Arsip Kategori: Home Sweet Home

Kata Orang

 

Bikin rumah itu bikin stress?

 

Ternyata…. Bener bangets.

 

Belom ada separo jalan dan gw hampir termehek-mehek liat jumlah duit yang keluar. Buat ini-itu entah bahan bangunan, ijin bangunan sampe bayar tukang.

 

Buat Gambaran aja yaa, sejauh ini gw udah beli besi 200 batang yang harganya antara 40.000 – 80.000/ batang tergantung ukuran trus semen merek tigar*da 200 sak yang harganya 55.000/sak.

 

Yang paling bikin gw kaget adalah harga kayu, gile bener dah ternyata jutaan toh gw pikir murah secara indonesia masi banyak hutan (ampuni pikiran bodoh hamba ya Allah) Dan ini belom separo jalan *narik napas dalam-dalam* jadi buat temen-temen yang mau bikin rumah trus pengen nabung bahan bangunan saran gw adalah : beli besi sama kayu.

 

Dan kenapa pula bikin IMB itu berbelitbelit prosedurnya yaa? Rasanya kayak orde baru banget deh.

 

Trus ongkos tukang juga gak murah, sehari upahnya 70.ooo trus keneknya 50.000 sehari. Kalo pake tukang 5 orang dan kenek 5 orang silakan di itung sendiri deh gw pingsan aja sebentar.

 

Apa gw dan hubby punya banyak duit? enggak. Apalagi ayam gw gak bertelur emas, jadi gak ada harapan tiba-tiba gw tajir melintir.

 

Trus kenapa bangun rumah? Yaaah mumpung anak masih kecil dan baru satu, jadi menurut gw mending babak belur sekarang aja deh daripada nanti-nanti pas anak-anak udah pada sekolah. Tau sendiri kan biaya sekolah mihil.

 

Trus duitnya darimana dong? Minjemlah sama bank, hihihi bener-bener manusia mental kreditan nih gw. Yaah minjem istilah senior gw dikantor “anggap aja nabung ty, tapi ambil dimuka biar gak berasa diporotin sama bank tiap bulan bayar cicilan”.

 

Dan gw baru tau kalo ternyata waktu kita ngajuin pinjeman itu bank bakal ngeliat semua track record keuangan kita. Mulai dari kartu kredit (ini gw gak punya), KPR, sampe pinjeman-pinjeman lainnya. Untungnya gw gak ada masalah disini, jadi Alhamdulillah lolos.

 

Gimana pengaturan keuangan setelah ini? Yaah gw blom tau, bego bener dah gw masalah ini. Prinsipnya sih sambil berjalan kita liat pos-pos apa yang harus dihilangkan atau kalo gak mungkin ya minimal dikecilkan.

 

Pos-pos yang gak mungkin dikecilkan apalagi dihilangkan antara lain :

  • KPR rumah cibubur, duuh ini masih 7 taun lagi lunasnya ::sigh::
  • Tabungan rencana
  • Reksadana saham, yaelah ty cuman 100rebu gitu loh masa mau dikecilin lagi?!
  • Reksadana Pendapatan tetap
  • Asuransi, eh yang ini kan bayarnya 6 bulan sekali jadi bisa bayar pake bonus tahunan (kalo bonusnya ada, yaah minimal pake gaji 13 lah)
  • Gaji asisten si mamah (berhubung gw masi numpang jadi asisten si mamah  gw yg bayarin)

 

Kalo diliat-liat banyak juga yang gak bisa dikutak-kutik, kayaknya yang memungkinkan buat dikurangin cuma biaya yang berhubungan sama makan atau gaya hidup. Jadi bye-bye belanja online, sayonara ngopi gaul *sambil ngelap aer mata*

 

Tapiiii hidup gak mesti merana cuman gara-gara hepeng berkurang toh, jadi selamat datang gaya hidup medit hemat. Mulai sekarang kayaknya gw mau bawa bekel ke kantor deh, atau jualan apa gitu buat nambah-nambah penghasilan atau paling nekat manfaatin anak gw yang imut-imut buat ngamen, hehehehe gak deng bisa dibacok bapaknya ntar.

 

Kalo ada yang kebetulan baca, saya sekeluarga minta do’anya yaa supaya lancar proyek rumah ini. Sumpah do’anya pasti berharga banget deh buat saya.