Mencuci tangan, langkah sederhana namun ajaib

Assalamualaikum…

Duileee lama ditinggalin sama mamah mudah-mudahan pembacanya masih pada setia yah *pandang nanar traffic blog*  Mohon maaf lahir dan batin yaa kalo beberapa bulan terakhir gak sempet di updet-updet blognya, biasalaah namanya juga artis lagi naek daon jadi banyak job off air keliling kampung.

*sungkem satu-satu ke pembaca blog yang ditutupin debu*

Rasanya kalo hidup lagi ruwet tuh pengen banget kembali ke masa kecil mamah dulu yang kerjaannya cuma maen layangan, maen petak umpet sama maen kasti tiap hari. Duh emang masa kecil itu is the best yah.

IMG_20170411_220310-01

Makanya mamah juga pengen banget ngasih kenangan masa kecil yang menyenangkan buat anak-anak dirumah. Pengennya sih mereka dibiarin bereksplorasi dengan bebas di lingkungan. Tapi emmm… takut malah sering sakit.

Awalnya yah mamah mikirnya kok kayaknya anak zaman sekarang lebih ringkih dan gampang sakit dibandingin zaman dahulu kala. Dulu mah kayaknya mamah bolak-balik maen hujan-hujanan, jajan sembarangan dan jarang mandi tapi sehat-sehat aja tuh 😀

Apalagi penyakit zaman sekarang tuh aneh-aneh dan bikin rambut para orang tua cepet ubanan kayaknya. Segala jenis flu mulai yang lokal, sampe flu singapura dan flu burung ada semua. Pusing gak sih jadi orang tua masa kini?!

Ternyata itu semua ada sebabnya loh, mau tau gak? Mau dong pastinya yaa..

*kepretin pake handuk basah*

Pada acara launchingnya Sabun Lifebuoy varian terbaru yakni Lifebuoy ActivSilver Formula mamah dapat jawabannya dari salah satu narasumber yang dihadirkan oleh Lifebuoy. Dari bibir merah merona DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA (K) mamah akhirnya tahu bahwa:

Ternyata keadaan kuman zaman sekarang sangat berbeda dibandingkan keadaan kuman zaman kita kecil dulu. Kuman zaman sekarang justru semakin kuat.

Penyebabnya sih karena salah kita juga umat manusia yang konon mahluk paling cerdas dan khalifah dimuka bumi ini, antara lain:

  • Penggunaan obat antibiotik yang tidak tepat dan cenderung disalahgunakan. Haloo yang masih suka beli antibiotik tanpa resep dokter dan minumnya seenak udel Hamish Daud.
  • Kemampuan kuman beradaptasi dengan lingkungan. Kembali ke masalah antibiotik, falsafah “what doesn’t kill you make stronger” sepertinya dimaknai sepenuh hati oleh para kuman ini. Makin kita sembarangan make obat-obatan, mereka makin kuaaatt.
  • Tingkat polusi yang semakin tinggi serta gaya hidup yang kurang sehat.
  • Tingkat populasi dan migrasi penduduk yang semakin tinggi. Akibatnya yah banyak penyakit yang dengan mudah menyebar ke semua penjuru dunia. Literally, world without borders. Manusia boleh sok-sokan musuh-musuhan antar ras, suku atau agama tapi urusan penyakit kita berbagi dengan suka rela dan tanpa pandang bulu tuh. Sedih.

IMG_20170330_193255

Upaya pencegahan dari ancaman penyakit dan infeksi yang datang dari kuman-kuman ini sebenarnya sangat sederhana tapi disinilah peranan ibu-ibu alias mamah-mamah semua sangat diperlukan.

Cuci tangan pakai sabun dan mandi dua kali sehari sangat diperlukan untuk mencegah tubuh tertular kuman penyebab penyakit

Hayolah ngaku aja siapa sih yang paling cerewet dirumah untuk urusan beginian kalo bukan ibu-ibu kayak kita-kita ini. Buktinya artis Sissy Prescillia dan Sabai Morchek (yang bawa baby BJORKA si super imut) aja ngaku bahwa mereka yang paling ribet ngingetin suami dan anak-anak mereka untuk cuci tangan pakai sabun.

Mom Sissy bahkan sampai menyediakan wastafel di bagian depan rumah supaya sebelum masuk keluarganya selalu ingat untuk mencuci tangan loh.

Kapan sih saat yang tepat untuk mencuci tangan? *

  1. Ketika tangan kotor kalian semua suci aku penuh nodaaa
  2. sebelum makan
  3. setelah menggunakan kamar mandi
  4. setelah membuang ingus, bersin atau batuk
  5. setelah bermain ataupun menyentuh barang-barang rumah,
  6. setelah menyentuh binatang, termasuk binatang peliharaan,
  7. sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit,
  8. setelah bermain di luar rumah, dan
  9. saat mandi.

*)sumber: www.lifebuoy.co.id

Mana sih yang lebih baik, cuci tangan pakai sabun atau pake hand sanitizer?

Ternyata cuci tangan dengan sabun dan air lebih baik, apalagi kalau kondisi tangan tampak jelas dan nyata ada kotoran (misalnya tanah, debu atau upil) pake hand sanitizer tidak akan efektif untuk membersihkan.

Selain dr.Ariani, Sissy dan Sabai hadir juga Bpk.Evan Rickyanto, Senior Brand Manager Lifebuoy. Pak Evan ngejelasin kenapa sih Lifebuoy akhirnya merilis varian ActivSilver Formula ini. Kenapa harus silver? Kenapa enggak gold atau diamond?

IMG_20170330_184231

Ternyata Silver sendiri sudah lama dikenal sebagai antibakteri yang efektif dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya penggunaan silver pada alat kesehatan yang terbukti dapat mencegah bakteri menempel hingga 99%. Penggunaan formula silver pada salep luka dan perban juga bisa membantu mengurangi berkembangnya bakteri pada luka.

Dengan terobosan terbaru ActivSilver Formula ini Lifebuoy berharap para ibu bisa mendapatkan produk terbaik untuk melindungi kesehatan keluarga dalam menghadapi kuman yang berevolusi semakin kuat.

Yuk mari kita mulai sehat dari diri sendiri, dari lingkungan terkecil dan kemudian kita sebarkan ke semua lingkungan. Jangan cuma rajin nyebar berita hoax di akun sosial media, atau aktif mengkhatamkan gossip di Lambe Turah tapi gak tau disekolah anaknya disediain sabun buat cuci tangan apa enggak?!?

“Love begin by taking care of the closest ones-the ones at home” -mother teresa-

 

3 gagasan untuk “Mencuci tangan, langkah sederhana namun ajaib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *