Awas Ketipuuuu

Awal tahun begini gw sediiih, kerjaan numpuk bagai tak bertepi terus suasananya ujan-ujan mendung tiap hari rasanya pengen kemulan aja dirumah sama suami *nunduk malu*.ย Kalo lagi bete-bete begini biasanya sih gw langsung nyusun rencana jalan-jalan, maklumin dah namanya juga anak sekarang apa-apa obatnya yaa jalan-jalan.

Putus cinta padahal DP catering udah dibayar? Cuss abisin sisa tabungan buat jalan-jalan.

Abis resign terus belom di panggil kerja lagi? Yuk mari jalan-jalan

Abis dapet bonus tahunan? Jalan-jalan lah cyyyn.

Selama jalan-jalan jangan lupa ambil foto yang bagus sebanyak-banyak buat di upload di SEMUA sosmed, biar ngehits kayak orang-orang. Terus jangan lupa ganti biodata di Instagram : Full time traveller ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Apa?? Kamu lagi jerawatan? Berasa kurang matching outfit liburannya? Udah sih jangan kayak orang susah, foto kaki aja udah cukup kok *nyengir lebar* yang penting eksis.

Gw selayaknya emak-emak hemat lainnya sampe bela-belain nabung jauh-jauh hari demi memenuhi agenda liburan ย ini, abisnya kalo gak dibawa liburan juga rasanya suntuk banget kan ya. Cara gw nyisihin duit buat liburan pun termasuk yang kuno banget, ARISAN.

Iya arisan, bukan arisan brondong sih, kalo arisan yang itukan ngabisin duit *dipelototin mamah dedeh* jadi caranya gw punya arisan rumah dan dikantor yang gw ambil tiap bulan Oktober setiap tahunnya. Kenapa Oktober? karena di bulan itu suami ku si ganteng kesayangan berulang tahun dan selalu kami rayakan di kota yang berbeda sambil liburan.

Tapii zaman sekarang kita harus tetap hati-hati, karena ada loh orang-orang yang berusaha nyari keuntungan dari meningkatnya hobby jalan-jalan akhir-akir ini. Pernah dapet sms mamah minta pulsa karena lagi dikantor polisi padahal mamahnya yang asli sms aja gak bisa dan hobinya adalah mengaji? Gw pernaaah.

Nah sekarang ada modus operandi baru nih, sms atau bbm nawarin tiket murah dan ngakunya dari agen tiket atau website tiket terpercaya kayak travelokaย . Modus penipuan berkedok traveloka ini gimana sih? Biasanya mereka mengirim pesan singkat ke nomor random dan nawarin tiket dengan harga super murah.

Caranya supaya gak ketipu gimana dong mamah etty?

Ya keles mamah etty udah capek-capek ikut arisan setaun demi jalan-jalan terus rela duitnya digondol penipu, sini mamah etty kasih tipsย yaa *benerin jilbab*

  1. Jangan gampang percaya kalo ada pesen singkat dari nomor pribadi yang nawarin tiket dengan harga super murah atau beda jauh dari harga yang ada di website resmi. When something too good to be true then it’s not true. Kecuali ย yangย  ngirim pesan itu rangga dan dia nanya kabar, bales aja cepetan jangan nunggu 12 taun lagi, keburu menopause entar.
  2. Pun kalo ada yang nawarin harga super miring kalo beli tiketnya banyak, kita tetep harus waspada. Karena biasanya agen tiket online gak melayani pemesanan baik jumlah banyak atau sedikit melalui sms atau pesan singkat lainnya. Amannya ya hubungin nomor customer service yang ada di website resmi agen penjualan online.
  3. Ngaku-ngaku orang dalem (indonesia banget gak sih?) jadi bisa jual tiket yang harganya murah banget, plis deh udah tahun 2015 gitulo. Minta nama sama nomor ID pegawai orang itu terus laporin aja keย pihak agen perjalanan online terkait.
  4. Kalo orang yang nawarin tiket murah itu ngasih nomor rekening atas nama pribadi padahal dia ngakunya dari agen online. Boook jaka sembung naik ojek alias gak nyambung dong jek *becandaan lawas* itumah udah 100% gak bener deh.

Untuk agenda jalan-jalan taun ini, masih lama sih 9 bulan lagi tapiii galaunya udah dicicil dari sekarang. Enaknya jalan kemana, makan dimana, nginep dimana. Bali? Lombok? Malang? Malang kayaknya enak yaa, gara-gara liat beberapa temen yang udah main ke sana dan posting di blog kayaknya bagus banget kotanya.

Untuk jalan-jalan yang deket-deket aja sih insha Allah bulan maret mau ada agenda jalan ke suatu kota bersama-sama orang-orang yang menyenangkan *lirik grup*, awas aja kalo ada yang ngebatalin tanpa alasan yang bisa diterima oleh undang-undang dasar 1945, gw bacain ayat kursi 7 hari 7 malem loh.

60 gagasan untuk “Awas Ketipuuuu

  1. Pungky KD

    Insha Allah jadi kok mak…serem gw kalo dibacain ayat kursi 7 hari 7 malam…wkwwkwk
    Jadi kan? *todong yang lain*

    Iya ih awas ketipu. Alhamdulilah gw lewat traveloka beberapa kali ga ada masalah….mending yang pasti2 aja ya ty,,, ๐Ÿ˜‰

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      iya ky, gw heran deh sama penipu-penipu ini, bisaa aja nangkep peluang.
      Ngerti orang zaman sekarang hobby nya jalan-jalan, langsung deh masuk ke celah itu. Udah basi banget ya kalo mamah masih minta pulsa ๐Ÿ˜€

      Balas
  2. dianryan

    hahahah mak etty, ampun dah tetep yah ngasih tips tapi tetep bikin nyengir lebar

    iini kayanya postingan barengan trio kwek2 yah semuanya tentang liburan, berarti tinggal mas dani, mba yeye sama mba yani yang belum muncul postingannya :))

    Balas
  3. Ryan

    Mba…. Asiknya mau jalan2… ๐Ÿ˜€
    Saya baru tahu loh ada penipuan kayak gini. Memang harus hati2 ya sekarang ini.

    Eh mba… kalau mau ke Bali bilang2 ya mba. ๐Ÿ˜€ ada kenalan tour di sana. Enak kok

    Balas
      1. Ryan

        email aja ya Mba? Nanti saya kasih. Tahun 2012 kemarin saya pakai jasa dia. Enak banget. dia kasih masukan sesuai yang memang kita mau. Dan masih bisa dirubah tengah jalan.

        Balas
  4. santi

    haaai mamah etty penguasa cibubur , salam kenal dr penghuni cibubur melipir dikit *sungkem* ๐Ÿ˜€
    selamat liburan ya mamaaah.. apa masih 10 bulan lagi? lama amaaat *kemudian ditendang* *sungkem lagi* ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    Balas
          1. santi

            dan dan dan dan bauuuuuuuu mamaaaah. padahal hidung aku tuh minimalis. tipe 21 mamaaah. panjang 2, tinggi 1. halah bilang aja pesyeeek ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  5. indahmumut

    Hahahahaha… *dateng2 ngakak*

    Ada mamah minta pulsa segalaa.. Hahahaha
    Etapi bener deh, akupun liburannya masih lama tapi galaunya udah dari sekarang… Beda sama sosialita, mau besok tiba2 kepengen ke eropah juga bisa yak…
    *potong celengan ayam*

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Sosialita yang mana? Yeye ya? *di sumpel sanggul*
      Rakyat jelata mah harus rela nabung jauh hari dan muter otak nyari hotel yang pas harga dan servisnya ya mut, celengan jangan di potong, ribet, banting aja keless..

      Balas
  6. ranselijo

    Mak Etiiii????
    Di balik kekonyolan tulisan Mak pasti ada aja info yg berguna. ๐Ÿ™‚
    Ttg penipuan via hp, emang harus hati2 bgt Mak apalagi klo pengirimnya itu adalah dari nomor pribadi. Tombol curiga harus dpencet!

    Balas
  7. ina

    apalagi kita yang bekerja butuh banget jalan-jalan buat ngerefresh mind body and soul, dijadwalin dan nabung jauh-jauh hari banget buat liburan…tapi kalo kena tipu males banget, aku sih udah punya agen tiket langganan, temen juga sih…lagian tiketnya harganya normal-normal aja tuh…sesuai tujuan, Alhamduliah beberapa kali pesan disana, ok-ok aja…tapi tak ada salahnya hati-hati.

    Balas
  8. bemzkyyeye

    In shaa Allah jd mak, klo pun bentrok sm jadwal syuting gw, gw teteplah belain pergi sm lu lah drpd dibacain ayat kursi
    :p

    Balas
  9. joeyz14

    Trio kwek2 mau kemana sihhh? Curiga mau euro trip nih….*kaypohhh*

    Eh ty, penipuan interview kerja di luar kota juga ada ty, ceritanya kita dikasih email dan harus beli tiket pesawat dan hotel pake jasa agen travel yg udah mreka tunjuk. Pake duit kita dulu ceunah, ntar diganti pas kita dah sampe sana. Ihhhh gelo! Laki gue pernah ampir ketipu. Untung dia anak pintar jadi keburu ngeh pas email dibaca ulang.

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      duh gak level kalo kami euro trip Jo, ini mau napak tilas perjalanan dakwah wali songo kok.
      Jadi selain mempererat silaturahmi juga meningkatkan keimanan, insha Allah *di peluk mamah dedeh*

      Balas
  10. Dwiyani Arta

    Ty… Jd klo Rangga yg SMS langsung dibales aja yaaa jangan sok jual mahal macam Cinta? Hahahahaha…

    Eh, pada mau jalan2 kemana sih? Ngesot di keraton ya? dubidubidu….#ngeloyor

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Karena jual mahal itu dosa menurut agama yang kita anut jeung Yani, kita cuma boleh mengambil keuntungan sedikit gak boleh mahal-mahal.
      Dan seperti ajaran mamah dedeh, dosa itu harus dijauhin ๐Ÿ™‚

      Balas
  11. icharizha

    Hai Mbak, salam kenal.. Baru pertama ini komen di sini ๐Ÿ™‚

    Makasih udah sharing infonya ya, sering nih dapet sms2 tuti macam itu.

    Btw Malang kalo pas Oktober asik kok Mbak. Masih belum penuh sama orang yang mau liburan akhir tahun (paling penuh sama mahasiswa kuliah aja, hehe), jadi relatif lebih lega kalo mau berkunjung ke tempat2 wisata. Di Batu banyaaak tempat yang bisa dikunjungi, yang lagi ngeheitz itu Museum Angkut. Mudah2an Oktober ga terlalu rame kayak pas bulan Desember (antrian masuknya bak antrian sembako gratis). Hotel & guest house di Malang juga udah banyak pilihan, makanan udah pasti buanyak juga pilihannya.

    Salam buat mamah dedeh ya mbak, hihihihihi…

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Hai icha,
      Duh Malang lagi naik daun banget emang ya. Kamu sarannya kumplit amat, kayak nasi Padang belakang kantor.
      Makasih yaa, mudah-mudahan pundi-pundi buat liburan mamah etty segera kumpul. Salam balik dari mamah dedeh

      Balas
  12. riemikan

    Wah wah wah makin kreatif aja orang-orang jahat di luar sana. Sekarang traveling udah semakin gampang dengan bantuan teknologi. Makasih postingnya jadi ingin segera info ortu supaya berhati2. Maklum orang tua suka dianggap serius sms2 yang masuk hahaha

    Balas
  13. riemikan

    Wah wah wah makin kreatif aja orang-orang jahat di luar sana. Sekarang traveling udah semakin gampang dengan bantuan teknologi. Makasih postingnya jadi ingin segera info ortu supaya berhati2. Maklum orang tua suka dianggap serius sms2 yang masuk hahaha

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Iya Mbak miekan, para orang tua terutama yang harus dikasih tau. Mamah Gw untungnya orangnya gak gampang percaya tapi si Papah ampuuun dah, percayaan banget sama semua orang. Pernah dulu ada orang ke rumah nawarin ngasi kerjaan, Siapa tau keluarga kami ada yg butuh kerjaan Katanya. Tanpa curiga papah buru-buru aja mau daftarin sodara-sodara kami, padahal itu orang minta 500 ribu/pendaftar. Edaan, untung Gw keburu pulang dan berhasil mencegah.

      Balas
      1. riemikan

        Hahaha…itulah orang tua kita ya Ty. It’s a tough world outside jadi kita harus lebih berjaga-jaga ya. Sorry ya aku baru sadar liat komenku terupload dua kali hihihi

        Balas
  14. sondangrp

    Ty please jangan bilang kau dan rombongan yg ngambil tempat inceran kami di tanggal 21 Maret zzzz kami berlima jadi pindah tanggal gegara katanya ada rombongan yang udah fix tanggal 21 pas baca ini aku mikir jangan-jangan itu kaliaaaaan

    Balas
  15. silvi

    ettyy …. wkwkwkwk ngakak sengakak ngakaknya …. btw baru tau skrg ada modus baru ya tepu tepu begitu, mungkin para penepu liat trend nya sekarang orang orang indo pada demen vokasiong aliyas liburan jadi yaa ambil celahnya deh….

    btw masih ada itu sms mama minta pulsa, yang aku tau sekarang musimnya mama minta air seember buat cebok hahahha

    Balas
  16. Titik Asa

    Nyesel banget nih Mbak zaman waktu muda dulu gak sering jalan-jalan…
    Sekarang jadi lumayan suka jalan-jalan. Tapi sementara jalan-jalan saya selalu dalam menghadadiri festival jazz yg sekarang suka diadakan diberbagai daerah…

    Salam kenal Mbak…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *