Cak Budi, Lambe Turah dan Fenomena Kepedulian Sosial ( Media )

Cak Budi dan Lambe Turah

Cak Budi dan Lambe Turah

Kenapa Cak Budi? Siapa Cak Budi?

Sebentar biarkan gue menyapa pembaca blog ini dulu. Halo teman-teman, terutama pengguna aplikasi instagram pada umumnya dan pengikut akun gossip instagram pada khususnya. Sudah baca beberapa berita termutakhir di akun-akun gossip Instagram hari ini?

Nama Cak Budi pasti muncul kan?!

Cak Budi adalah sosok yang selama ini dikenal peduli pada masalah sosial, khususnya kemiskinan. Kiprahnya bisa dilihat di akun instagramnya @cakbudi_. Dua hari terakhir jagad gossip instagram dihebohkan kabar bahwa Cak Budi membeli mobil Fortuner dan sebuah Iphone 7 menggunakan uang donasi yang terkumpul dari masyarakat.

Dia pake uang sumbangan buat beli fortuner dan iphone 7. And i’m like, WHAAAAATTTTT? *muntah duit*

Sudah ada klarifikasi dari Cak Budi sendiri melalui akun Instagram pribadinya. Intinya dia tidak membantah telah menggunakan uang donasi untuk membeli mobil fortuner dan iphone 7. Pemberitaan mengenai hal ini sudah muncul juga di beberapa media berita online, salah satunya Tribun Surabaya.

Cak Budi dan istrinya, mbak Lina. Lewat akun instagram mereka berbagi kepedulian sosial.

Cak Budi dan istrinya, mbak Lina. Lewat akun instagram mereka berbagi kepedulian sosial. Gambar dari Bintang.com

Tapi menurut klarifikasi Cak Budi dia menggunakan mobil fortuner dan iphone tersebut untuk keperluan terkait penyaluran donasi, bukan untuk keperluan pribadi. Mobil jenis fortuner disebutnya memudahkan menjangkau ke daerah pedalaman-pedalaman ketika menyalurkan donasi. Sedangkan iphone diklaim Cak Budi untuk digunakan merekam dan memotret kegiatan penyaluran donasi.

Kalo masalah mobil gue gak mau protes banyak, karena memang mobil jenis itu kayaknya cocok buat menembus pedalaman (kecuali pedalaman hati seorang jomblo). Tapi beli iphone 7 cuma buat merekam dan memotret kegiatan donasi gue rasakan sebagai…. keanehan.

Cak Budi ini fan boy apple apa gimana ya? Banyak loh merek handphone yang bagus untuk memotret dan merekam video dengan harga gak sampai setengahnya iphone 7 Cak πŸ™

Semrawutnya masalah dugaan penggunaan donasi secara pribadi oleh Cak Budi makin ruwet dengan dugaan terlibatnya akun gossip dengan pengikut terbanyak di Instagram yaitu Lambe Turah dalam masalah tersebut.

Apa urusannya akun gossip sama donasi yang terkumpul di Cak Budi?

Ada akun gossip lain yang menghembuskan dugaan keterlibatan Lambe Turah sebagai corong untuk menghalau pemberitaan negatif yang berhembus mengenai si Cak Budi ini. Lambe Turah dituding bekerja sama dengan Cak Budi dengan bayaran tertentu.

Plotnya kayak film-film banget yak? πŸ˜€

Coba kita telaah udah kayak plot film hollywood kan ya, ada sosok yang dipuja dan dikenal karena kebaikannya. Ada media yang bertugas memberitakan kebaikan sang tokoh sehingga kalau ada berita negatif yang muncul bisa diberi label sirik atau dengki akan kesuksesan si tokoh pujaan.

Lepas dari benar atau tidak, karena baik Cak Budi dan admin Lambe Turah kompak membantah hal tersebut. Gue pun selalu berusaha menjunjung asas praduga tak bersalah. Kecuali kalo sudah ada bukti yang kuat tapi gak mau ngaku juga *lirik raffi ahmad*

Satu hal yang gue cermati, kenapa banyak orang menyalurkan donasi lewat orang-orang pribadi atau lembaga non resmi semacam Cak Budi ini padahal banyak lembaga resmi untuk menyalurkan donasi kita?

Peduli aja enggak cukup. Kita harus peduli dengan cara yang benar

Peduli aja enggak cukup. Kita harus peduli dengan cara yang benar. Gambar dari pixabay.

Serius, ada BANYAK BANGET lembaga-lembaga resmi yang bisa kita hubungi untuk menyalurkan donasi kita. Sebut saja Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Akti Cepat Tanggap (ACT), dan banyak lagi yang lainnya.

Kenapa Lembaga-lembaga resmi kesannya kalah menarik? Apa karena lembaga resmi jarang posting foto atau video di instagram dengan caption yang mengocok emosi yang baca?

