Serba-serbi Cibubur Part 1

Berhubung mamah sering banget ditanyain ” Beli rumah di cibubur recommended gak sih? Macet gak sih? endesbre endesbre”. Makanya edisi hari ini mamah mau ngupas plus-minus nyari rumah di Cibubur. Dan mana sih yang beneran daerah Cibubur.

Cibubur

Daerah dengan kode 13720 ini adalah sebuah wilayah kelurahan di kecamatan Ciracas – Jakarta Timur yang terbentuk sejak 20 Maret 1991. Terdiri dari 14 Rukun Wilayah Luas wilayah kurang lebih 4.509 km2

sumber: www.kelurahan-cibubur.org

petakelurahancibubur

Nah kalo yang sekarang sering disebut “Cibubur” oleh banyak orang justru daerah-daerah yang secara geografis jauh dari Kelurahan Cibubur itu sendiri.

Perumahan Kota Wisata? Nope bukan Cibubur, secara wilayah itu masuk Bogor.
Perumahan raffles hills? Depok ituuu.

Makanya buat yang lagi nyari rumah di daerah Cibubur, pastikan dulu satu hal : anda mau jadi warga daerah mana?

Jakarta? Depok? Bekasi? Atau justru Bogor?

Jangan sampe dimulut sering menghina dina temen yang rumahnya Bekasi eeeh taunya lu beli rumah di Bekasi juga.

Contoh:

Budi sering menghina Badu yang rumahnya di Bekasi. Budi beli Rumah di Cibubur villa 2. Badu memberi selamat pada Budi karena telah menjadi warga bekasi. Budi syok karena Cibubur Villa 2 ternyata masuk wilayah Jati Sampurna – Bekasi. Selamat menjilat ludah sendiri ya Bud.

Buat warga Jakarta lagi nyari rumah dan pengen tetap jadi warga Jakarta, silakan mencari rumah di wilayah kelurahan Cibubur.

Kelebihannya:

  • Ente ga perlu ribet-ribet ngurus pindah kependudukan ke luar Jakarta. Tetep ngurus pindah sih tapi relatif lebih gampang karena masih Jakarta.
  • Sekolah Negerinya banyak dari SD sampe SMA (kalo Udah punya anak sekolah) dan kualitasnya beragam dari yang biasa sampe unggulan alias SSN ada.
  • Angkutan umum relatif lebih lengkap dan ada 24 jam, hampir semua wilayah dilewati angkot. Yang gak ada di Cibubur itu Stasiun Kereta sisanya lengkap dah.
  • Pilihan belanja beragam, mau yang tradisional atau modern ada semua. Oke, emang gak mungkin sekeren Pasar Modern BSD sih tapi yang penting ada lah. Mall andalannya tentunya the one and only : Cibubur Junction.

cibubur junctiongambar dari: sini

Kekurangannya:

  • Harga jual rumah atau tanah di daerah sini udah mahal banget. Harga tanah antara 3-5 juta/m tergantung lokasi.
  • Tidak ada pengembang besar, jadi yang ada adalah pengembang kecil atau pribadi. Umumnya sih bentuknya cluster kecil dengan jumlah 8-10 rumah bahkan ada yang kurang dari itu. Yang lebih banyak justru pilihan rumah second. Jadi kemungkinan pengurusan KPR lebih ribet sikit daripada kalo kita ambil rumah dari pengembang besar.
  • Ada beberapa kawasan yang kalo musim hujan udah pasti banjir. Lokasinya dipinggir kali Cipinang. Jadi pastikan kalo nyari rumah ya jangan daerah situ.
  • Macet, sebenernya di Jakarta hampir semua wilayah udah pasti macet, tapi untuk orang yang gak kuat macet saran gw: jangan beli rumah di Cibubur bray, lu cari yang ada pilihan transportasi kereta aja sana.

Untuk yang budgetnya tipis tapi masih pengen nyari rumah yang agak-agak “Cibubur” saran gw carilah rumah di Pondok Ranggon (Iyeee ini kampung gw emang, tapi promosi kampung sendiri berpahala loh).

Lokasi gak jauh dari Jalan alternatif Cibubur-Cileungsi, harga tanahnya jauuh lebih bersahabat dikantong dibandingkan Cibubur. Kekurangannya adalah : Lebih dikenal karena TPU nya. Jadi siapin mental dikira punya rumah dipinggir kuburan.

Kalo untuk rumah di Cibubur ente harus nyiapin budget 600 juta keatas, maka untuk rumah dengan ukuran yang sama di Pondok Ranggon cukup nyiapin setengahnya aja. Plus bebas banjir wilayahnya.

Dan Pondok Ranggon ini masih Jakarta loh (walopun kepleset dikit udah masuk Bekasi juga). Termasuk wilayah Kecamatan Cipayung, masih satu kecamatan sama TMII (Taman Mini Indonesia Indah) dan Lubang Buaya.

peta kecamatan cipayung

Sedap kan?? 😀

Untuk kelebihan dan kekurangan lainnya hampir sama lah kayak Cibubur yang sebenarnya. Sekolahan buanyak, ke Pasar deket, angkutan umum terjamin, tempat ibadah bertebaran dan deket sama hutan wisata Wiladatika jadi bawaannya adem.

Kelebihan yang dimiliki Pondok Ranggon tapi gak dimiliki Cibubur adalah : Pilihan pintu tolnya lebih banyak. Kalo rumah lu di Pondok Ranggon lu bisa milih masuk tol dari Cibubur (Macyet eym), Cilangkap (kalo mau ke JORR) atau ke TMII (langsung ke dalkot).

Type rumah yang di jual pun mirip-mirip dengan daerah Cibubur, yaitu cluster-cluster kecil dengan jumlah rumah gak sampe 20. Contohnya Cibubur Crown yang buka harga dari 300-an juta, ini lokasinya di Pondok Ranggon loh.

Kalo zaman dahulu kala daerah Cibubur dan Pondok Ranggon ini diibaratkan “tempat jin buang anak“, maka besar harapan mamah semoga pemerintahan negara jin sudah memiliki Undang-undang perlindungan anak dan Undang-undang anti kekerasan dalam rumah tangga.

Kenapa emangnya mah?

Soalnya daerah sini sekarang udah rame, takutnya itu jin-jin ngebuangnya makin jauh atau anak-anak mereka gak jadi dibuang tapi ditelantarkan. Mudah-mudahan enggak begitu ya gaes kejadiannya.

Udahan dulu Part 1 nya, untuk part-part selanjutnya mamah akan ngebahas “Cibubur” yang masuk wilayah Bekasi, Depok dan Bogor *Laaahh banyak*

45 gagasan untuk “Serba-serbi Cibubur Part 1

  1. Desi

    ooooo gue baru tau kalo pondok rangon kesonoan dikit, udah bekasi yak ?
    kalo lewat tol cibibur mah, alamat manyun dah, kaga weekdays kaga weekend syelaluuuu maceett eeymm 😀

    Balas
  2. IndKur

    Oooh gw baru tau kalo perumahan-perumahan real estate yang diklaim sebagai ” Cibubur ” itu bukan Cibubur.
    Pantesan pada banyak yang check-in di mall Bekesyong yaaa….mall nya cuma satu sih. *kabuuuurrrr ah daripada Bekesyong dibully masyarakat Cibubur*

    Balas
  3. Febriyan Lukito

    Ngakak mak gw bacanya. Tapi emangggg. Hati2 sama kata2 kita yak. Jatohnya bisa Bekasi. Hahahahahaha. Gw aja masuk Bogor Makk. Dan tahunya pas setahun lebih di sana. Wkwkwkwkwk.

    Mariiiii. Hidupkan Cibubur – cibubur jakarta – cibubur depok – cibubur bekasi – cibubur bogor. Dmn lagi coba tinggal di deket 4 kabupaten kayak di cibubur. Hahahahaha.

    Balas
  4. Dita

    bwahahaha ngekek deh aku kalo baca-baca disini 😀
    akyu kemarin juga dijelasin sama sist Santi kayak gini, trus langsung penasaran dan buka peta.

    Balas
  5. eda

    empoooook (gpp kan masih panggil mpok, meski udah ganti panggilan lebih ketjeh! :p).. aku kira di jekarda itu udah gak ada rumah seharga 300 jetii.. ternyata masih ada yaaaa… sama aja sik di surabaya, kalo harga2 segitu, agak minggir gitu lokasinya, atau paling enggak, surabaya coret deh

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      300 juta itu dapet rumahnya cilik mentik da, Rumah barbie kalo Kata mamah Gw 😀
      Khusus buat kamu, boleh lah panggil mpok asal kamu seneng aja maen kesini terus.

      Balas
  6. bemzkyyeye

    Wkwkwkwwkwkwkwk jd inget dlu wkt rmh gw msh di jl raya hankam situ, tmn2 gw blg klo rmh gw bekasi krn udah ngelewatin sumir, gw ngotot ke bokap suruh pindah di sumir biar ga disebut rmhnya di bekasi, saking ga mau nya jd org bekasi, eh trus skrg nikah sama org bekasi #mamamtuhye! Haahhahahaa

    Balas
  7. mrscat

    Haha halo halo dari warga cibubur coret ? aku suka bingung sama org yg menghina2 rumah si a di sana di sini di situ, nyang penting sih selama udah punya rumah yg bukan hasil korupsi jgn dihinalah. Kalo mau nyinyir, nyinyirin tuh pejabat yg rumahnya di menteng tapi korup.

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Hahahahahaa Cikeas ituuuh, bukan Cibubur *kemudian disambit bambu* berhubung rumah Gw di daerah antah berantah, manalah Gw pernah menghina lokasi rumah orang lain 😀
      Jangan lebih nyebelin itu orang yang hobby nya ngehina semua daerah pinggiran padahal dia di tengah kota cuma ngekost *curcol*

      Balas
  8. leonyhalim

    Gue di Jakarta Barat…. Tapi ngga sampai 5 menit naik mobil, udah masuk Tangerang! Lah sama aja harga rumah di Alsut, BSD, dan sekitarnya jg menyeramkan toh?

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Kalo dibandingin sama Alsut, BSD sama bintaro harga rumah di Cibubur relatif lebih murah Le. Tapi gak enaknya tata ruang nya amburadul, gak kayak BSD yang kece maksimal.

      Balas
  9. Nadia Khaerunnisa

    Ah! Pertolongan besar! Lagi nyari rumah nih Mah Etty, dan eike bingung di daerah mana yg gak banjir dan gak macet. *kemudian dibekep warga jakarta* haha
    Eh tapi pondok ranggon itu kayaknya lumayan, masih ada ya daerah jakarta yg 300an gitu. Mamah Etty trus kalo ke kantor transportnya gimana? *nyari referensi*

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      Gw bareng Suami sampe gatsu terus nyambung naik metromini ke benhil Nad. Kalo mau bisa juga naik bis dari taman mini, segala jurusan ada. Lha wong deket kampung rambutan 😀

      Balas
  10. NanaBanana

    Mak etty,,,cariin rumah yg d pondok ranggon dong, kalo bs mah tetanggaan ama seleb blog tercinta mamah etty nu geulis tea *dateng2 nodong* *lupa beban kpr yg menjerat leher*

    Balas
  11. doena

    wah aku jug amau nyari rumah mbak, pendatang baru kjkt. langsung syok liat harga rumah djkt,
    masa luas tanah 70meteran aja bisa 400jt dan lokasinya pun nun jauh disana.

    kantorku di daerah pasar rebo mbak, sebaiknya nyari rumah dekat mana yang harganya kejangkau ya (under 500jt). bagus bintaro , cibubur, depok ato bekasyong?

    thanks mbak :))
    ditunggu part 2 nya yaaa

    Balas
    1. emaknyashira Penulis

      iyanih, harga-harga rumah makin edan di Jakarta *usap air mata*
      Mbaknya tahan macet gak? Kalo enggak tahan, gw saranin cari rumahnya ke arah Depok sanaan lagi atau Bintaro sanaan lagi aja.
      Kalo mau yang under 500jt dan pengennya dapet rumah baru (bukan second) pilihannya ke arah sawangan (agak jauh dari stasiun kereta) atau citayam dan cilebut. Kalo yang arah Bintaro atw Serpong, yang masih terjangkau itu daerah Cisauk.
      Waduh ini jawaban komen gw panjang amat *pusing*

      Balas
  12. doena

    kayanya lebih milih yang deket dengan stasiun , citayam kali ya? kl deket stasiun derita macetnya dari rumah ke stasiun atau dari stasiun ke tempat kerja aja.

    mbak pergi kerja jam berapa kl dari cibubur? ga pergi kerja pas ayam berkokok kan ya? hihi
    aku kalo didaerah masuk jam 7.30, dari rumah jam 7.15 😀

    Balas
  13. Lia

    orang bekasi datang nih :-D. walaupun di planet lain tapi banyak mall ya hehehe. Aku baru sekali ke cibubur junction pas lewat aja

    Balas
    1. mamah-etty Penulis

      Jonggol calon ibukota tauk!
      Tapi emang jauh bingit sih Rip, setara 100 jepretan tali beha jin wanita paruh baya 😀

      Balas
  14. Ping-balik: AADC#2 - Ada Apa Dengan Cibubur Part 2

  15. astrid

    Dibikinin ttg pondok rangon part 2 donk seperti tempat makan, belanja kebutuhan, atau cari pernak pernik lucu buat isi rumah di daerah pd. rangon. soalnya mertua mau pindah sana. Biar nyarinya ga jauh jauh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *