Bikin Karpet Sendiri

Jadi sejak keracunan macem-macem di instagram, gw harus memutar otak searah saldo tabungan gimana caranya menuhin keinginan ini-itu tanpa jatuh bangkrut atau ditalak suami.

Keinginan apa sih mamah etty?

Seperti naluri mamah-mamah pada umumnya, termasuk mamah dedeh pastinya, pengen banget punya rumah yang rapi dan nyaman dan banyak pernak-pernik lucu nya dan instagramable alias setiap sudutnya layak jepret dan upload di instagram πŸ˜€

Racun yang terakhir menusuk ke kalbu itu adalah karpet yang lucu-lucu. Dan hasil cuci mata di instagram di perdalam dengan menusukkan racun lebih dalam melalui pinterest, tamparr aja aku mas tampaaarrr, racun karpet ini begitu menyiksa..

Gimana hati gak cenat-cenut kalo disuguhi pemandangan macem ini

karpet mamarai

karpet mamarai 2

gambar dari blog kesayangan mamah etty yaitu Mamaraihome.com, see saking ngepens nya nama aja di mirip-miripin *bersandar di bahu mamarai*

Pengennya cuss pesen yang fuschia-abu itu, tapi karena celengan ayam broiler gw gak penuh-penuh jadinya di tunda dulu lah keingin masang karpet warna pink norak favorit ku itu. Soalnya harga karpetnya walaupun lebih murah daripada beli di Ikea atau Informa tapi tetep jutaan (yaeyalaahh) jadi harus nabung agak lamaan dikit kayaknya.

Sambil nunggu tabungan cukup tertumbuklah pandangan gw pada seonggok karpet jenis baru (baru gw tau maksudnya) yaituuu karpet kanvas alias Canvas rug. Yang sungguh menarik hati gw adalah, harganya miriiing mamaaahh. Rata-rata harga karpet kanvas di Instagram untuk ukuran 150 x 200 cm sekitar 400-500 ribuan.

Lumayan murah sebenernya ya, tapi hasrat suci sebagai istri soleha gw menggelora. Pengennya bikin sendiri aja ah biar lebih murah lagi *di ciyum suami*

kanvas rugGambar dariΒ http://www.positivelysplendid.com/2013/04/painted-outdoor-canvas-floor-cloth.htmlΒ dan ini DIY dong, alias dibikin dari berupa kain kanvas polos terus di gambar pake cat.

Bisa lu ty bikin yang begituan? Ngecat kuku pake kuteks aja beleberan kemana-mana.

Ya menurut lu? Jelas enggak bisa lahh *di sentil mamah dedeh*

Manalah punya gw skill DIY tingkat mahir begitu, emangnya bule-bule itu yang apa aja bisa dibikin sendiri. Lah terus gimana bikin karpetnya?

Jadi pemirsa di rumah dan ibu-ibu majlis taklim sekalian, yang gw maksud bikin sendiri itu bukan bikin dari kanvas polosan macam ini melainkan bikin dari kain kanvas bermotif cantik untuk kemudian di jait sehingga menjadi seonggok karpet kanvas.

Bahan karpetnya gw udah beli di Lantai B 2 Tanah Abang Blok A.

Nama bahannya adalah kanvas lokal, motifnya tribal semacem ini
image

dan harganya mursidah sekali yaitu 38.000/meter. Lebar bahannya pun lumayan yaitu 150 cm.

Nah bahan ciamik udah ditangan selanjutnya apa mamah?

PR bangetnya si karpet kanvas ini adalah….. LICIN.

Bukan licin berminyak gitu ya, melainkan bergerak-gerak kian kemari alias gak stabil posisi nya. Ini karena bahan kanvas sendiri tidak bersifat anti-slip dan masih kurang berat jadinya ya kurang ajeg kalo gak dilapis bahan lain di dasarnya bila dijadikan karpet.

Idealnya karpet memang di lapis anti slip lagi supaya nyaman dipakai. Kemaren itu pas kebetulan main ke ace hardware gw menemukan sejenis pelapis anti slip image

tapi ukurannya cuma 150 cm x 30 cm dan harganya 22.500 gw udah beli sih dua biji. Nah gw masih mau nyari yang jual meteran tapi belom ketemu juga.

Hasil jelajah websitenya IKEA sih gw dapet sejenis bahan felt yang bisa dipake sebagai pelapis anti-slip untuk karpet, yaitu STOPP FILT.

stopp-filt-rug-underlay-with-anti-slip__39410_PE097520_S4Sebenernya dari segi ukuran udah cucok banget karena dia ada 2 ukuran, yaitu :

65 cm x 125 cm seharga 60.000

125 cm x 235 cm seharga 150.000

Cuma harganya kemahalan menurut gw, ahahahaha memang kehematan mamah etty mencapai tahap akut πŸ˜€

Jadi untuk sementara masih ditimbang-timbang mau di lapis apa ini karpet Kanvas made in Mamah.

Nanti insha Allah akan di update perkembangan karpet kanvas di rumah, siapa tau ibu-ibu majlis taklim di luar sana Β banyak yang ingin mengikuti jejak mamah menghemat uang untuk mendekorasi rumah.

Yuk mari permisi, mamah ngucek cucian dulu…

67 thoughts on “Bikin Karpet Sendiri

  1. zpmary

    isshh hebak deh mamah satu ini, selain soleha, pinter pula, ada aja idenya yang cemerlang, kalo aku sih mana mungkin punya pemikiran DIY segala, cetek aja, beli aja, pikir duit tinggal cabut mungkin hahaha. Ditunggu hasil jadi karpetnya ya mamah, kalo boleh divideoin gitu step-stepnya biar bisa dicontoh dengan mudah oleh mamah amatiran macam aku ini *demen banget nambah beban hidup orang lain :mrgreen: *

    Reply
  2. Nadia Khaerunnisa

    Persis mamah! Saya juga keracunan karpet lucu dan selimut2 motif tribal macem gitu, tapi harganya bikin pengen sign out dari IG o_O kepikiran buat bikin sendiri juga cuma gak ngerti bahannya :3 terima kasih mamah, kutunggu kelanjutannya yak! *catet tanah abang lantai B2, ace hardware*

    Reply
    1. emaknyashira Post author

      Ada dua macam loh si bahan canvas ini Nad, yang import harganya 65ribu/meter tapi kebanyakan motif shabby chic alias bebungaan.
      Sayangnya mamah etty ga suka bunga-bunga kecuali bunga bank *disumpel bakiak mamah dedeh*

      Reply
    1. emaknyashira Post author

      demi ini niiis, demiiii…
      kalo itu yang di IG harganya gak semahal itu gw juga mendingan beli sih.
      Kemahalan soalnya.
      masa ukuran 150 x 200 sampe 500 ribu, padahal bahannya semeter cuma 38.000.

      Reply
    1. emaknyashira Post author

      do’ain atuh lis, insha Allah kalo sukses nanti dibikinin yang ungu. Kalo motif thomas gak ada kayaknya lis, karena ini bahan kanvas jarang ada motif gambar tokoh-tokoh anak..

      Reply
  3. dani

    Bapak sholeh kok gak disebut sih di postingan nya Mamah sih. Nanti mau ikutan bikin ah. Niru mamah bikin DIY gitu. Bahan anti licin meteran dah coba di mayestik nyarinya Mah?

    Reply
    1. emaknyashira Post author

      belom bisa ke mayestik Dan, padahal ada kopaja jurusan mayestik di depan kantor.
      Soalnya tanggal masih tua, kalo ke sana sering laper mata beli ini-itu yang aneh-aneh

      Reply
  4. fey

    sikile sopo #salah fokus hahaha

    isshhh keren ih etty bikin karpet sendiri..dijual jualin aja ty, di IG kan mahal-mahal juga g pake anti slip

    bisa gulung tikar penjual karpet kanvas πŸ˜€ tapi tetepp ya kasi info beli anti slipnya dimana

    Reply
  5. riemikan

    Aku suka yang suka berhemat, justru disitu seni dan tantangannya. Mending uangnya dipake makan kan, lho?! Rajin banget yaaa…btw motif kainnya ada macam2 ty? sebenarnya menurutku lapisan anti slipnya ga prlu full tapi dijahit strategis aja, disekliling ujung dan beberapa bar di tengah misalnya. Selain ga boros bahan, hemat uang juga hehehe

    Reply
  6. desweet26

    elaaaaah..ternyata hemat gue mah ga ada apa2nya yak dibanding lo… hihihihihi
    beklah gue juga mau berguru deh ama mamah Etty..biar segala dekorasi rumah mah bikin sendiri ae..lebih hemat… heuheuheu

    Reply
  7. Ryan

    Jadi mamah *jangan dikeplak ya mba manggil ini* tinggal deketan dan kerja deketan juga. Hmmmm.

    Keren itu Mba. Bikin sendiri. Jauh lebih murah ya. Pengen sih karpet. Bbrp kali melipir2 ke ITC and ngiler. Hahaha

    Reply
  8. Retno Lestari

    Halo mba, suka banget liat tulisannya. Btw itu bahan antislipnya dijahit lagi kah ke karpet kanvasnya?

    Btw karpet kanvas di IG itu mahal2 karena digital printingnya memang mahal mba…Aku udah coba bikin diprint digital… 150X100 meternya aja kena 300ribu,,,

    Reply
  9. vivi

    mah sebelumnya salam kenal. gw rasanya mau langsung sembah -sembah deh liat si mamah yg niat banget bikin karpet. ini emang the power of emaks-emaks. bolehlah klo udah jadi, yg disini ikut pesen ya? hihi.. btw mamarai itu emang racun. aku aja ga bisa tidur mikirin karpet chevronnya *terus ditampar bolak balik sama buku rekening

    Reply
  10. novina_

    Mamah Etty kayaknya kita mantengin IG yang sama deh dan saya juga kepengen bikin canvas rug sendiri demi pengiritan :D. Anti slip dipasang disetiap sudut karpet saja dan tambahin kayak garis kejut di jalan raya untuk lebih amannya. Itu belinya bukan di toko suryadi ya? Soalnya koh suryadi punya lebih mahal. Boleh minta nomer wa gak? Siapa tau bisa tuker ide soal home decor πŸ™‚

    Reply
  11. naomitobing

    Baru lihat post-nya. Ya ampun, dirimu sungguh kreatif sekali! *tepuk tangan* Kalau aku mungkin udah menyerah dan nabung ajalah nggak makan di luar demi beli karpet. *pemalas* hihihi.

    Reply
  12. Doris

    Hai mbak…. brosingku pagi ini nyari rug karpet sesuai ukuran membuatku nyasar ke sini. Aku juga nyari rug polos ala2 diy di yutub. Kayaknya harus beli di luar negeri mbak…aku udah beli kanvas dan katun twill yg keras untuk alasnya..tapi masih kurang pas dengan keinginanku pake rug beneran. Makasih loh mbak infonya. Aku harus ke aliexpress kayaknya untuk mengimpornya…mudah2an ada ya. Sekalian ntar siang aku insyaAllah ke tanah abang..mau cari kanvas untuk ruang keluargaku. Secara tema rumahku mau kubuat pantaii dan laut..biar serasa berlibur hihihi..tapi tetep harus buat sendiri pernak perniknya.

    Salam..
    Doris mey

    Reply
  13. rain

    Hallo admin,

    saya Rain perwakilan Digital Agency.Saya merasa tertarik dengan postingan anda. Jadi, saya tertarik untuk memasang sponsored post di blog anda, Jika anda tertarik maka mohon hubungi saya di rainnisa1993@gmail.com, atau boleh saya tau alamat email mba ?

    much thanks πŸ™‚
    rain

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *