Bapertarum

Buat yang PNS dan lagi ngebangun rumah atau ngajuin kreditan rumah tau gak yang namanya Bapertarum-PNS alias Badan Pertimbangan Tabungan Rumah Pegawai Negeri Sipil? Enggak tau? Sama dongs, tos dulu kalo gitu.

 

Atau lebih mundur lagi, tau gak kalo tiap bulan gaji kita dipotong untuk tabungan perumahan? Enggak tau juga?? Berarti bukan gw doang yaa yang kuper masalah ginian.

Jadi sebenernya sodara-sodari sesama abdi negara, tiap bulan tuh gaji kita yang kecil itu dipotong untuk tabungan perumahan besarnya yaitu:

Golongan I      : Rp 3.000,-
Golongan II    : Rp 5.000,-
Golongan III   : Rp 7.000,-
Golongan IV   : Rp10.000,-

 

Keciiil bangets yaa, pantes gak kerasa 😛

Nah Bapertarum-PNS ini badan yang mengelola dan menyalurkan uang hasil potongan tadi. Uang tabungan perumahan ini bisa kita minta untuk bantuan uang muka KPR atau bantuan biaya membangun.

 

Besarnya bantuan yang kita bisa peroleh yaitu :

  • Rp. 1,2 juta untuk golongan I
  • Rp. 1,5 juta untuk golongan II
  • Rp. 1,8 juta untuk golongan III

 

Lagi-lagi keciil bangets ya nominalnya, yaaah secara nabungnya juga kecil kan.

Menurut gw jumlah itu emang gak signifikan jumlahnya dibandingin sama uang muka KPR atau biaya membangun rumah jaman sekarang yang puluhan bahkan ratusan juta besarnya.

 

Tapii uang tabungan perumahan ini hak kita loh sebagai PNS jadi walopun kecil dan gak bisa ngaruh banyak (paling cuma bisa nambahin beli gorden) sebaiknya diajukan aja.

 

Pertimbangannya: kalo gak diambil sekarang memang bisa diambil setelah Pensiun tapii jumlah uangnya gak akan banyak berubah loh. Misalnya kita masa kerjanya 20 tahun, 10 tahun golongan III 10 Tahun sisanya golongan IV maka jumlah tabungan yang dikembalikan:

10 x 12 x Rp. 7000    = Rp.   840.000

10 x 12 x Rp.10.000 = Rp.1.200.000

Total                                 = Rp.2.040.000

Bandingin jumlahnya kalo di ambil sekarang, misalnya kita golongan III jumlah yang kita dapet Rp.1.800.000,- cuma selisih Rp.240.000,-

 

Padahal nilai uang Rp.2.040.000,- 20 tahun lagi pastinya jauuuuh lebih kecil daripada sekarang (sekarang aja udah kecil T_T) itulah salah satu pertimbangan gw berniat ngambil si taperum ini sekarang, alesan lainnya karena udah bokek sebokek-bokeknya.

 

Nah persyaratan untuk ngambil taperum ini bisa diliat di websitenya Bapertarum-pns Nah mari kita lanjutkan usaha mencari duit tambahan buat bangun rumah 🙂

 

Gw sama suami baru tahap ngumpulin persyaratan nih, ntar kalo udah ada hasilnya di update lagi lah.

 

8 gagasan untuk “Bapertarum

  1. gatot

    ternyata ngurus Taperum mbulet kayak kentutnya hansip yo, padahal uangnya gak seberapa lagian uang itu kan uang kita dewek ! sorry yang pnya blog numpang curhat soal Taperum karena gak tau mesti ngomong kesiapa, hehehe kasian diriku yo, trim’s dah

    Balas
  2. endahhh

    Halohalo.. Berkunjung lagi ksini. Gimana bapertarumnya?lama ga sih ngurusnya?kalo suami istri sama2 pns bisa ambil 2-2nya ga?hihi.. Lumayan juga ini 3jt buat beli reksadana atau LM.. 😀

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      ribet bener mak ternyata, duhh adaa aja,yg kurang padahal rasanya udah sesuai sama syarat yg ada di websitenya 🙂
      aku juga mikirnya lumayan, secara berdua sumami juga, ternyata harapan tinggal harapan 😛

      Balas
  3. itageos

    hehehe, ternyata bukan cuman dakuw yg kepikiran nyairin bapertarum yg seuprit itu.
    udah jadi cair belon mbak? perasaan aku n suami ngurus cairnya gampil bgt deh…Lumayun dpt 3,6 jt awal taon kemaren 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *