Arsip Tag: cari rumah

Serba-serbi Cibubur Part 1

Berhubung mamah sering banget ditanyain ” Beli rumah di cibubur recommended gak sih? Macet gak sih? endesbre endesbre”. Makanya edisi hari ini mamah mau ngupas plus-minus nyari rumah di Cibubur. Dan mana sih yang beneran daerah Cibubur.

Cibubur

Daerah dengan kode 13720 ini adalah sebuah wilayah kelurahan di kecamatan Ciracas – Jakarta Timur yang terbentuk sejak 20 Maret 1991. Terdiri dari 14 Rukun Wilayah Luas wilayah kurang lebih 4.509 km2

sumber: www.kelurahan-cibubur.org

petakelurahancibubur

Nah kalo yang sekarang sering disebut “Cibubur” oleh banyak orang justru daerah-daerah yang secara geografis jauh dari Kelurahan Cibubur itu sendiri.

Perumahan Kota Wisata? Nope bukan Cibubur, secara wilayah itu masuk Bogor.
Perumahan raffles hills? Depok ituuu.

Makanya buat yang lagi nyari rumah di daerah Cibubur, pastikan dulu satu hal : anda mau jadi warga daerah mana?

Jakarta? Depok? Bekasi? Atau justru Bogor?

Jangan sampe dimulut sering menghina dina temen yang rumahnya Bekasi eeeh taunya lu beli rumah di Bekasi juga.

Contoh:

Budi sering menghina Badu yang rumahnya di Bekasi. Budi beli Rumah di Cibubur villa 2. Badu memberi selamat pada Budi karena telah menjadi warga bekasi. Budi syok karena Cibubur Villa 2 ternyata masuk wilayah Jati Sampurna – Bekasi. Selamat menjilat ludah sendiri ya Bud.

Buat warga Jakarta lagi nyari rumah dan pengen tetap jadi warga Jakarta, silakan mencari rumah di wilayah kelurahan Cibubur.

Kelebihannya:

  • Ente ga perlu ribet-ribet ngurus pindah kependudukan ke luar Jakarta. Tetep ngurus pindah sih tapi relatif lebih gampang karena masih Jakarta.
  • Sekolah Negerinya banyak dari SD sampe SMA (kalo Udah punya anak sekolah) dan kualitasnya beragam dari yang biasa sampe unggulan alias SSN ada.
  • Angkutan umum relatif lebih lengkap dan ada 24 jam, hampir semua wilayah dilewati angkot. Yang gak ada di Cibubur itu Stasiun Kereta sisanya lengkap dah.
  • Pilihan belanja beragam, mau yang tradisional atau modern ada semua. Oke, emang gak mungkin sekeren Pasar Modern BSD sih tapi yang penting ada lah. Mall andalannya tentunya the one and only : Cibubur Junction.

cibubur junctiongambar dari: sini

Kekurangannya:

  • Harga jual rumah atau tanah di daerah sini udah mahal banget. Harga tanah antara 3-5 juta/m tergantung lokasi.
  • Tidak ada pengembang besar, jadi yang ada adalah pengembang kecil atau pribadi. Umumnya sih bentuknya cluster kecil dengan jumlah 8-10 rumah bahkan ada yang kurang dari itu. Yang lebih banyak justru pilihan rumah second. Jadi kemungkinan pengurusan KPR lebih ribet sikit daripada kalo kita ambil rumah dari pengembang besar.
  • Ada beberapa kawasan yang kalo musim hujan udah pasti banjir. Lokasinya dipinggir kali Cipinang. Jadi pastikan kalo nyari rumah ya jangan daerah situ.
  • Macet, sebenernya di Jakarta hampir semua wilayah udah pasti macet, tapi untuk orang yang gak kuat macet saran gw: jangan beli rumah di Cibubur bray, lu cari yang ada pilihan transportasi kereta aja sana.

Untuk yang budgetnya tipis tapi masih pengen nyari rumah yang agak-agak “Cibubur” saran gw carilah rumah di Pondok Ranggon (Iyeee ini kampung gw emang, tapi promosi kampung sendiri berpahala loh).

Lokasi gak jauh dari Jalan alternatif Cibubur-Cileungsi, harga tanahnya jauuh lebih bersahabat dikantong dibandingkan Cibubur. Kekurangannya adalah : Lebih dikenal karena TPU nya. Jadi siapin mental dikira punya rumah dipinggir kuburan.

Kalo untuk rumah di Cibubur ente harus nyiapin budget 600 juta keatas, maka untuk rumah dengan ukuran yang sama di Pondok Ranggon cukup nyiapin setengahnya aja. Plus bebas banjir wilayahnya.

Dan Pondok Ranggon ini masih Jakarta loh (walopun kepleset dikit udah masuk Bekasi juga). Termasuk wilayah Kecamatan Cipayung, masih satu kecamatan sama TMII (Taman Mini Indonesia Indah) dan Lubang Buaya.

peta kecamatan cipayung

Sedap kan?? 😀

Untuk kelebihan dan kekurangan lainnya hampir sama lah kayak Cibubur yang sebenarnya. Sekolahan buanyak, ke Pasar deket, angkutan umum terjamin, tempat ibadah bertebaran dan deket sama hutan wisata Wiladatika jadi bawaannya adem.

Kelebihan yang dimiliki Pondok Ranggon tapi gak dimiliki Cibubur adalah : Pilihan pintu tolnya lebih banyak. Kalo rumah lu di Pondok Ranggon lu bisa milih masuk tol dari Cibubur (Macyet eym), Cilangkap (kalo mau ke JORR) atau ke TMII (langsung ke dalkot).

Type rumah yang di jual pun mirip-mirip dengan daerah Cibubur, yaitu cluster-cluster kecil dengan jumlah rumah gak sampe 20. Contohnya Cibubur Crown yang buka harga dari 300-an juta, ini lokasinya di Pondok Ranggon loh.

Kalo zaman dahulu kala daerah Cibubur dan Pondok Ranggon ini diibaratkan “tempat jin buang anak“, maka besar harapan mamah semoga pemerintahan negara jin sudah memiliki Undang-undang perlindungan anak dan Undang-undang anti kekerasan dalam rumah tangga.

Kenapa emangnya mah?

Soalnya daerah sini sekarang udah rame, takutnya itu jin-jin ngebuangnya makin jauh atau anak-anak mereka gak jadi dibuang tapi ditelantarkan. Mudah-mudahan enggak begitu ya gaes kejadiannya.

Udahan dulu Part 1 nya, untuk part-part selanjutnya mamah akan ngebahas “Cibubur” yang masuk wilayah Bekasi, Depok dan Bogor *Laaahh banyak*