Pulau Mentawai, Surga Baru Buat Pecinta Pantai

 

Assalamualaikuuum..

Duhai buibu, siapa aja yang walaupun long weekend di depan mata tapi gak berdaya karena tagihan-tagihan sudah menanti dan jadwal imunisasi balita gak bisa ditunda??

Sayaaaahhh *curcolmaksimal*

Kadang yah, kalau lagi bosen banget berkutat sama cucian yang gak ada abis nya atau lagi sedih nyikatin kamar mandi gue suka ngayal babu disawer duit sama bu dendy. Nyoh nyoh nyoooh *brb mungutin lembaran duit*

gambar dari: macaronisresort.com

Apalagi kan sisa tagihan liburan yang lalu aja belom semua lunas dibayar *kemudian diludahin financial planner*

Tapi siapa sih di dunia ini yang gak butuh sesekali liburan dan lari dari rutinitas yang ngebosenin inih? Apalagi kalau liburannya ke pantai yang bersih, sepi dan  pemandangan nya bagus. Beuuhhh sedapnya ngalahin makan nasi goreng kambing kebon sirih idolaque.

Indonesia sih gak kekurangan pantai-pantai bagus, gue nya aja yang selalu kekurangan duit. Buat yang udah bosen pergi ke Bali atau Lombok bolehlah sesekali melipir ganti haluan. Masih banyak pilihan selain dua tempat itu kok.

Sebut aja deh ada Belitung yang mulai sering dilirik jadi tempat liburan dan outingnya anak kantoran Jakarta. Nah kalo kita suka nyari ombak, coba deh lirik Pulau Mentawai. Sebenernya buat pecinta olahraga selancar, Pulau Mentawai bukantempat yang asing lagi. Ombak di gugusan pulau yang berada di Sumatera Barat ini sudah dikenal luas di seluruhdunia, gak kalah menantang dari PulauNias dan G-Land di Banyuwangi.

Selain dikenal dengan keindahan ombaknya yang menantang adrenalin, Mentawai juga punya banyak tempat seru lain yang nggak kalah cantiknya sama tempat wisata di Indonesia. Tiket pesawat murah ke Mentawai juga banyak, nggak bakal menguras kantong buat liburan ke pulau ini.

Di mana Mentawai?

Buat kita yang nilai geografinya gak lebih dari 7 waktu sekolah dulu, pasti gak tau deh ini pulau adanya dimana. Hayooo ngakuuu. Penasaran, di mana sih tepatnya Mentawai ini? Kepulauan ini adanya di selatan Sumatera Barat dan kita harus nyebrang pake perahu lagi kesana.

Cara sampe ke Mentawai gimana mah?

Cari tiket pesawat murah tujuan Padang. Nah kalo udah mendarat di bandara Minangkabau, Padang, lanjutin perjalanan kita ke pelabuhan Muara/Bungus. Dari sini, kita masih harus sambung naik perahu selama kurang lebih 10 jam menuju pelabuhan Maillepet, Siberut, salah satu pulau paling besar di kawasan Mentawai.

Takut bosen atau mabok laut? Makanya perginya sama suami atau gebetan, siapa tau gak cuma mabok laut tapi mabok cinta sekalian *uhuuy*

Selancar di ombak besar, di sini tempatnya

foto:mentawaisurflodge.com

Ada banyak pilihan untuk melakukan olahraga selancar di Mentawai. Konon yang paling deket sih kalo kita datang pake perahu itu sisi selatan Pulau Siberut yang ombaknya sangat besar.

Selain itu kita juga bisa menjajal serunya surfing di Pulau Sepora (bukan Sephora tempat beli lipensetip sama sedow ya buibuu) yang ombaknya cantik namun ganas *persis mamah etty*. Atau mencoba menantang nyali di Pulau Nyang Nyang, yang ombaknya dinobatkan sebagai terbaik ketiga setelah Hawaii dan Tahiti.

Tapi kita kalau mau surfing di Mentawai harus bawa peralatan selancar sendiri ya. Karena berbeda dengan kawasan surfing lainnya yang sudah terkenal, fasilitas di Mentawai belum lengkap. Daripada batal main surfing karena gak ada papan yang bisa disewa, mendingan bawa sendiri dari rumah kan?

Snorkling dan Diving

sumber:aweraresort.com

Selain punya banyak pantai buat surfing yang ombaknya  gede kayak hutang Indonesia, kawasan Mentawai juga konon ada puluhan sekali lagi PULUHAN spot snorkeling dan diving yang keren. Apalagi karena belum terlalu ramai pengunjung, keragaman biota laut dan terumbu  karangnya masih alami dan terlindung.Tapi inget selalu yaa, leave nothing but footprints and take nothing but memories.

Sayangnya sama kayak surfing, persewaan peralatan snorkeling dan diving juga belum banyak di Mentawai. Pilihannya yaa bawa sendiri dari rumah kalau mau melakukan dua kegiatan seru ini. Tapi kita gak perlu khawatir soal gimana nemuin spot yang keren, kalau baca di review-review yang udah pada ke sana sih katanya warga sekitar sudah hafal mana titik terbaik untuk snorkeling dan diving di sana dan mau banget pastinya nunjukin ke kita-kita.

Atau mau total sekalian? Yuk kolaborasi kita buka persewaan alat-alat snorkeling sama diving bareng penduduk lokal di sini 😀

Baca juga : Liburan di Ujung Genteng

Leyeh-leyeh manja ngeliat sunset

sumber:republika.co.id

Kalau tujuan liburannya cuma mau leyeh – leyeh di pantai yang pasirnya putih bersih terus posting di instagram, Mentawai juga surga. Konon nih yaa ada ratusan pantai yang pemandangan senjanya terbaeek ada di sini, lagi-lagi konon semua pantainya punya hamparan pasir putih yang selembut bedak bayi, lengkap dengan nyiur melambai yang bakalan bikin suasana jadi santai. Plus instagrammable #pentingbangetnih

Pokoknya Mentawai mah paket lengkap, disini kita juga bisa liburan sambil berpetualang!

Kenalan sama budaya Mentawai yang eksotis

sumber:nationalgeographic.co.id

 

Enggak cuma keindahan alamnya yang bikinkagum, kawasan Mentawai juga punya ragam budaya yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang. Suku-suku yang tinggal di Mentawai masih banyak yang sangat tradisional.

Kita bisa lihat bagaimana mereka berburu, memasak, menari, bikin kerajinan tangan dan berbagai kegiatan seru lainnya selama liburan di Mentawai. Jadi gak cuma liat pemandangan indah, pengetahuan kita juga makin bertambah.

Budaya Indonesia yang kaya ini emang seng ada lawan lah, makanya kita harus hargai juga. Caranya? Hormati adat istiadat yang berlaku di semua tempat yang kita kunjungi. Inget kita itu tamu, harus sopan sama tuan rumah dong. Masa tamu nyusahin terus songong?!?

Nahhhh ternyata Mentawai menarik banget yekaann? Nyohh buruan kita nyari tiket pesawat murah ke Padang terus jalan liburan seru di Mentawai yang gak ada duanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *