Buku Antik

Sebagai orang yang ngaku-ngaku suka baca tapi jarang baca UUD 1945  gw sebenernya udah lama penasaran sama kitab-kitab warisan nenek moyang kita zaman dahulu kala.

Ya kitab-kitab semacam Sutasomanya Mpu Tantular, Negarakretagama nya Mpu Prapanca dan tak lupa buku stensilan karya Anni Arrow.  Karena rasanya lewat buku-buku itu kita bisa ngintip sedikit gambaran kehidupan leluhur kita dulu.

Jujur yaa gw penasaran banget, walopun konon isinya bukan menggambarkan kehidupan masyarakat umum. Sutasoma sendiri ceritanya semacam hikayat seorang putra raja bernama Sutasoma yang melarikan diri karena gak mau dinikahin (see? Siti Nurbaya you’re not alone) karena dia sendiri pengen jadi pertapa gilee hipster bener dah ini pangeran.

Nah kitab Sutasoma ini menceritakan apa yang terjadi sepanjang perjalanan, btw setelah selesai pertapaannya dia pulang dan menikah dan dinobatkan jadi raja.

Agak kurang seru? Ishhhh, kalo ente ngarepnya ada vampir-vampir berbedak tebel atau serigala dan harimau jadi-jadian sih pasti kecewa. Tapi tahukah ente kalo dari kitab inilah semboyan negara kita Republik Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” berasal?

Nah dalam kitab ini emang makna Bhinneka tunggal ikanya sendiri lebih ditekankan pada agama Hindu-Buddha sedangkan untuk semboyan negara kita maknanya diperluas menjadi menghormati segala perbedaan.

Diperkirakan kitab ini ditulis antara tahun 1365 dan 1389, jadiii adek-adek gemes sekalian sejak zaman dahulu kala perbedaan itu sudah ada tapi jangan dijadikan alasan untuk tidak bersatu dong ah.

Berminat baca buku ini?

sutasomaAda kok edisi dengan terjemahan bahasa Indonesia nya (karena versi asli berbahasa Sanksekerta) terbitan Komunitas Bambu. Gak ada salahnya dikoleksi buat bahan bacaan dirumah loh, diselipin disela-sela novel-novel masa kini koleksi bunda-bunda sekalian juga kayaknya lucu loh.

Mamah sendiri udah punya?

Beloooom *kemudian diselepet bunda-bunda blogger*

Huahahahhahahaha tenaang, dalam proses kok (maksudnya tukan buku di Blok M Square lagi nyariin buat mamah).

Mari bunda kita pelihara salah satu warisan budaya peninggalan leluhur kita *benerin keris*

3 gagasan untuk “Buku Antik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *