersiapkan diri. Selain calon ibu, calon ayah juga mesti nambah ilmu. Buku Ayah ASI itu lumayan bagus, beliin buat para suami biar mereka ikutan belajar.

Ingat, menyusui itu juga perlu partisipasi dan dukungan suami dan orang di sekitar kita. Semangaaatttt.

  1. Hamil dan Melahirkan itu Walaupun Sakit Tapi Ngangenin

Ini bukan kode minta dihamilin lagi loh ya *pelototin suami*

Tapi beneran gak pernah kebayang dulu bahwa perut bengkak, kaki kram, pinggang panas karena beban kehamilan bakal gue kangenin.

walaupun hamilnya gak langsing kayak miranda kerr tapi ku rinduu gendut hamil dulu, sekarang masih gemuk sih tapi isinya lemak semuaa *crayyy*

Tapi sekarang  kalau liat ibu-ibu hamil di jalan gue suka kangen pas lagi hamil dulu. Bawa perut gendut yang isinya bukan lemak doang itu ku rindukaaaan *usap lemak di perut*

Melahirkan pun begitu, walaupun sakit (apapun prosesnya, melahirkan itu sakit) tapi kalau di ingat lagi kok kayaknya indah banget yaa.

Duh hamil lagi aja apa yaa #emakemaklabil

 

 

Review Film Filosofi Kopi 2 : Ben & Jody, Segelas Kenyamanan dalam Balutan “Bromance” Yang Kental

Buat Penggemar film pasti gak asing dengan judul “ Filosofi Kopi “ sebuah film karya anak negeri yang  sukses merebut perhatian bukan hanya penggemar film tapi juga penggemar kopi. Gak percaya? Lihat saja sekarang ada dua  kedai “Filosofi Kopi” di Jakarta, walaupun “tiwus” sang kopi legenda gak ada dalam daftar menunya.

Nah buat penggemar Film, lewat kisah di Filosofi Kopi 2 : Ben & Jody inilah sutradara Angga Dwimas Sasongko mencoba memuaskan rasa penasaran kita pada kelanjutan petualangan dan persahabatan Ben dan Jody.

Apa sih hal terklasik yang menurut kamu bisa merusak persahabatan?

Jawaban gue selalu : DUIT dan CINTA

Dan itulah yang terjadi pada film ini, jalan persahabatan Ben (Chicco Jerikho)  dan Jody ( Rio Dewanto) digoyang oleh isu cinta juga. Siapa yang jatuh cinta? Pada siapa jatuh cintanya? Sebentaarr biar kita mulakan perjalanan ini dengan kisah awal perjalanan Ben dan Jody dengan kedai VW Combi nya bertualang di indahnya alam Jogja dan Bali.

Semua tampak begitu indah dan damai, sampai kemudian satu persatu barista andalan mereka mengundurkan diri demi mewujudkan mimpi masing-masing dan menghempaskan Ben dan Jody pada sebuah kenyataan yang pahit.

Di iringi alunan lagu “ Zona Nyaman” dari Fourtwnty, Ben mendapat ilham bahwasanya mereka harus kembali membuka kedai tetap di….JAKARTA. Padahal kan dulu kedainya yang di Melawai udah dijual buat modal bikin kedai keliling ini.

Akhirnya lewat perjuangan sedikit berliku, Ben dan Jody berhasil membuka kembali kedai “ Filosofi Kopi” mereka di Melawai. Dengan bantuan seorang investor cantik, Tarra ( Luna Maya) dan barista baru mereka Brie (Nadine Alexandra, yang sumpah mau di dekil-dekil kayak gimana juga tetap cantik paripurna) kedai mereka bukan saja buka kembali tapi juga makin sukses.

Kehadiran dua tokoh baru inilah yang membuat jalinan cerita Filosofi Kopi 2 ini terasa lebih kompleks dibandingkan film pertamanya dulu.

Dan konflik pun di mulai

Cinta dan dendam masa lalu mengguncang persahabatan Ben dan Jody. Formula yang bisa dibilang sangat klasik. Tapi seperti secangkir cappuccino di kedai kopi kesayangan kita, formulanya boleh klasik tapi gak melunturkan kenikmatan kita untuk menikmati setiap tegukannya.

Begitupun alur film ini, walaupun sejak separuh film gue sudah bisa menebak ke arah mana konflik akan bergulir tapi toh gue tetap menikmati setiap adegan yang disajikan. Ditambah penyajian keindahan alam kota Yogyakarta dan Toraja (selain juga Bali, Makassar dan Jakarta yang menjadi lokasi pengambilan gambar)  yang membuai mata, secara keseluruhan film ini enak di tonton. Sinematografinya sedap banget dah, film kedua yang bikin gue kangen kota Yogya setelah AADC 2 dulu itu.

Hal-Hal Yang Paling Gue Highlight dari Film Ini

  • Betapa kuatnya “ bromance “ tokoh Ben dan Jody, chemistry yang luar biasa dari pemeran-pemerannya bikin kita dengan mudah terhanyut pada konflik dan persahabatan mereka berdua di film ini.
  • Cintai apa yang kamu kerjakan, kerjakan yang kamu cintai. Seperti lirik lagu Foutwnty “ Bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi”. Hati dan rasa yang membuat pekerjaan yang kita kerjakan berbeda dengan mesin atau binatang. Mirip-mirip nasehat mantan boss gue dulu nih : “ Kerja itu capek dan bikin pusing, makanya selalu niatkan untuk beribadah supaya kita enggak kehilangan nilai dalam hidup. Kalau kerja cuma asal selesai kamu nanti gak beda sama kuda atau sapi “
  • Banyak banget percakapan film ini yang penuh makna dan quoteable. Kekuatan permainan kata dari penulis scenario yang patut di acungin jempol. Ku sukaaaa.
  • Lagu-lagu di film ini enak gila. Kelar nonton film ini gue gak berhenti nyanyiin ” zona nyaman” nya fourtwnty di dalam hati. Chicco dan Rio ikutan ngisi soundtrack film ini loh. Selain mereka juga ada deretan musisi keren lainnya.

Kesimpulan gue setelah nonton film ini

Ini film yang sangat nyaman di tonton. Jangan berharap ada kejutan yang mencengangkan, alur dan konfliknya justru terasa nyata dan gak lebay. Satu-satunya yang kurang dari film ini menurut gue adalah chemistry Ben (Chicco) dan Luna Maya yang meranin Tarra. Entah mengapa tapi menurut gue chemistry nya justru kalah jauh dengan Ben dan Jody yang emang juwaraakk.

Satu lagi : Indonesianya itu alamnya indah dan kaya banget. Lewat secangkir kopi aja kita bisa dapat berjuta kisah dari tanah tempat kopi itu di tanam.

Di film ini ada beberapa daerah penghasil kopi yang ditampilkan dan sukses bikin gue terkagum-kagum. Ah semoga di masa depan segala kekayaan alam ini tidak rusak dan bisa dinikmati anak cucu kita.

Oiyaaa filmnya beredar mulai tanggal 13 Juli 2017, ayo nonton lah di bioskop jangan lupa ngajak orang-orang kesayangan. Kelar nonton tiketnya jangan dibuang yaa karena bisa ditukarin sama 1 gelas kopi di kedainya Filosofi Kopi.

Satu hal lagi 1 tiket film ini sama dengan 1 bibit kopi untuk ditanam di merapi sana. Sebuah sentuhan film ini yang juga bikin gue terharu.

Ayo yang penasaran sama kelanjutan kisah Ben dan Jody buruan nonton Filosofi Kopi 2 ini yaa.