Menurut gue ada banyak keuntungan beramal lewat lembaga yang resmi, misalnya :

  1. Ada laporan keuangan yang terperinci kemana uang kamu donasikan disalurkan. Buat yang memegang asas ” yang penting nyumbang sisanya gue tutup mata “, well hello there menurut kamu beramal dengan begitu udah optimal? Keterbukaan dalam penyaluran donasi ini penting supaya uang yang terkumpul benar-benar disalurkan kepada mereka yang membutuhkan;
  2. Penyaluran sumbangan bisa lebih merata dibandingkan kalau disalurkan sendiri. Sering kan dengar berita penumpukan sumbangan di daerah tertentu aja? Kalau kita beramal lewat lembaga resmi hal itu bisa dikurangi. Karena lembaga resmi biasanya punya coverage area yang lebih luas untuk penyaluran sumbangan kita;
  3. Menghindarai terjadinya kekacauan dalam penyaluran sumbangan. Paling sedih kalau baca atau lihat berita ” muncul korban jiwa karena berhimpit-himpitan ketika mengantri sumbangan “. Rasanya kayak ngeliat Raissa ngelus-ngelus rambut Hamish Daud di depan mata kita, perih. Melalui lembaga resmi insya Allah hal ini tidak akan terjadi, mereka pasti punya metode yang lebih rapi dalam penyaluran sumbangan dibandingkan orang pribadi;
  4. Berzakat ( atau sumbangan yang wajib menurut agama yah) kalau disalurkan melalui lembaga resmi yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pajak *penting sesekali bawa instansi sendiri* bisa mengurangi pajak yang kamu bayarkan. zakat atau sumbangan keagamaan ini dapat dikurangkan dari penghasilan bruto kamu. Daftar lembaga atau gimana cara ngitungnya tolong hubungi kantor pajak terdekat aja yah πŸ™‚

Orang yang paling miskin adalah mereka yang tidak pernah berbagiΒ  -unkown

Semoga semua kekisruhan yang muncul terkait masalah Cak Budi dan penyaluran donasi segera selesai dengan baik. Semoga semua pihak yang telah dan akan beramal untunk mereka yang kurang beruntung mendapat balasan pahala. Ayo terus peduli, ayo terus beramal tapi diawasi juga penyalurannya.

Kalau kamu punya pengalaman menyalurkan sumbangan atau donasi gak? Ceritain dong di kolom komen.

 

15 gagasan untuk “Cak Budi, Lambe Turah dan Fenomena Kepedulian Sosial ( Media )

    1. Joeyz14

      Lalu ya tyyy ternyata ada kisruh antara admin lambe yg terdahulu dengan yang sekarang. Ampe jual akun puluha juta ya bokkkk. Parahhhh!!! Soalnya banyak iklan and GA kan tuh. Bayaran olshop2 itu kan gede2.

      Harusnya di unfoll massal ajaaa biar pada gigit jari mereka. Kasih berita yang berbobot dikit kek yaaa

      Balas
  1. silvi

    Hayati lelah ngikutin akun macem lambe gitu ty … udh bbrp bln gue unfollow krn merasa lbh bnyk energi negatif yg gue rasain dr akun itu blom lagi gue takut tiba tiba muncul di TL pas anak anak buka IG kan … hiiyyy … laluuu yg cakbudi itu … aku malah gatau ty hahaha tapi apapun itu alasannya kayaknya fortuner dan iphone agak gak msk akal ya … kenapa hrs pake dana donasi nya ?? Kan org sumbangin bukan buat Keperluan support kegiatan donasi ya … hadeeuuhh ada ada aja yaa dunia ini … setuju bgt ty … knp gak lwt yg resmi aja, selama ini aku dan suami selalu lewat yg resmi

    Balas
  2. Woro

    Aku awalnya ga mudeng kenapa mak Lambe merong-merong di salah satu postingan, oh gara gara fortuner sama Iphone 7 toh heeeem menarik nih buat disimak. Uda bosen hamba sama jaer-jaer πŸ˜†

    Balas
  3. Sandra Nova

    Gue malah ngga tau cak budi siapa, dan apa postingan terbaru lambe lambe.. hidupnya flat, tak bergelombang penuh berita seperti cak budi.. #eh
    Tapi setuju ttg menyalurkan donasi pada lembaga resmi yg sewajarnya aja… dukung mamah etty jadi lamtur berikutnya? #eh

    Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Lambe mamah akan segera launching Ceu, di follow yak. Isinya gossip tukang ojek seputaran harmoni πŸ˜‚

      Balas
  4. desi

    Isshh..emberan..gue jd kesel2 gimanaa gitu, LT yg notabene gue percaya dia ga sembarangan posting gosip yg abal2..eeh malah kena isu begindang ama cak budi..

    Unfol kaga yak.. unfol kaga yak..#lelaaaaahhhayatiiiii

    Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Makanya kaaan kaaan kaaan, gue juga heran banget loh Li. Kecuali kalo pilihan lembaga resminya sedikit yah. Yang resmi banyak kok milihnya perorangan cuma karena dese pendekatannya via sosmed. Kzl bgt.

      Balas
  5. nisadanchicco

    tapi kadang yang lewat cak budi ini respon buat orang2 lain kasih donasi cepet gitu gak si..or misalkan si lambe turah posting tentang si kakek A , B or siapapun yang butuh trus langsung deh yang lain bergerak ..

    tapi dulu2 suka mikir juga si cak budi ini beneran gak si klo misalakn orang2 pada nyumbang dananya disalurin ke yang membutuhkan gak atau ada dana2 masuk kantong dikit hehehe

    apalagi pas yang dia beli iphone 7??? pliss deh klo cuma ambil foto or rekam iphone 5 or 4 even hp jadul lain bisa ;p

    Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Iya kalau bisa dari yang deket-deket dulu ya mbak. Gue sedih loh karena kejadian kayak cak Budi ini takutnya bikin orang-orang antipati sama kegiatan donasi πŸ™

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *