{Event} Seribu rupiah dan masa depan cerah anak Indonesia

Kemana sih uang seribu rupiah kamu biasanya berakhir?

Di kantong pengamen jalanan?

Di kantong tukang parkir gaib di halaman minimarket?

Terselip di kantong celana yang tercuci?

Mau gak kalo uang seribu rupiah kamu berakhir disuatu tempat dimana dia menjadi sangat bermanfaat? Saking bermanfaatnya sampai bisa merubah masa depan bangsa, hayo mau gak?

Kalo mau cuss sini baca postingan mamah.

Hari sabtu tanggal 17 Desember 2016 lalu mamah menghadiri #TUMBloggersmeetup di D.Lab Menteng. Pada acara ini The Urban Mama bersama Unilever dan Blibli.com menggelar sebuah talkshow alias bincang-bincang dengan tema “Selamat Tinggal Dunia Lama” – Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Lewat Dunia yang Sehat dan Gembira

 un-mainAda tiga orang yang menjadi narasumber acara ini, yaitu :

  1. Adisty Nilasari – Media Relation Manager dari Unilever
  2. Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com, dan
  3. Retno Dewanti Purba Psikolog dari SAUH Psychological Services.

Pada kesempatan pertama mbak Adisty menjelaskan bahwa program #BrightFuture ini sendiri memang sudah digagas oleh PT.Unilever sejak tahun 2013 dengan tema yang selalu berganti. Tahun ini kampanye #BrightFuture mengusung tema ” Selamat Tinggal Dunia Lama” yang arti nya mengajak seluruh masyarakat untuk meninggalkan dunia lama yang penuh dengan cara pandang pesimis dan sambut dunia baru yang lebih baik penuh optimis, khususnya bagi anak-anak kita.

Tahun ini juga Unilever menggandeng Blibli.com sebagai rekan pendukung kampanye ini. Kenapa Blibli.com?

Karena Unilever ngeliat tren konsumen masa kini yang untuk keperluan sehari-hari aja belanjanya lewat media online. Yaiyalah secara jalanan makin macet dan nyari pembantu makin susah ya kan?! Rasanya kalo bisa gampang belanja online ngapain susah-susah ngelewatin macetnya ibukota karena sabun di rumah abis LOL.

img_20161217_134255Unilever juga meyakini bahwa kekuatan konsumen dan merek-merek yang tergabung dalam kampanye ini bisa membawa perubahan penting buat masa depan anak indonesia. Kita sendiri sebagai konsumen lebih suka dan lebih tenang berbelanja kalo tahu produsennya bertanggung jawab sama lingkungan kan?

Mewakili Blibli.com mbak Lani Rahayu  menyatakan dukungan penuh perusahaannya terhadap kampanye ini. Karena menurut mbak Lani kampanye ini sangat sejalan sama visi dan misi dari Blibli.com yaitu untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai dengan gaya hidup konsumen.

Mbak Lani juga sempat berbagi tips belanja yaitu “How to be a smart shopper” yaitu :

  1. Bijak ketika berbelanja, pilih barang yang bernilai investasi;
  2. Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan jangan malahNo kebolak-balik terus ujung-ujungnya diperbudak nafsu belanja 😀 ;
  3. Jangan pake wifi gratisan di ruang publik pas belanja online, takutnya ada yang negbobol data-data transaksi kita. Jangan fakir wifi lah kalo belanja, modal sikit LOL.

Produk apa aja yang dipilih unilever untuk gabung dalam kampanye #BrightFuture ini?

Ada 6 produk yang tergabung dalam program kampanye #BrightFuture ini yaitu : Lifebouy, Pepsodent, Rinso, Domestos, Vixal dan Blue band. Kenapa cuma 6 padahal produknya Unilever kita tau sendiri ada ratusan?

Karena keenam produk ini dianggap mewakili program edukasi yang diantaranya adalah untuk generasi mudanya mengusung program mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy, sikat gigi dan malam menggunakan pepsodent, cara merawat dan menjaga kebersihan toilet diruang publik yang diwakilkan dengan produk Domestos dan Vixal, lalu pentingnya bermain di ruang terbuka dan tidak perlu takut dengan yang kotor karena sesuai dengan motto nya Rinso.

Terus blueband nya buat apa mah?

Blueband nya buat ibu-ibu indonesia yang peduli sama nutrisi buat anak-anaknya. Dengan blueband ibu-ibu bisa mengkreasikan aneka hidangan masakan dan kue-kue yang sehat dan bergizi untuk anak-anaknya.

img_20161217_133044

suasana talkshow yang interaktif

Jadi kampanye #BrightFuture UnileverxBlibli.com nya sendiri apa mah?

Jadi kalo kita belanja 6 produk tersebut selama periode 1 Desember sampai dengan 31 Desember 2016 di Blibli.com maka kita sudah secara otomatis menyumbang Rp.1000,- yang nanti akan dimanfaatkan buat program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain.

Mbak Adis menjelaskan bahwa program kesehatan lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik akan dilakukan pada 5 kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar). Saat ini sudah ada beberapa RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) yang dibangun oleh PT Unilever Tbk, salah satunya di daerah cideng – Jakarta Pusat.

Kenapa fokusnya selalu pada anak-anak?

Karena anak-anak itu masa depan dan mantan itu masa lalu. Dengan membangun banyak ruang publik yang ramah anak diharapkan sih anak-anak kita bisa leluasa bermain dan belajar bersama-sama.

Udah pada tau kan dampat buruk anak terpapar gadget secara berlebih?

Udah tau juga kan kalo bermain itu penting buat anak?

Karena dunia anak itu emang harusnya penuh dengan bermain. Anak belajar dan bersosialisasi ya lewat bermain dengan teman-temannya.

Tapi anaknya mau main dimana kalo ruang untuk bermain aja makin sempit?

MINIMNYA RUANG TERBUKA HIJAU

Minimnya Ruang Terbuka Hijau di Ibukota Tercinta

Padahal penelitian di Barcelona  menemukan, kemampuan berpikir anak jauh lebih baik saat belajar di ruang terbuka ketimbang mereka yang duduk di ruang-ruang sekolah.

“Anak-anak yang lebih banyak belajar di ruang hijau seperti bawah pohon, semak dan rumput, memiliki perkembangan otak lebih baik daripada anak-anak di sekolah yang memiliki sedikit ruang hijau,” kata rekan penulis studi Mark Nieuwenhuijsen dari Pusat Penelitian Lingkungan Epidemiologi di Barcelona (sumber : http://health.liputan6.com/read/2252994/manfaat-luar-biasa-saat-anak-belajar-di-ruang-terbuka-hijau).

Makanya yuk kita sukseskan kampanye #BrightFuture ini dan kita bikin masa depan anak-anak indonesia lebih cerah. Kalo tertarik lebih jauh dengan kampanye ini bisa buka websitenya Bright Future loh.

Kepedulian kita sekarang bisa merubah masa depan bangsa kita jadi lebih baik loh buibu, lagian kapan lagi belanja produk sehari-hari berdampak sepositif ini.

4 thoughts on “{Event} Seribu rupiah dan masa depan cerah anak Indonesia

  1. dani

    Mantap, Unilever bisa selalu hadir ya di tengah kehidupan dengan program bermanfaat. Dan dengan adanya media online marketplace dan online shop semua orang jadi bisa ikut berpartisipasi. Makanya kenapa yuk beli saham Unilever *eaaaa *etapi gue belom beli sih ya

    Reply
  2. Desi

    Iyess anak2 butuh ruang terbuka hijau buat bermain dan bersosialisasi.. Biar pikiran jernih, dan ga butek terus kayak kita yak..(kita????) 😀

    Reply
    1. mamah-etty Post author

      Kita??? Sori-sori-sori jek, muka gue boleh butek tapi pikiran selalu jernih bagai air mineral botolan yang botolnya beling dan harganya mahal.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *