Long Weekend Story : Mengajarkan anak mencintai alam di Resort Prima Anyer

Pemberitahuan : ini adalah cerita liburan gue di long weekend natal tahun lalu, kondisi ketika itu sedang hamil 7 bulan jadi kalo difoto gue nampak bulet, kusam dan gak dandan itu karena HAMIL bukan gue lagi stress atau gendutan yak. Awas kalo ada yang protes nanti gue lemparin duit gopean koin sekilo.

Kenapa mamah gak posting cerita liburan long weekend yang baru sih? Karena liburan sekarang gue gak kemana-mana *nangis di pojokan rumah*

Salah satu cara mengenalkan kekayaan alam pada anak adalah dengan mengajaknya berwisata. Cara ini adalah yang paling menyenangkan karena selain anak senang ibu bapaknya juga ikut senang. Karena sambil belajar juga bisa melepas sejenak kepenatan rutinitas supaya pikiran kembali segar.

Seperti diketahui setiap natal sebagian besar karyawan bisa menikmati long weekend karena ada cuti bersama. Tahun lalu gue sengaja merencanakan menikmati long weekend natal di daerah Anyer.

Kenapa Anyer?

Karena Bandung itu mainstream sekali *kemudian ditoyor batu sama walikota Bandung*. Ingatkah temen-temen semua bahwa long weekend natal tahun lalu terjadi kehebohan luar biasa pada lalu lintas kita?

Biar gue ingatkan lagi melalui gambar berikut. Temen sekantor gue ika harus menembus 13 jam kemacetan menuju Bandung dari Jakarta padahal normalnya hanya butuh 3 jam!! Itulah sebabnya gue cenderung menghindari pergi ke Bandung ketika musim liburan. Mak akyu tak tahan kemana-mana macet.

http://www.beritasatu.com/megapolitan/335598-kapolda-metro-kemacetan-libur-natal-di-luar-prediksi.html

http://www.beritasatu.com/megapolitan/335598-kapolda-metro-kemacetan-libur-natal-di-luar-prediksi.html

Gue sendiri cuma perlu waktu 4 jam dari Cibubur menuju Anyer, jalanan lancar jaya walaupun tetep aja kondisi Toilet rest area di jalan tol sangat mengenaskan. Liburan diwaktu long weekend kayak gini gue gak perlu khawatir kehabisan kamar untuk nginap, kalau sudah memesannya lebih dulu di biro travel online kepercayaan.

Menginap di Resort Prima Anyer

Cahaya yang mengintip di sela dedaunan di pinggir pantai. Favorit gue banget.

Cahaya yang mengintip di sela dedaunan di pinggir pantai. Favorit gue banget.

Resort Prima Anyer bisa menjadi pilihan yang cocok untuk memenuhi misi mengenalkan alam. Bermain di hamparan pasir, berenang di kolam khusus anak, sampai menikmati sunset, bisa di jadikan langkah awal menceritakan Anak Gunung Krakatau dan Selat Sunda. Kebetulan, kedua panorama itu berhadapan langsung dengan hotel ini.

Lalu, kenapa mengenalkan alam kepada anak begitu penting?Inilah beberapa keuntungan yang perlu kita tahu:

  1. Mendukung Tumbuh Kembang

Mengenalkan alam sejak anak berusia dini, dipercaya mampu mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan daya pikirnya. Berlari-lari di pinggir pantai dan bermain air di kolam renang khusus anak, bisa memacu kerja otot dan menciptakan ikatan emosional dengan air serta laut. Pengenalan sejak dini juga bikin anak gak takut air loh.

merasakan kelembutan pasir pinggir pantai di resort prima anyer

merasakan kelembutan pasir pinggir pantai di resort prima anyer

  1. Meningkatkan Kreativitas

Gue  milih Resort Prima Anyer karena punya pantai landai, cocok dan aman untuk anak. Pun letak cottage nya dipinggir pantai. Jadi shira bisa bolak-balik bikin gambar di pasir dan bikin istana (baca: gundukan) pasir. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, sambil ibunya tiduran, anak melatih kreatifitas.

Semua senang deh, makanya Pak suami kenapa kita gak liburan lagi tahun ini ke resort prima anyer sih? *kemudian ditimpuk dompet*

  1. Melatih Rasa Percaya Diri

Anak memiliki banyak tahap tumbuh kembang. Dari mulai merangkak sampai berlari. Dari mulai maenan ludah sampai bisa ngoceh panjang lebar. Bersentuhan dengan alam sejak dini, akan melatih kemampuan komunikasi anak dengan anak-anak lain dan, tentu saja, dengan alam.

Anak percaya diri saat bermain lepas, lihat deh kondisi latar belakang gue. gak terlalu rame untuk ukuran liburan long weekend kan?

Anak percaya diri saat bermain lepas, lihat deh kondisi latar belakang gue. gak terlalu rame untuk ukuran liburan long weekend kan?

  1. Melatih Kesehatan dan Kebugaran

Efek positif dari kebiasaan beraktivitas di luar ruangan atau di alam terbuka adalah terpenuhinya kebutuhan udara segar yang berkualitas. Jangan dibandingin sama kondisi udara Jakarta deh, langitnya aja warnanya beda. Nah di Resort Prima Anyer ada arena bermain buat anak loh. Tau sendiri kan manfaat bermain di tempat terbuka buat anak?

  1. Melatih Disiplin Diri

Pada umur 4–6 tahun (umur shira taun lalu), anak-anak tuh lagi waktunya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi alias super kepo. Semua hal ditanyain sampe kuping ayah-ibunya capek. Nah kalo lagi liburan gini gue selalu berusaha menerapkan prinsip tawar-menawar supaya anak tetep disiplin.

Boleh main ke kolam renang cuma setelah dia ngabisin makan. Kalo makanan gak habis dia gak boleh berenang. “Kenapa begituuu?” tanya shira, nah gue jelasin deh kalo berenang dengan kondisi perut kosong bisa bikin masuk angin nanti gak bisa berenang lagi karena sakit.

Karena anak cuma akan patuh sama aturan kalo dia tau alasannya. Tanpa alasan yang bisa dipahami anak, jangan harap anak bisa patuh. Ajarin disiplin juga gak membabi buta kan?!

  1. Mengurangi Stres

Jangankan anak, ayah-ibunya pun dijamin akan berkurang stresnya! Bayangin aja kondisi leyeh-leyeh tiduran dipinggir pantai, angin semilir bertiup, suara debur ombak sambil gak lupa es kelapa batok yang dingin dan segar.

Mamiih rasanya pengen miara ayam bertelor emas deh supaya tiap hari bisa liburan.

suasana kolam renang, gampar dari http://www.resortprimagroup.com/resort-prima-anyer

suasana kolam renang, gambar dari http://www.resortprimagroup.com/resort-prima-anyer

  1. Mengurangi Gejala Attention Deficit Disorder (ADD)

Ini agak serius tapi  sejumlah penelitian menunjukkan bahwa perkenalan anak dengan alam bisa mengurangi risiko gangguan perkembangan otak. Gejala Attention Deficit Disorder (ADD) bisa membuat anak susah berkonsentrasi, mendadak hiperaktif, dan impulsif.

Bermain di luar rumah hampir selalu disarankan sebagai bagian dari pencegahan dan mengurangi gejala ADD ini. Seperti ditulis dalam artikel pada laman kesehatan : http://www.helpguide.org/articles/add-adhd/attention-deficit-disorder-adhd-treatment-in-children.htm.

  1. Melestarikan Alam Untuk Masa Depan

Ikatan emosional yang telah terbentuk antara anak dengan alam, bakal berujung rasa tanggung jawab dan kasih sayang yang tinggi. Dia akan terbiasa merawat alam yang disayanginya. Pengen kan anaknya turut serta menjadi penjaga kelestarian alam di masa depan? Makanya yuk latih sejak dini.

akyu kangen pantai banget deh rasanya

akyu kangen pantai banget deh rasanya, mungkin di kehidupan yang lalu gue ini ikan dugong eh duyung eh mermaid

Oiaa Resort Prima Anyer menawarkan 2 tipe kamar, yakni Standard Room dan Deluxe Room. Keduanya sama-sama menyediakan AC, televisi, kulkas, shower, toiletries, dan WiFi gratis. Gue sendiir memesan tipe deluxe karena menghadap pantai.

Untuk liburan disaat long weekend selalu pesan kamar jauh-jauh hari supaya bisa dapet harga dan fasilitas terbaik. Gue sendiri hampir selalu ngandelin traveloka buat hal ini. Setelah hotel dipesan, siapkan baju yang tepat dan obat-obatan buat jaga-jaga yaa.

Selamat liburan mentemen semuaa *cium basah dari pojokan rumah*

3 thoughts on “Long Weekend Story : Mengajarkan anak mencintai alam di Resort Prima Anyer

    1. mamah-etty Post author

      Yaudin hayok kita ke anyer Yan, secara ga mungkin gue ngajakin lu nyebur di danau jambore 😂😂

      Reply
  1. Sandra Nova

    Gue lagi nyari nih ayam betelor emas biar bisa liburan kapan aja hahahahha… Mangpaat liburan emang banyak, apalagi kalau anak bisa bebas gogoleran dipantai… paling emaknya yg capek ngurusin ini itu 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *