Ide Kado Untuk Pernikahan

Sering diundang ke pernikahan akhir-akhir ini? Pasti sering bingung juga karena kehabisan ide kado pernikahan?

Udah pernah dapet kado pernikahan?

Ooooh ada yang belom pernah, sana gih nikah hihihihihi…

Seinget gue sih, 6 taunan yang lalu pas gue kewong banyak banget kado yang gak kepake dan berhubung musim ujan sudah dimulai dan biasanya dilanjutin sama musim kawin makanya gw gelontorkan postingan ini *duileee gelontorkan*

Gw sih berharap semoga ini ngasih ide kado pernikahan buat orang-orang yang mau ngasih kado buat temen atau saudara yang mau nikah dan kadonya berguna.

kira-kira kita dapet kado apa ya bang? pi source:splitshire.com

kira-kira kita dapet kado apa ya bang?
pic source:splitshire.com

1. Satu Set Sprei yang berkualitas dengan warna netral

Syukur Alhamdulillah kalo bisa ngasih yang bahannya king koil tapi sebenernya gak mesti king koil   asalkan katun dan adem insya Allah kepake deh. Terus warnanya jangan gonjreng-gonjreng lah kasian kalo beda selera sama yang nerima. Gue aja walopun cinta setengah mati sama warna fuschia alias pink norak tapi gak pernah beli warna ini buat sprei, milih warnanya gak jauh-jauh dari dusty pink , abu- abu muda, krem, ungu muda pokoknya yang lembut-lembut lah warnanya.

Terakhir pesen sprei dengan bahan king koil ukuran 180×200 cm di Tanah Abang itu bulan Mei kemaren untuk kado temen satu seksi yang nikah dan harganya 1,450 juta untuk satu set termasuk bed cover. Mahal? Patungan lah daripada beli sendirian kan mendingan bersatu padu. Gak masuk budget? coba deh geser ke bahan katun jepang, untuk satu set ukuran 180x200cm termasuk bed cover  harganya sekitar 650 ribu.

Kalo masih terasa agak mahal juga atau mungkin gak ada temen untuk diajak patungan, gak usah beli bed covernya cukup spreinya aja. Yakin deh walopun mungkin yang nerima kado gak ngerti kalo itu bahannya king koil tapi sprei berkualitas itu pasti bisa dikenali begitu dipegang, alus dan ademnya nyoss ke hati 😀

sprei warna netral selalu cocok untuk berbagai gaya tata ruang pic source: mary whitney from pexels.com

sprei warna netral selalu cocok untuk berbagai gaya tata ruang
pic source:
mary whitney from pexels.com

2. Voucher Belanja

Kalo bingung nebak-nebak mau ngasih apaan dan buntu banget gak punya ide coba deh beliin mereka voucher belanja, jangan voucher dept. store macam Matahar# atau Centr* tapi hypermarket macam Care4 dan Hypermar# karena justru penganten baru biasanya clueless dan sering ke supermarket besar kayak gini buat beli perintilan gak penting macem keset, sutil, garpu-sendok dan segala perintilan dapur untuk memulai hidup baru di tempat tinggal baru (gak rumah sendiri ya minimal kontrakan).

Besaran jumlah voucher yang dikasih tentunya seiklasnya, bagusnya sih emang patungan jadinya kan jumlah nominalnya bisa lebih besar. Kenapa bukan duit? karena duit mau berapa pun jumlahnya cenderung langsung kepake buat ini-itu *curcol* lagian kan lebih seneng belanjanya kalo gak perlu ngeluarin duit.

3.Peralatan elektronik rumah tangga

Let say,  emmm kulkas atau mungkin mesin cuci. Karena anak kos yang baru nikah mungkin aja punya TV dan AC tapi yakin deh pasti dia gak punya mesin cuci. Apalagi yang sehari-hari nebeng tinggal di rumah ortu dan ujug-ujug dia kewong, pasti deh dia gak punya kulkas juga *nuduh*

Enaknya sih emang ditanyain langsung ke yang bersangkutan apa yang dia belom punya, atau balik ke poin nomor 2 tadi jadiin voucher aja biar dia sendiri yang milih. Kado semacem ini tentunya akan mempermudah si pasangan baru memulai rumah tangganya. Kalo budgetnya kecil coba deh kadoin mikser atau blender atau setrikaan hihihihihih ini elektronik juga kan yaa 😀

coffee-cup-mug-drink-large

Kalo yang nikah itu penggemar kopi pasti kegirangan dikasih hadiah coffee maker pic.source:pexels.com

4. Kain Batik Sarimbit

Biasanya pasangan baru itu masih euforia berseragam ria dibandingkan sama pasangan lawas, mereka lagi masa-masanya show off kemana-mana sebagai pasangan. Apalagi kalo pasangan baru nikah itu memang akan diikuti jadwal kondangan ke temen-temennya yang nikah juga. Makanya kado kain batik sarimbit ini berguna.

Kalo orangnya gak suka jait baju? Gapapa, kasih aja baju batik sarimbit yang kualitasnya bagus jadi bisa langsung dipake. Tapi sekarang gak suka ngejait belom tentu selamanya dia gak suka ngejait loh, contohnya gw dulu mah boro-boro seneng ngejait batik eh sekarang demen makanya kain-kain batik tulis yang gue terima dari budenya suami baru gw bongkarin sekarang setelah kawin 6 taun.

5.Buku

Kalo cukup mengenal selera baca si penganten bolehlah dikadoin buku yang kira-kira dia suka atau justru kasih buku yang sama sekali baru buat si penganten. Beresiko gak sih? Hihihihii ini kayaknya gw doang sih ya, tapi beneran deh gw pasti seneng dikasih kado buku apapun (wiro sableng 212 juga rapopo).

Dulu diantara tumpukan kado sprei dan perlengkapan makan terselip beberapa kado buku tuntunan membangun rumah tangga islami dan kumpulan resep Femina satu bundel besar (terima kasih Dyah Nutriyanti). Walopun sampe sekarang banyak resep yang belum pernah dicoba tapi buku ini adalah buku resep pertama yang gw punya sebagai seorang nyonya.

6.Frame Foto

a good photo frame won’t hurt, tentunya kasih warna netral macem item, putih, abu-abu atau warna kayu sekalian. Penganten baru kan biasanya lagi narsis-narsisnya majang foto berdua, jadi walopun mereka gak nempatin rumah atau kontrakan baru tapi tetep butuh frame foto buat dikamar toh.

Kalo hiasan rumah yang lain sih agak beresiko yah, takutnya beda selera aja. Misalnya lu kasih sarung bantal bunga-bunga ala-ala shabby chic, ternyata si nyonya (yang nentuin dekorasi rumah) senengnya yang gothic-gotchic atau tradisional sekalian. Nah!! kalo gak yakin sama selera si nyonya mending ide kasih hiasan rumah ditunda aja.

frame-frame shabby chic yang sekarang trendy pic source: unsplash.com

frame-frame shabby chic yang sekarang trendy
pic source: unsplash.com

Ide termasa-kini buat kado frame foto ini adalah, kasih mereka foto-foto yang kalian (sebagai tamu) jepret selama acara resepsi atau akad nikah mereka, pilih yang paling kece atau boleh juga pilih beberapa upload-an instagram acara mereka terus disatukan dan dicetak dalam ukuran gak terlalu besar (10 R udah maksimal) kasih frame yang cakep kasih lah buat mereka setelah nikah.

Intinya sih aturan terbaik untuk ngasih kado nikahan adalah :

kalo itu barang kasihlah yang kualitasnya baik. Harganya mahal? Yah ada harga ada rupa sih ya. Patungan lah kalo perlu, jangan asal kasih barang dengan mutu yang jelek, harusnya sih ini berlaku untuk kado acara apapun ya.

Kasian loh penganten barunya dikasih tumpukan gelas-piring yang gampang banget pecah atau sprei kasar-kasar. Intinya kalo gak mampu kasih barang dalam kualitas yang baik ya mending angpau ajalah tentunya ngasih angpau atau kado tetep kado terutama ya do’a semoga mereka bisa mengarungi rumah tangga yang penuh deraan dan cobaan *woooowww* dan bisa bahagia.

39 thoughts on “Ide Kado Untuk Pernikahan

    1. emaknyashira Post author

      Eeeehhh kamu kan penganten baruu, pasti kadonya numpuk juga kan?!
      Sama sih, akhir-akhir ini gw seringnya ngampau saja atau patungan sama temen-temen beli voucher supermaket. Cuma kadang buat temen yang agak deket atau sodara pengen jugalah ngado biar agak spesial.

      Reply
    1. emaknyashira Post author

      eehh sekarang-sekarang ini sih gw juga seringnya ngampau soalnya udah ribet duluan sama anak kalo mau kondangan. Monggo di bookmark, enggak sekalian hatiku di bookmark juga? *kedip manja*

      Reply
    1. neng fey

      sama, sprei gw juga masih buanyaaaak, sampe laki gw bilang mau dikadoin ke orang lain lagi, iih ga boleh lah sama gw, menurut gw mah ga sopan ya klo kayak gitu, walaupun si yang ngasi kado ga tau klo kado dari dia kita legoin lagi ke orang lain

      Reply
    2. emaknyashira Post author

      Gw dapet 20 (dua puluh) Jo, edan kan ya hihihihi.
      tapi yang kepake cuma beberapa, dan ada satu yang king koil itu kepake banget dah. Udahlah mana adem, lembut pokoknya jaminan lupa KPR dah.
      Untungnya dulu ada yang ngadoin begituan, karena kalo beli sendiri males, mahal soalnya 😀

      Reply
        1. emaknyashira Post author

          Ya maklum acaranya 1500 undangan yang mana berlangsung 2 hari dua malam bak putri keraton, segala merek sprei pokoknya ada.
          Segala merek gelas dan panci-panci juga ada. Emang super sekali yah. Ehh tapi sekarang udah tinggal dua, karena sebagian diambil mamah gw 😀

          Reply
  1. neng fey

    ada satu kado yang berkesaaaan bgt buat gw ty, karena seumur2 baru liat sih kado kayak begitu, tp kata emak gw biasanya org betawi yang suka ngasi begituan, ga tau deh, bener apa ga?
    gw dapet kado SEMBAKO dari tetangga gw, beras, teh, gula, indomi soto, apa lagi ya? kepake bgt deh pokoknya bagi gw yang langsung cabut ke kontrakan abis merit kemaren, pas tehnya dipake gw senyum2 sendiri kegirangan hihihi, personal bgt sih menurut gw

    trus gw juga dapet peralatan dasar menjahit dari temen2 gw, isinya, benang banyak warna, jarum segala ukuran, sayang nenek (yg buat masukin benang ke jarum, buat nenek2 jg gampang), bantalan buat jarum klo udh dipake, gunting kecil dll, berguna bgt itu dan sama sekali ga kepikiran pas pindah mau beli gitu2an, yah klo ada kancing yang copot akibat permainan kasar *eeeh.. bisalah langsung di pasang lagi kancingnya, masih gw pake tuh sampe skrg, ini beneran bagus jg loh buat kado bagi pasangan yang abis nikah langsung pindah dr rumah ortunya.

    Reply
    1. emaknyashira Post author

      buahahahahaha permainan kasar, maen gobak sodor lu ya?? 😀 😀
      tapi emang kado paling berkesan itu biasanya bukan duit *kecuali puluhan juta* tapi yang personal banget semacem dikasih scrapbook foto-foto dari geng cewek atau kumpulan do’a-do’a untuk suami istri termasuk do’a itu tuuuh hahahahahaha..
      Gw malah dapet sekotak lingerie dari geng cowok kantor, edan tenan emang mereka.

      Reply
  2. dani

    Gw selama 3 tahun ini belom beli sepre lagi sih. Hihihihi. Mantabh deh Ty ide postingan lu. Gw dulu pernah loh ngado temen frame foto yang udah ada isinya. Isinya foto mempelai dari jaman kecil sampe mereka dewasa dan jadi temen kami gitu. Hihihihi.

    Reply
  3. della marianka masrah

    Haissshh bener bgt..

    Mamaku selalu bilng, kado yg kita beri kpd orang lain merupakan cermin diri kita. Kl mau memberi ya harus total. Jgn asal-asalan.

    Nahhhh…waktu nikahan aku dapet kado blender.

    Pas diangkat mesinnya koq ringan yaaaa..trus aku bawa lah ke bandung, dgn pikiran siapa tau nanti kepake. Pas aku hamil….Suatu hari ibu hamil ini beli strawberry untuk dibuat jus.

    Dengan senang hati strawberry nya dicuci lalu dimasukkan blender. Pas dinyalain…ternyata blendernya diamm ga ada gerakan..

    Akhirnya dibongkarlah oleh suami…bagian motornya ternyataa….

    Cuma kumpulan kabel aja doong isinya…

    Padahal yaa yg memberi kado itu orang yg berpunya. Udah sering jalan2 keluar negeri.
    Langsung jd ilfil sama si pemberi kado..

    Reply
  4. Erma

    aku dulu malah agak kesel dikasih kado sprei. Soalnya sampe 2 tahun nikah, kasurnya masih yang kecil ajah ahahahaha. Begitu beli kasur sendiri, bukain deh tuh sprei pilih mana yang pas ukurannya tapi tapi tapi masih pengen beli dan milih sprei sendiri deh, biar 100% seleraku gitu *indomi kali seleraku*

    Reply
  5. mrscat

    Errrr aku hampir ga pernah dpt undangan kawinan hahaha. Setahun paling sekali doang *ketauan angkatan, semua temen udah nikah*

    Reply
    1. emaknyashira Post author

      Untung temen2 mu yang kawinnya cuma semalem gak pake ngundang ya mba Nov *yekali ngundang, lah kawinnya Aja ngumpet2*
      Nanti tiba masanya dapet undangan kawinan lagi kok, tapi yang kawin anak2 Temen hihihihihiii..

      Reply
  6. bemzkyyeye

    Gw br beli sprei lg sejak millie punya kamar sendiri, jd gw cuma beli sprei buat ukuran kasurnya millie. Udah 5taom gw ga beli sprei buat kasur sendiri krn stock nikahan msh ada hehehee

    Reply
  7. desweet26

    beeuh sama deh Ty…spreiii blom beli2 lagi guee..udah mau 5 taun kewong..
    wong masih banyak yg blom kepake…
    trus panci2 juga masih ada, gue taro di bawah kolong tempat tidur…*jangan tanya kenapa ditaro disitu* ;p
    berhubung akika sekarang ngontrak, kepakelah semua tuh panci2…hehehe lumejen kaga perlu bela beli lagi…

    Reply
    1. emaknyashira Post author

      Iya kompor sekalian gas nya yg 3 kilo ya put hihihihihiii. Pertimbangan ngasi kadi sprei mahal tuh karena kalo udah nikah orang hampir gak pernah beli sprei semacem itu put *curcol*

      Reply
    2. NanaBanana

      Mb Etty..si akuh pun dapet sprei loh kemaren ituu..ga banyak sih tapinya *penonton kuciwa* huahaha. mana nih kado darimuhh *nodong!!*
      aku mah ngarepnya kado-kado yang bakal kepake, yah set panci, oven, ato chopper..gitu-gitu kali ya? kerasa euy, soalnya kudu nyicil beli2 begituan. yahh kalo kepepet, niatnya bakal ngerampok milik emak ato mama mertua deh. bubarrrr…mantu ga modal inih!!!!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *