Category Archives: belanja

101 Tanah Abang

Kapan Timing Terburuk Belanja Lebaran di Pasar Tanah Abang?

H-14 sampe H-5, PERIOD.

Ini udah berdasarkan riset mendalam selama 7 kali puasa 7 kali lebaran loh ya *kalah dah bang toyib ajamah*

Dan jangan remehkan pemilihan waktu belanja, kalo mau bawa anak ,yang mana gak pernah gw sarankan, saat terbaik tentunya pagi hari saat si anak dan emak-bapaknya dalam kondisi prima.

Apa sih yang harus dibeli di Pasar Tanah Abang?

Tentunya baju muslim, karena walaupun udah ada Thamrin City sebagai pesaing utama Pasar Tanah Abang tetap unggul dalam hal keberagaman.

Keberagaman amat sih mamaah bahasanya??

Ya emang itu kata yang tepat, dari harga termurah sampe mahal ada yang jual disini. Yang jarang adalah yang super mahal, misalnya ente mau nyari baju muslim yang 1 jutaan keatas maka jangan pergi ke Pasar Tanah Abang mendingan ente ke Thamrin City karena disana ada butik-butik yang jual baju muslim eksklusif.

Keunggulan dari tempat lain apasih?

  • Disini model baju cepet banget berganti, jadi cocok kalo buat orang yang belanja buat jualan.
  • Harga grosirnya asli murah dah, tapi ya emang harus grosir mameen, jangan ngarep dapet harga grosir padahal lu belinya sebijik *yakeleus*
  • Nyari baju apa aja ada kayaknya dan harganya boleh dibilang bersaing banget dibanding tempat laen, kecuali urusan tas-tas dan aksesoris yang masih kalah dari Pasar Asemka.

Kalo Kekurangannya apaan mah?

  • Gak ada tempat permainan anak, jadi silakan hibur anak ente sebisanya kalo lagi ngambek 😀
  • Ini bukan mall, jadi penataan displaynya awut-awutan gak pake seni sama sekali.

Naek apa kesananya?

Plis atuhlah hari gini masa iya masih bingung mau naek apaan? Secara ojek online dan ojek mobil online bertaburan. Commuter line juga tersedia loh, silakan pilih mau yang dari Stasiun Karet atau Stasiun Tanah Abang sesuaikan sama jurusan masing-masing lah.

Hobi naek angkot? adaaa banyaak.

Sekian dulu edisi per-tanah abang-an kali ini.

Selamat belanja

Thamrin City (Season 2)

Berhubung banyak sekali yang nyasar kemari dengan kata kunci thamrin city, jadi marilah kita bahas thamrin city lagi. Sebenernya gw nih sering banget ke thamcit inih, seringnya nemenin temen ke sana. Secara deket ya dari kantor, naek angkot cuma bayar 2000 dan gak sampe 5 menit (kecuali ada kereta lewat).

Pasti sering banget denger atau baca di blog ibu-ibu hijaber gaul di mana-mana mengenai si thamcit inih. Nah mari kita kupas lagi si thamcit ini dari dalam dan lebih dekat lagi..

  • Toko Ayang (D1 blok F16)

Sebenernya sebelum ditulis dan di review sama para seleb blog gw udah pernah kesini tapi gak ngeh kalo namanya toko Ayang. Setelah baca dan gw cari, kembalilah gw ke toko Ayang ini. Ternyata harganya sama aja tuh sama sebagian besar toko-toko lain di Thamcit sini. Misalnya cotton shawl polos alias selendang katun harganya @30 ribu, beli min. 5 jadi @25 ribu. Inner ninja kalo satuan 20 ribu, beli min.5 jadi @17.500. Standar lah harga segitu mah. Gak murah-murah banget.

Emang enaknya belanja di toko Ayang ini koleksinya cepet banget ganti, mungkin karena laris banget ya jadi cepet deh ganti koleksi. Kan ada juga toko yang koleksinya itu-ituu aja. Padahal kita sebagai konsumen haus akan koleksi baru *tsahhhh*

Tapi sejauh ini, inner ninja toko ayang ini awet sekali dan enak dipake. Gw beli 3 biji udah mau setaun masi bagus tuh. Selain inner, cotton shawl ada juga glitter shawl disini. Cuma gw agak lupita harganya berapa.

Nah itulah sekilas mengenai toko ayang, sejauh ini sih gw puas-puas aja belanja disini. Recommended? yes for sure. Asal gak capek nyari nya aja, ini tokonya kecil nyempil gitu soalnya.

Kalo gak ketemu atau pusing nyarinya, saran gw sih coba toko lain aja. Sebenernya sama-sama aja kok. Gak mesti harus wajib ke toko ayang ini. Secara thamcit ini kalo ada yang lagi trendy pasti sepasar jualan itu semua. Jadi gak ada yang koleksi eksklusif punya toko tertentu tuh.

  • Pusat Batik Nusantara

Nah sebenernya selain pusat baju muslim yang sering dibahas di dunia maya, di thamcit ini juga ada pusat batik nusantara. Disini ada batik dari semua daerah dan segala kualitas. Mulai dari yang ,murmer puluh ribuan sampe jut-jutan ada. Dari katun print sampe sutera ATBM.

Pengalaman gw sih berkali-kali beli batik disini gak pernah kecewa. Soal harga juga masih bisa ditawar dikit lah. Bagusnya sih tawar dulu di 1-2 toko biar tau harga pasarannya. Dan perputaran model batik disini cepet banget,dan lagi-lagi apa yang lagi trend langsung deh sepasar jualan itu semua 😀

Kayak sekarang yang trendy si batik garutan makanya banyak banget yang jualan itu. Pasarannya sih kalo bahan batik garutan yang print itu sekitar 50 ribu/pc ukuran1,1m x 2m. Kalo harga atasan / kemeja batiknya variatif tergantung model.

Tapi buat toko-toko yang udah mapan dan punya ciri sendiri, udah pasti gak ikutan trend. Misalnya toko batik tulis madura, atau batik encim (china).Ini maksudnya batik yang motifnya China/ peranakan yak, bukan batik mureh-meriah impor dari China ituh.

Nah ngomongin si batik encim ini, sebenernya udah lamaa banget gw naksir tapi gak beli-beli. Soalnya harganya lumayan sih ya (buat gw yang hemat ini) kisaran 300 ribu keatas gitu lah. Padahal sesuai namanya si batik china ini motifnya oriental *yaiyalah* dan warnanya cerah-cerah gitu. Modelnya juga lucu-lucu. Menunggu momen spesial deh, nanti gw beli buat hadiah ulang tahun sendiri *kesian amat ini yak*

  • Makan dimana ?

Di thmacit ini sebenernya ada foodcourtnya. Lokasinya di lantai 2, lumayan banyak kok gerai makanannya. Favorit gw disini tuh es campur atau es teler yang jualannya disamping  mie yamin. Padahal si mie yamin ini juga jualan es teler tapii kalah jauh ah enaknya sama yang sebelah.

Kalo mau lebih praktis lagi, di antara pusat batik sama pusat baju muslim itu ada bakso atom. Standar lah ya rasanya si bakso atom ini. Tapi beneran praktis buat yang masih mau balik belanja, karena gak perlu naik dulu kelantai atas buat makan.

Kalo mau lebih enak dan lebih variatif lagi ke cosmo terrace nya thamcit aja, disitu ada tekko sama d’cost sama banyak tempat makan lain yang lebih oke dibanding foodcourtnya. Atau kalo super niat mah sekalian aja geser ke Grand Indonesia, cuma sejepretan tali kolor sahaja.

  • Pernah Beli apa aja?

Banyaaaaaakkk.

Hehehehehe, namanya juga buibu pasti banyak aja belanjaannya. Disini selain jilbab/hijab/shawl biasanya gw nyari kaos buat main, jegging juga pernah beli. Rok jeans juga, apalagi sekarang banyak yang jualan jeans yang lucu-lucu kayak model harem pants gitu.

Gamis kaos, gamis katun dann kaftan syahrince gak pake bling-bling tapinya. Menurut gw sih lumayan murah, apalagi kalo ngebandingin nya sama harga di PGC (Pasar Grosir Cililitan) atau Tamini Square. Hehehehe ketauan deh gw maennya mol abal-abal semuah.

Yang penting gaya dan hemat ah, namanya juga istri soleha *benerin jilbab*

Kalo bisa murah aku suka murah, hidup murah!!!

 

Me & Itc Kuningan

Benci tapi rindu, ini kayaknya pas buat menggambarkan hubungan gw sama itc/mal yang satu ini. Kenalan sejak bertahun-tahun yang lalu, waktu gw masih berstatus pegawai labil (maklum baru 20 taun) sampe sekarang itc ini selalu sukses bikin gw seneng karena dapet barang bagus dan sedih karena duit cepet abis.

Kalo dulu belanjaannya kebanyakan kostum buat kerja aja sekarang ditambah sama perintilan kebutuhan neng Shira juga dong.

Toko Favorit gw di Itc Kuningan tuh antara lain :

  • Toko Ocha (ITC Kuningan Lt.1 Blok B4/5-6 Ph : +6221-57934604)

Biarpun mbak-mbaknya kadang jutek dan bikin males tapi toko yang satu ini termasuk yang paling oke harganya. Apalagi kalo kita mau beli barang yang gede dan harganya lumajan misalnya stroller atau box bayi. Paling top lah disini. Kuncinya cuma satu : s a b a r. Harga disini gak bisa turun banyak ya, malah ada beberapa item yang udah fix harganya. Dan kalo engkonya udah bilang gak bisa, gak perlu repot-repot ditawar lagi karena pasti gagal. Hehehehe.

Oia updet terakhir : waktu gw kesana diana banyak jual piyama gap sekarang, made in china sih tapi lebih murah daripada belanja online loh harganya. Cuma 50rebu!!

Ps: perhatiin label harga di toko ocha , kalo dibelakangnya ada huruf c nya berarti harganya masih bisa turun 5rebu loh. Mayan buat beli es teh.

  • Toko Jungle ( Lt. 4 Blok B10/3 Jakarta Selatan 021-57935341)

Nah kalo males ketemu muka butek mba-mba toko ocha disini tempat yang pas, di toko Jungle ini mba-mba nya lebih baik dan berbudi pekerti deh. Harganya beti lah sama toko Ocha. Toko ini emang pesaing berat toko ocha menurut gw.

  • Toko Hosc (It.2 Blok C9 no.8/9)

Nah kalo ini toko favorit gw buat urusan celana kerja, entah kenapa gw tuh cocok banget sama bahan dan cuttingnya celana dari toko ini. Bahkan ya IMHO celana dari the executive kalah deh enaknya. Walopun ukurannya kadang gak lengkap atau gak ada yang gede T_T tapi tetep gw suka. Kalo baju ? baju disini setipe sama Woman @work ya, ngepas badan dan ukurannya kecil-kecil jadi gak cocok buat jilbaber semok macam gw ini.

  • Toko Elisabeth (Ini gw lupa alamatnya)

Toko ini menjual kemeja, blazer dan celana sesuai nama tokonya. Sebenernya Hosc juga sama sih, tapi menurut gw toko ini ukuran bajunya lebih masuk diakal gw. Dan modelnya gak melulu kemeja pendek, model kemeja yang diana tawarin lebih beragam baik warna dan potongan. Oia baju dan celana merek elisabeth ini gak cuma dijual ditoko Elisabeth tapi banyak juga ditoko lain di Itc Kuningan sama Ambasador.

  • Arnessio (yang ini letaknya di lantai dasar Blok B2 no.3)

Dulu sebelum tau tokonya yang di tanah abang gw lumayan sering belenji dimari tapi setelah liat tokonya yang ditanah abang gw pindah haluan, lebih murah yang ditanah abang sih. Siyalll.

  • Obie (Lantai Dasar Blok E2 no.8/9)

Disini juga ukuran bajunya lebih ramah, sebenernya yang ukurannya bajunya paling gak ramah tuh Woman@Work sumpe itu kuecill tenan. Huhuhu jadi curcol deh.

Sebenernya dilantai dasar ini banyak banget toko baju kerja yang sering gw sambangi, misalanya w.lo , Audie yah setipe lah baju yang dijual cuma mereknya aja yang beda.

  • Monunik (Lt.Dasar Blok C3 no.6/7)

Disini jualnya baju-baju pergi gitu, kayaknya impor dari thailand ya *sotoy* kurang ngerti sih gw. Tapi lumayan unik dan lucu-lucu cuman harganya aja yang gak lucu. Maklum mak irit gak bisa liat baju harganya mahal dikit langsung menjerit.

Sebenernya ada satu toko lucu lagi aduuh gw lupa namanya, tapi dia jual baju ibu-anak kembaran gitu keren-keren deh. Lokasinya di lantai 1 kalo gak salah. Sayangnya ukuran baju anaknya ukuran 5 tahun keatas jadi masih jauuuh buat si neng. Untung juga sih gw gak jadi bobol dompet, untuk sementara aman.

Sekarang ini sih yang lagi tren kayaknya toko aksesoris buat anak cewek ya, ada beberapa toko yang baru buka khusus jualan itu aja. Aksesorisnya lucu-lucu dan harganya lumayan lah gak murah gak mahal juga. Yang gw inget si Nayara tapi lupa letak persisnya soalnya kartu namanya gak ketemu nih.

Nah itu juga salah satu tips belanja : minta kartu nama toko , jadi kalo lain kali balik lagi gak perlu muter-muter.

Kuliner

Kalo untuk makan gw lebih suka di Mal Ambasador daripada Itc Kuningan karena foodcourt di Ambas tuh lebih nyaman dan lebih variatif makanannya IMHO yaa.

Ada satu kedai *ciyee kedai* hahaha gw gak tau nyebutnya gimana, pokoknya semacam warung yang jual tom yum gitu namanya Papa Tom Yum lokasinya di foodcourt jembatan 2 Ambas. Harganya sekitar 20 rebuan dan rasanya enyakk.

Selain itu menurut gw yang enak adalah makanan manado nya, dan banyakk banget ya tempat jualan makanan manado ini di Ambas dan Itc Kuningan. Soal rasa menurut gw beti aja masalah kehalalan pun relatif gak masalah karena yang halal pasti majang label halalnya begitu juga yang non halal.

Oia gw juga sering beli semacam es campur itu dilantai dasar Ambas di toko chowking. Selain itu kayaknya kebanyakan ya kalo disebutin satu-satu soalnya banyaak banget jajanan di mal ini. Cocok deh buat banci cemilan kayak gw.

Untuk sekarang kayaknya cukup segini dulu, ntar siang sepulang dari sana gw updet lagi lah. Biasa istirahat jumatan pasti ke Ambas 🙂

candu belanja online

yupp belanja online itu candu, sekali coba lu pasti ketagihan.

Gimana gak ketagihan, kita tinggal klik dan scroll pilah pilih transfer (setelah nego-nego minta turun harga tentunya 😛 ) besok atau maksimal lusa barangnya udah sampe. Praktis  gak pake macet-macet dijalan atau dicuekin SPG (sumpe gw gedek bgt kalo dicuekin SPG dimall) bisa sambil kerja pula, surga deh.

Walopun pernah juga sih kuciwa berat karena pas nyampe barangnya beda jauuh sama difoto. Tapi gw gak kapok, abisnya koleksinya lucu-lucu dan gak pasaran kayak dimall plus untuk barang tertentu kadang bisa dapet harga setengahnya dari harga resmi counternya. Gak mau tau juga sih apa itu produk “tembakan” atau gak lolos QC, tak peduli selama murah dan kualitasnya oke.

Sejauh ini gw belom banyak referensi belanja online, karena gw tipe yang kalo udah cocok males pindah-pindah.

Untuk belanja baju anak gw udah coba di:

1.http://sucirosary.multiply.com

harga bersaing lah plus responnya cepet baik melalui sms atau comment/pm kan males yaa kalo mau belanja tapi yg punya toko lama jawabnya kalo kita nanya-nanya. Oia barang pesanan gw juga cepet bgt sampenya, pesen sekarang eh besok udah nyampe. Cinta Deh.

2.http://littlequeenbeeshop.multiply.com

Koleksi baju import nya lumayan banyak dan gak pelit diskon. Nyampenya juga cepet nih.

3.http://adekmungil.multiply.com

Koleksinya banyaaak dan enaknya dia punya toko offline juga dicibubur dan deket sama rumah gw. Jadinya yaa gw lebih milih dateng ke tokonya langsung deh 😛 di internet cukup bagian milih aja.

Untuk make-up dan beauty thingy

1. http://riebutik.multiply.com

Pilihan yang banyak dan ngadain PO untuk merek-merek tertentu tiap bulan. Sejauh ini harganya termasuk yang paling bersaing. Dan responnya lumayan cepet walopun kita sekedar tanya-tanya.

2. www.chic-princessa.com

sistemnya member jadi kita daftar dulu gitu, pilihan nya juga banyak gak sekedar make-up tapi perawatan muka dan yg gw suka dia jual sample-sample gitu. kan mayan kita bisa beli samplenya dulu sebelum beli ukuran penuhnya, jaga-jaga gak cucok sama kulit.

Buat baju-baju 2nd :

1.http://msdirk.multiply.com

koleksinya di updet tiap minggu nih. canggih. belom pernah beli sih, belom ada yg cocok dihati. Tapi keliatannya responnya cepet juga. Bole lah buat referensi kalo kapan-kapan ada yg cucok beli deh.

Gw blom pernah beli sepatu atau sendal di toko online soalnya kaki gw nih rada kampung gitu, jadi harus dicoba dulu baru berani beli sepatu or sendal.

Tas? maaf, gak seperti banyak wanita didunia, gw gak tergila-gila sama tas. Gak peduli itu coach atau kate spade bahkan vuitton dan hermes. Buat gw tas itu sekedar penampung barang bawaan (siap-siap dibakar massa).  Jadi gak tertarik lah sama PO-PO tas bermerek atau yang nawarin KW super (apa pula itu?).

kayaknya belom banyak yaa referensi gw, ntar kalo ada tambahan referensi pasti gw updet lah disini (serasa adayg baca:P )

Updet:

Kalo buat aksesoris anak cewe gw senengg banget makein si neng bando bunga atau bando pita ukuran jumbo alias guede, nah TJ BOWS (coba diliat difezbuk pake nama itu) yang koleksinya banyaaak dan harganya bersahabat, ownernya pun cepet responnya.

Atau Lila ribbons ini juga mayan banyak koleksinya dan yang gw suka kalo pembelian diatas Rp.90 ribu dia free ongkir #mak irit

Belanja di Thamrin City

Kemaren gw & desy  temen kantor gw  menjelajahi Thamrin City yang dulu namanya JaCC. Huufft salah banget deh gw ngantor disini deketnya ke tempat belanja, coba deketnya ke tempat ibadah (trus jadi rajin??)

Langsung gw simpulkan, secara tempat lebih enak daripada Blok A. Di Thamrin City AC nya duingin dan gak crowded kayak di Blok A. Barang-barangnya? Lebih banyak batik-batikan kayaknya, lengkap kap kap kap dan konon ini adalah langsung pengrajin dari daerah loh.

Selain Perbatikan baju muslim pria dan wanita juga lengkap, kerudung dan  sarung serta mukena. Pokoknya persiapan buat Ramadhan dan Lebaran lengkap banget.

Apa aja yang berhasil gw beli??

Kerudung paris 5 biji Rp.45.000,00 jadi satuannya cuma 9000 perak sodara-sodara. Malah kalo beli sepuluh harganya jadi Rp.85.000,00 alias cuma 8500 sepotong. Murceee. Oia ini berlaku buat kerudung paris polos dan gradasi.

Baju koko lengan pendek bahan katun paris Rp.80.000,00 kalo mau lebih murah harus ambil 3 biji dan harganya jadi Rp.75.000,00 . Padahal minggu kemaren gw nanya di ITC Cempaka Mas gak kurang dari Rp.100.000,00. Trus Sarung merek Gajah Duduk apalah gitu harganya Rp.45.000,00. Pas di rumah gw tanya emak gw katanya harga segitu murce juga, maklum gw jarang beli sarung 😛 jadi kurang paham harga.

Apa lagi? itu aja sih, karena gw mau ngenalin medan dulu lah. Sejauh ini gw puas belanja di sini, lebih leluasa daripada Blok A karena lebih sepi. Food courtnya malah sepi bgt, sampe di gelar semacam karoke gitu di tengah-tengahnya supaya rame.

Dari hasil pengamatan singkat gw ( yeahh 2 jam itu singkat kalo untuk belanja) disini tempat yang pas untuk belanja batik, baju muslim dan segala perlengkapannya. Selain itu agak kurang okeh barangnya, baju-baju anak gak ada yang branded tapi harganya miring macam di ITC Kuningan-Ambassador itu, padahal di Blok A aja ada. Sepatu dan tas apalagi, paling cuma 1 atau 2 toko yang barangnya bagus sisanya ngenesin.

Oia disini ada juga toko-toko Abaya yang keren-keren koleksinya mirip-mirip dikitlah sama Irna Laperle tapi versi KW di lantai dasar gitu lokasinya , gw cuma liat dari luar aja sih gak mendekat secara gw gak pernah pake abaya atau gamis.

Tapi bolehlah Thamrin City ini dikunjungi lagi, apalagi mau bulan puasa gini. Lagian Thamrin City cuma sepelemparan batu dari kantor gw ( asal yang ngelempar batunya samson) .  Mari belanja lagi kapan-kapan :))

P.S kemaren pas makan di food court gw sempet ngeliat Anthie Bubunnya Olel, tp tak berani negor euy takut SKSD ahh 😛

antara Pasar Tanah Abang dan ITC kuningan

jiahh berasa judul sinetron murahan yak?! Hihihi.

Karena letak kantor gw yang agak kurang ajar di Pejompongan, ostosmastis deket sama Pasar Tanah Abang nan tersohor itu. Pasar yang konon terbesar se-Asia tenggara(kalo ndak salah).  Gw yang tadinya jiper akhirnya tertantang juga belanja di sono.

Awalnya tentulah minta petunjuk senior nyang konon lebih khatam Tanah Abang, di ajaklah gw muter-muter blok A. Kesan gw? bujut dah, gedee bgt bow rame pula. Isinya lengkap kap kap, dan harganya walopun gw belinya eceran alias gak grosir masi lebi murah daripada pasar-pasar yg lain.

Gw beli kebaya encim bahan sifon yang di bordir harganya cuma 165rb, padahal di butik daerah Cipayung harganya 250rb. Baju anak? Walopun gw awalnya under estimate bgt karena terbiasa beli baju anak di itc kuningan yg kayaknya udah yahud berats, ternyata di blok A ada juga loh baju-baju anak kayak di itc kuningan dan lebih murah.

Emang sih di bandingin Itc kuningan displaynya kalah menarik, tapi kalo kita sabar nyari (karena posisi tokonya yg nyempil-nyempil) ada banyak juga loh koleksinya. Kemaren gw beli dress buat si neng, pernah nanya di toko Baby&co itc kuningan harganya 75rb di blok A cuman 45rb aja. Trus beli dress bahan corduroy tipis merek  “Next” harganya cuma 65rb udah termasuk kaus daleman tangan panjang pula.Trus celana pendek merek “Cherokee” satuannya 35rb kalo beli 3 jadi 75rb. Ahhh murce merce murce.

Emang sih koleksinya tak selengkap itc kuningan, tapi harganya itu loh bikin gw terharu. Walopun yaa kalo masalah kenyamanan mah mendingan itc kun kemana-mana dah. Soalnya ya di blok A ini banyak toko yg enggak jual eceran, trus karena gedenya yg naujubilah sering bikin puyeng kalo pertama ke sini.

Dan karena di blok A ini gw masih tahap penjajakan jadi blom punya toko langganan, masih trial adn error, beda sama di itc kuningan dimana medannya udah gw kuasai. Tapi hidup kan perjuangan sodara-sodara, jadi mari kita berjuang nyari harga yg lebih murah dan kualitas yg lebih baik.

MERDEKA!!!