Arsip Kategori: Uncategorized

Ayo Kita Kenali 5 Potensi Ini Supaya Anak Berprestasi

Assalamualaikum,

 

Apa kabar buibu se-Indonesia? Siapa yang lagi pusing bayar tagihan silakan ngacung?!

Tapi sepusing-pusingnya bayar tagihan gak mungkin ngalahin pusingnya ngedidik anak-anak kan?!? Apalagi zaman sekarang, tantangan mendidik anak semakin berat. Pengennya sih ya, anak-anak kita gak ada kendala dalam pengasuhan, gak ada kendala dalam pendidikan, gak ada kendala dalam kehidupan.

Ngarepnya sih jadi orang tua tinggal ongkang-ongkang kaki di rumah tau-tau anak mereka gede jadi orang sukses.

Tapi kan itu haluuuu *digampar buibu netizen*

Apa sih kriteria sukses mendidik anak buat buibu semua?

Kalo buat gue pribadi, gue akan menganggap diri gue sendiri sukses ngedidik anak kalau mereka bisa mengembangkan bakat dan potensinya secara maksimal.

Gak harus jadi dokter atau astronot, kalau bakat dan potensinya ternyata di bidang seni atau musik ya silakan maksimalkan.

Semua anak lahir dengan potensi dan bakatnya sendiri yang semuanya unik dan spesial. Gak bisa disamaratakan, jangan karena anak tetangga sebelah jago matematika terus anak kita dicambuk supaya bisa saingan.

Nah tanggal 18 April lalu, bertempat di Kaffeine Cafe Jakarta dalam acara Media dan Blogger Gathering dengan tema “Dukung Potensi Prestasi Generasi Maju Indonesia.”  Di acara tersebut, hadir Mba Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., dan Dr. Capri Anjaya, SPd. M. Hum sebagai Narasumber yang membahas tentang  Cara Menggali Potensi dan Prestasi Anak Generasi Maju. Selain itu, hadir juga Zee Zee Shahab, Selebriti dengan 1 orang anak yang mendukung positif acara ini.

 

Tenyata dengan mengenali potensi anak lalu menstimulasinya secara maksimal, bisa  mewujudkan Generasi Anak Maju yang sarat prestasi di Indonesia ini.

Apa aja sih 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju ini?

1.Potensi Tumbuh Tinggi dan Kuat

Mau gak mau potensi fisik itu menjadi fondasi, anak harus sehat supaya bisa tumbuh tinggi dan kuat. Caranya gimana? Walaupun kesannya klise dan sering banget disebut dimana-mana tapi ya memang balik lagi, nutrisi buat anak harus cukup. Anak yang kekurangan nutrisi apalagi di masa pertumbuhan gak bisa tumbuh secara maksimal.

Makanya buibu yang anaknya lagi GTM (Gerakan Tutup Mulut) atau yang anaknya picky eater alias pemilih makanan, yuk mari kita berjuang bersama *kepalkan tangan ke udara*

2. Potensi Percaya Diri

Nah ini sering disalah artikan sama banyak orang tua kata Mbak Nina, anak yang percaya diri itu bukan selalu anak yang beranisenang tampil. Apa sih percaya diri itu?

Percaya diri itu yakin pada kemampuan diri sendiri

Jadi kalo sebenernya gak yakin-yakin amat sama kemampuan diri sendiri tapi seneng tampil ya itungannya bukan percaya diri ya, itu mah kayak gue, haus panggung LOL

Berani tampil karena yakin sama kemampuan diri sendiri, itu baru namanya percaya diri.

3. Potensi Cerdas dan Kreatif

Inget yaa anak yang cerdas itu bukan selalu yang paling mentereng nilai-nilai akademisnya, bukan berarti yang paling cepet bisa baca atau paling cepet bisa lari. Anak yang cerdas menurut mbak Nina adalah anak yang cepat tanggap dan mengerti.

Sedangkan anak kreatif itu adalah anak yang punya banyak ide buat menghadapi dan memecahkan masalah.

Jadi cerdas dan kreatif itu kek mananya?

Ketika anak cepat tanggap dan mampu memecahkan masalah yang dia hadapi.

4. Potensi Mandiri

Ketika anak, sesuai tahapan tumbuh kembangnya mampu melakukan sesuatu dan menyelesaikannya sendiri. Misalnya anak mampu makan, minum dan berpakaian sendiri.

Menstimulasi anak supaya tumbuh mandiri bukan berarti menjadikan anak anti meminta bantuan, tapi membiarkan anak menyelesaikan apa yang sudah dia mulai. Jangan gatelan lah, ngajarin anak beresin mainan sendiri tapi leletnya minta ampun terus buru-buru digantiin.

Ya gimana anak mau tumbuh mandiri atuh ya *ngomong sama kaca*

5. Potensi Supel

Pengen anak supel? Sama dong kita.

Yuk kita ajarin anak-anak kita bersosialisasi yang baik. Caranya ajarkan anak sopan santun, ajarkan dia berbagi tentunya sesuai tahapan umurnya ya buibu. Kodratnya manusia kan emang mahluk sosial kan ya.

Jaga jarak ketika nemenin anak main di play ground, biar anak PD tapi hati orang tua tetap tenang karena anak masih dalam jangkauan mata.

 

Nah udah tau 5 potensi anak, terus gimana menstimulasinya?

Supaya anak sehat dan kuat ya jelas harus cukup nutrisi. Period. Gak bisa ditawar-tawar itumah. Ajarkan anak untuk aktif bergerak dan berolahraga, ingat yaa men sana in corporesano.

Pengen anak percaya diri, buat anak yakin dengan kemampuannya. Jangan serta merta dikritik kalau anak melakukan kesalahan. Ajakin anak ikut lomba juga boleh nih supaya jiwa kompetisinya sekalian diasah.

Tapi yang terutama: ajarkan anak menerima kegagalan.

Ikutan lomba terus gak menang? Ya harus bisa diterima dan yang penting ajarin anak jangan nyerah buat nyoba lagi dikemudian hari. Berapa orang yang justru gak mau mencoba lagi karena pernah gagal? Padahal yang namanya kesuksesan kan gak ada yang instan.

Mie instan aja harus diseduh dulu baru bisa dimakan. Apalagi perjuangan hidup yekaan.

Kunci stimulasi yang baik itu: bertahap. Secara kontinyu sesuai tahapan umur anak kita tentunya. Dan jangan suka membanding-bandingkan, inget buuk mendidik anak ini bukan lomba tingkat kelurahan atau kecamatan jadi gak perlu saingan sama tetangga atau sodara lah.

Faktor Lingkungan dan peranan orang tua juga memegang kunci nih. Saking pentingnya sampai Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum selaku Pemerhati Pendidikan Usia Dini bilang bahwa salah satu kunci kemajuan Indonesia mendatang tergantung pada bagaimana kualitas anak-anak saat ini.

Sahabat yang selalu setia

Apa rasanya kalau kita punya sahabat setia yang nemenin kita mengembangkan potensi anak supaya terus berprestasi?

Seneng dong yaa. Apalagi kalau sahabatnya kayak SGM Eksplor yang setia membantu orang tua melengkapi nutrisi anak  dan telah hadir lebih dari 60 Tahun menemani tumbuh kembang anak Indonesia.

Marketing Manager SGM Eksplorasi, Astrid Prasetyo “Sejalan dengan visi SGM Eksplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya” .

SGM eksplor sekarang ada kemasan kotak siap minumnya looh. Dengan 2 varian rasa: strawberry dan coklat, SGM eksplor siap minum ini membawa semua kebaikan dari susu bubuk SGM eksplor yang udah jelas lah rasa dan kandungan nutrisinya. Psstt… udah bisa dibeli nih di minimarket dan supermarket andalan buibu semua.

Mba Astrid juga bilang, “Dukungan yang selama ini telah diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar. Dapat dilihat melalui kegiatan Mini Mobil dan Aktivitas Digital.” Di tahun 2018, aktivitas Mini Mobil akan berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan akan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan yang edukatif.

Sebagai wujud nyata komitmen SGM Eksplor di bidang pendidikan, di tahun 2018 ini, SGM Eksplor juga  mengajak kita sebagai orang tua  untuk mendukung bakat atau potensi prestasi yang dimiliki anak melalui kegiatan Sahabat Generasi Maju.

Kalau mau ikutan, buibu semua bisa mengunggah cerita potensi prestasi anak-anaknya melalui Facebook Aku Anak SGM mulai 19 April – 10 Juni 2018. Kirim sebanyak-banyaknya juga bisa, lho!

 

Yuk buibu kita terus maksimalkan potensi prestasi anak-anak kita!

Pulau Mentawai, Surga Baru Buat Pecinta Pantai

 

Assalamualaikuuum..

Duhai buibu, siapa aja yang walaupun long weekend di depan mata tapi gak berdaya karena tagihan-tagihan sudah menanti dan jadwal imunisasi balita gak bisa ditunda??

Sayaaaahhh *curcolmaksimal*

Kadang yah, kalau lagi bosen banget berkutat sama cucian yang gak ada abis nya atau lagi sedih nyikatin kamar mandi gue suka ngayal babu disawer duit sama bu dendy. Nyoh nyoh nyoooh *brb mungutin lembaran duit*

gambar dari: macaronisresort.com

Apalagi kan sisa tagihan liburan yang lalu aja belom semua lunas dibayar *kemudian diludahin financial planner*

Tapi siapa sih di dunia ini yang gak butuh sesekali liburan dan lari dari rutinitas yang ngebosenin inih? Apalagi kalau liburannya ke pantai yang bersih, sepi dan  pemandangan nya bagus. Beuuhhh sedapnya ngalahin makan nasi goreng kambing kebon sirih idolaque.

Indonesia sih gak kekurangan pantai-pantai bagus, gue nya aja yang selalu kekurangan duit. Buat yang udah bosen pergi ke Bali atau Lombok bolehlah sesekali melipir ganti haluan. Masih banyak pilihan selain dua tempat itu kok.

Sebut aja deh ada Belitung yang mulai sering dilirik jadi tempat liburan dan outingnya anak kantoran Jakarta. Nah kalo kita suka nyari ombak, coba deh lirik Pulau Mentawai. Sebenernya buat pecinta olahraga selancar, Pulau Mentawai bukantempat yang asing lagi. Ombak di gugusan pulau yang berada di Sumatera Barat ini sudah dikenal luas di seluruhdunia, gak kalah menantang dari PulauNias dan G-Land di Banyuwangi.

Selain dikenal dengan keindahan ombaknya yang menantang adrenalin, Mentawai juga punya banyak tempat seru lain yang nggak kalah cantiknya sama tempat wisata di Indonesia. Tiket pesawat murah ke Mentawai juga banyak, nggak bakal menguras kantong buat liburan ke pulau ini.

Di mana Mentawai?

Buat kita yang nilai geografinya gak lebih dari 7 waktu sekolah dulu, pasti gak tau deh ini pulau adanya dimana. Hayooo ngakuuu. Penasaran, di mana sih tepatnya Mentawai ini? Kepulauan ini adanya di selatan Sumatera Barat dan kita harus nyebrang pake perahu lagi kesana.

Cara sampe ke Mentawai gimana mah?

Cari tiket pesawat murah tujuan Padang. Nah kalo udah mendarat di bandara Minangkabau, Padang, lanjutin perjalanan kita ke pelabuhan Muara/Bungus. Dari sini, kita masih harus sambung naik perahu selama kurang lebih 10 jam menuju pelabuhan Maillepet, Siberut, salah satu pulau paling besar di kawasan Mentawai.

Takut bosen atau mabok laut? Makanya perginya sama suami atau gebetan, siapa tau gak cuma mabok laut tapi mabok cinta sekalian *uhuuy*

Selancar di ombak besar, di sini tempatnya

foto:mentawaisurflodge.com

Ada banyak pilihan untuk melakukan olahraga selancar di Mentawai. Konon yang paling deket sih kalo kita datang pake perahu itu sisi selatan Pulau Siberut yang ombaknya sangat besar.

Selain itu kita juga bisa menjajal serunya surfing di Pulau Sepora (bukan Sephora tempat beli lipensetip sama sedow ya buibuu) yang ombaknya cantik namun ganas *persis mamah etty*. Atau mencoba menantang nyali di Pulau Nyang Nyang, yang ombaknya dinobatkan sebagai terbaik ketiga setelah Hawaii dan Tahiti.

Tapi kita kalau mau surfing di Mentawai harus bawa peralatan selancar sendiri ya. Karena berbeda dengan kawasan surfing lainnya yang sudah terkenal, fasilitas di Mentawai belum lengkap. Daripada batal main surfing karena gak ada papan yang bisa disewa, mendingan bawa sendiri dari rumah kan?

Snorkling dan Diving

sumber:aweraresort.com

Selain punya banyak pantai buat surfing yang ombaknya  gede kayak hutang Indonesia, kawasan Mentawai juga konon ada puluhan sekali lagi PULUHAN spot snorkeling dan diving yang keren. Apalagi karena belum terlalu ramai pengunjung, keragaman biota laut dan terumbu  karangnya masih alami dan terlindung.Tapi inget selalu yaa, leave nothing but footprints and take nothing but memories.

Sayangnya sama kayak surfing, persewaan peralatan snorkeling dan diving juga belum banyak di Mentawai. Pilihannya yaa bawa sendiri dari rumah kalau mau melakukan dua kegiatan seru ini. Tapi kita gak perlu khawatir soal gimana nemuin spot yang keren, kalau baca di review-review yang udah pada ke sana sih katanya warga sekitar sudah hafal mana titik terbaik untuk snorkeling dan diving di sana dan mau banget pastinya nunjukin ke kita-kita.

Atau mau total sekalian? Yuk kolaborasi kita buka persewaan alat-alat snorkeling sama diving bareng penduduk lokal di sini 😀

Baca juga : Liburan di Ujung Genteng

Leyeh-leyeh manja ngeliat sunset

sumber:republika.co.id

Kalau tujuan liburannya cuma mau leyeh – leyeh di pantai yang pasirnya putih bersih terus posting di instagram, Mentawai juga surga. Konon nih yaa ada ratusan pantai yang pemandangan senjanya terbaeek ada di sini, lagi-lagi konon semua pantainya punya hamparan pasir putih yang selembut bedak bayi, lengkap dengan nyiur melambai yang bakalan bikin suasana jadi santai. Plus instagrammable #pentingbangetnih

Pokoknya Mentawai mah paket lengkap, disini kita juga bisa liburan sambil berpetualang!

Kenalan sama budaya Mentawai yang eksotis

sumber:nationalgeographic.co.id

 

Enggak cuma keindahan alamnya yang bikinkagum, kawasan Mentawai juga punya ragam budaya yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang. Suku-suku yang tinggal di Mentawai masih banyak yang sangat tradisional.

Kita bisa lihat bagaimana mereka berburu, memasak, menari, bikin kerajinan tangan dan berbagai kegiatan seru lainnya selama liburan di Mentawai. Jadi gak cuma liat pemandangan indah, pengetahuan kita juga makin bertambah.

Budaya Indonesia yang kaya ini emang seng ada lawan lah, makanya kita harus hargai juga. Caranya? Hormati adat istiadat yang berlaku di semua tempat yang kita kunjungi. Inget kita itu tamu, harus sopan sama tuan rumah dong. Masa tamu nyusahin terus songong?!?

Nahhhh ternyata Mentawai menarik banget yekaann? Nyohh buruan kita nyari tiket pesawat murah ke Padang terus jalan liburan seru di Mentawai yang gak ada duanya.

Postingan Basi Khas Akhir Tahun

Asisten statistik WordPress.com menyiapkan laporan tahunan 2014 untuk blog ini.

Berikut ini kutipannya:

Museum Louvre dikunjungi 8,5 juta orang setiap tahun. Blog ini telah dilihat sekitar 80.000 kali di 2014. Jika itu adalah pameran di Museum Louvre, dibutuhkan sekitar 3 hari bagi orang sebanyak itu untuk melihatnya.

Klik di sini untuk melihat laporan lengkap.

Selamat ulang tahun bayi kecil merah jambunya ibu, yang waktu ditinggal pagi ini masih ileran dan gak mau bangun walaupun diciumin 🙂

Semoga kamu bisa menghargai hidup, pandai bersyukur dan bisa melihat keindahan dari segala hal.

Dan tolong jangan warisi selera humor ibu sama nenek 🙂

Edisi weekend

Berhubung daftar resep yang udah gw tandain *dalam hati* mau dibuat udah banyaaak banget makanya weekend ini dicoba lagi satu-satu.

Resep pertama adalah:
Nasi bakar ikan peda, dibikin buat menu makan siang hari minggu ini.

Hasil: enaakk, ikan peda suirnya masih gw sisain buat bekel besok ke kantor.

Tadi makan siangnya pake menu lengkap :
Nasi bakar, tehu dan tempe goreng, sayur asem dan sambel bajak. Sampe khilaf nasinya nambah *tutup muka*

image

Sekilas penampakan nasi bakarnya, berantakan tapi enyakk.

Resep kedua:
Bakpao.

Dapet resepnya dari pinterest sajian sedap, resep aslinya pake kentang tapi kentangnya udah terlanjur jadi sayur asem jadi gw skip ajah.

Ternyata bikin bakpao itu gak susah yah, minim peralatan cuma ngandelin kekuatan tangan ajah. Makin kekar deh tangan gw.

Tadi gw bikin 2 sesi, pagi-pagi pake isian saus bolognese sisaan bikin spagetti kemaren. Bakpao yang ini dimakan buat sarapan.

image

Sesi yang kedua di isi coklat sama keju buat cemilan nona besar. Hamdalah anaknya suka. Kayaknya besok-besok pengen coba bikin yang pake ubi deh. Masih penasaran gara-gara di grup mahmud ada yang ngomongin bakpao telo yang konon endeus surendeus.

image

Penampakan bintang iklan bakpao 😀
Oiaa jembrengan resepnya besok aja yaa, dikantor lebih nyantai ngeditnya. Lagian sekarang waktunya bocican alias bobo ciang cantik.

Selamat Membuka Lembaran Kalender Baru

Kecuali yang pake kalendernya hijriyah atau khusus yang pake kalender suku maya *makan tuh kiamat*

Kalo blogger lain bikin postingan pertama tuh isinya refleksi (bukan pijet) atau resolusi di taun baru (kecuali Indah yang bikin postingan mistis), kenapa gw bikin postingan Gunawan coba?!? Gagal lah cita-cita luhur membuka tahun dengan postingan penuh manfaat.

Walopun gw sendiri gak mengkhususkan nyediain budget buat ngerayain pergantian tahun tapi tetep lah ada sedikit yang beda, karena semua anggota keluarga lagi libur ditanggal itu termasuk Papah gw yang suka ajaib tanggal liburnya.

Trus ngapain ty taun baruannya? gak ngapa-ngapain juga sih cuma gegoleran di rumah aja, Shira aja gak mau kemana-mana

“Gak mau amaah, susaah” Buat Shira macet itu disebutnya susah ya buibu. Jadi dia ogah keluar karena takut macet, kesian banget yee anak Jakarta dari kicik udah kenal macet.

Jadi taun baruannya cuma diisi sama:

makan – tidur kecil – nonton tv – nonton film – ngemil berat – ngemil ringan – minum soda – ngantuk – tidur besar.

Begitupun sudah syedapp, karena 4 hari bareng terus sama orang-orang tersayang (anak, suami, mamah, papah, adek-adek) walopun ada yang agak gak disayang juga. Yang penting perut kenyang hati senang dan uang di dompet tetep aman.

Buat yang beli petasan sampe jutaan, silahkan orang pake duitnya sendiri; buat yang mabu-mabuan pun go ahead asal ajangan di fasilitas umum atau ngeganggu sekitar.

Alhamdulillah gak ada yang mengganggu disekitar rumah gw. Malah kayaknya suara film dari rumah gw deh yang agak ngeganggu, soalnya suami nyetel filmnya pake LCD Proyektor plus pake beberapa speaker kecil tapi berisik.

Biar sesuai standar marilah segera kita review kembali tahun 2012

Januari  : Lupa, gak ada postingan juga di blog, bablas ajah.

Februari  : Liburan ke Garut Sekeluarga, senangggg. Ada postingannya tapi dibulan april *krik-krik*

Maret : Gak tau, kayaknya masih rempong ngurusin pembangunan rumah.

April : Mulai nge blog lagi setelah berbulan-bulan absen, Mamah Ulang taun tapi pas gw lagi diklat yang pake nginep.

Mei : Mulai menemukan keasikan nge-blog, mulai berani sapa-sapa blogger-blogger favorit gw. Tapi teteup belom berani komen di blog nya Astri Nugraha 😀

Juni : Rumahnya Jadii *tebar recehan* *abis itu pungutin lagi*, Papah Ulang Tahun tapi gw bokek beratt jadi tak ada kado 🙁

Juli : Ulang Tahun Pernikahan ke – 4,tau-tau udah 4 taun ajah berumahtangga, cobaannya sih banyak tapi bahagianya juga banyak banget.

Agustus : Nari lagi kali ini di depan DJP 1 hehehehe walopun beliaunya ternyata gak bisa nonton tapi sempet foto-foto :D, dan bisa pasang pager rumah *bokek lagi deh*

September : Shira ulang tauun. horeeee, udah gak pake pampers kecuali malem itupun karena emaknya males.

Oktober : Suami ultah dan dirayakan dengan pulang kampung ke Tuban dan sampe sekarang belom diceritain disini 😛

November : Kerjaan membabi buta banyaknya *tercapek 2012*

Desember : Gw ultaaahh, 28 taun padahal jiwa masih 18 coba *ngaca ty muke udah keliatan 30*

Fiuuhhhh banyak juga kalo ditulis yak, Alhamdulillah di tahun 2012 kemaren ada banyak rencana hidup yang tercapai. Dan gw pun mau berterimakasih kepada temen-temen blogger yang sering mampir dan ninggalin komen disini. Terimakasiiih yaa, walopun blognya jarang yang bermanfaat isinya tapi kalian tetep mampir *terharu**lap ingus*

Rencana 2013 gimana?

Rencana baby #2 terpaksa dicancel, bukan karena bokek tapi karena baby #1 nya belom mau punya adek. Duluu sebelum gw punya suami bahkan kayaknya sebelum gw punya pacar gw udah berniat banget kalo gw nanti berumahtangga dan punya anak gw gak akan ngasi anak pertama gw adek sampe dia mau dan siap.

Berkaca pada pengalaman sendiri yang jadi anak #1 yang kayaknya sering kurang diperhatiin dan selalu memendam rasa iri atas perhatian mamah yang berlebih ke adek gw 🙁

Rumah Cikeas udah banyak yang rusak, setelah desember kemaren dikosongin kayaknya taun ini kalo punya duit mau diperbaikin dulu setelah itu mungkin dikontrakin, tapii ini rencana muluk ajasih belom ada bayangan duitnya.

Mobil ajadeh mobil, hahahahaha ini kayaknya lebih mungkin sih daripada ngerenov rumah Cikeas. Tapii pengennya sih kalopun kredit jangan lama-lama setaun-dua taun lah gitu. Inipun masih tergantung dari banyak faktor, mohon do’anya saja.

Yang terutama adalah : Manajemen Waktu yang lebih baik, karena jujur gw keteteran banget waktu kerjaan lagi banyak, padahal ada waktunya gw gak ada kerjaan loh, jadi murni pengaturan waktu yang buruk adalah sebabnya. Gw gak mau karena kerjaan banyak bikin gw pulang malem-malem gitu, kasian Shira 🙁

Mohon do’anya buat yang baca tau kebetulan nyasar kemari.

Semangat-semangat-semangat