Tag Archives: rumah bersih

Rumah Bersih : Jangan ada debu diantara kita

Jujur aja ya, tugas terberat sebagai pemilik rumah setelah membayar cicilan KPR adalah…memelihara kebersihan rumah itu sendiri. Kadang gue berharap terlahir sebagai penyihir supaya hidup lebih mudah, tinggal ayun tongkat sihir ajaib ke setiap pojok rumah dan wuuushh rumah bersih seketika.

Sayangnya karena gue belum berjodoh menikah dengan Harry Potter atau Pangeran William jadi impian bisa menyihir rumah tetap bersih atau punya seratus asisten rumah tangga kandas gak bersisa. Tergigit realita, hidup ini memang penuh perjuangan bung *singsingkan lengan baju*

Apalagi sebagai ibu bekerja gue cuma punya waktu diakhir pekan itupun harus berbagi dengan setumpuk agenda lainnya seperti : belanja mingguan dan masak, rasa-rasanya kok ya makin berat rintangan buat bersih-bersih rumah ini.

Salah satu tantangan membersihkan rumah buat gue, ini baru separuh dari koleksi komik di rumah kami

Salah satu tantangan membersihkan rumah buat gue, ini baru separuh dari koleksi komik di rumah kami

Tantangan dalam membersihkan rumah

Selama ini ada beberapa hal yang menghambat kegiatan gue membersihkan rumah, diantaranya:

  1. Debu yang beterbangan ketika dibersihkan membuat suami dan anak yang alergi debu sangat menderita. Mulai dari batuk hingga bentol-bentol dikulit karena debu membuat gue harus ekstra hati-hati ketika membersihkan rumah. Kemoceng is a big NO for us karena bikin debu beterbangan kemana-mana;
  2. Banyak sudut-sudut yang sulit dijangkau untuk dibersihkan misalnya : atas lemari, belakang sofa atau kolong tempat tidur. Harus keluar tenaga ekstra untuk membersihkan tempat-tempat ini deh, belum lagi debunya *lelah*
  3. Rumah gue desainnya minim sekat dan banyak jendela yang dimaksudkan untuk memperlancar sirkulasi udara. Udara memang lancar mengalir sih tapi yaa debunya ngikut juga, hiks;
  4. Koleksi komik gue dan suami yang jumlahnya hampir 1500 buah itu perlu penanganan ekstra supaya terhindar jadi sarang debu;
  5. Ngebersihin rumah itu capek, hayati lelah bang. Apalagi senin sampai jumat sudah dipakai untuk bekerja rasanya weekend tuh cuma tersisa sedikit tenaga, maunya ya dipake untuk kegiatan yang menyenangkan.

Makanya gue ikutan acara #TUMLuncheon yang digagas The Urban Mama dan Electrolux pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2016 lalu. Pada acara yang berlangsung di The HOOK Restaurant ini, #TUMExpert Diana Pratiwi atau akrab dipanggil mbak Montje membagi trik membersihkan rumah secara efektif.

Sebagai gambaran  mbak Montje ini memiliki usaha sewa ruang penginapan yang diurusnya sendiri tanpa bantuan asisten loh, hebatnya lagi penginapan yang dikelolanya juga mendapat pengakuan atas pelayanan dan kebersihannya yang jempolan. Sungguh gue ingin menjura padamu mbak Montje.

 

 

rumah bersih dan sehat dengan vacuum cleaner electrolux

mbak Montje (kanan) dan mbak Marsha Tungka (kiri) sedang berbagi tips menciptakan rumah bersih dan sehat dengan vacuum cleaner electrolux

Tips-tips membersihkan rumah dari mbak Montje antara lain:

  • Membagi jadwal membersihkan rumah menjadi 3 jenis yaitu : harian, mingguan dan bulanan. Kegiatan yang mudah untuk dilakukan baiknya diterapkan secara harian misalnya menyapu, mengepel, mengelap meja. Kegiatan yang memerlukan waktu dan tenaga lebih diterapkan secara mingguan, seperti membersihkan kamar mandi, mengelap kaca-kaca jendela. Sedangkan pembersihan mendalam dan menyeluruh baiknya dilakukan sebulan sekali.
  • Bersihkan sampai ke tempat-tempat sulit seperti sudut sofa, karpet, kolong tempat tidur dan sebagainya karena debu yang bersarang disana berpotensi menimbulkan alergi atau penyakit. Cuma yaa ngebersihinnya capek banget. mbak montje kok kamu bisa siih ga pake asisten.
  • Jangan ragu menggunakan perangkat yang mempermudah pekerjaan kita dalam membersihkan rumah. Teknologi itu hadir untuk memudahkan kok. Setuju mbak Montje!!

Apa sih arti rumah bersih dan sehat buat mamah etty?

Buat gue rumah bersih dan sehat adalah rumah yang sirkulasi udara dan cahaya nya baik juga debunya minimal. Karena menghilangkan debu 100% adalah hal yang mustahil, semustahil Nicholas Saputra melamar gue jadi istrinya. Mau rumah bergaya trendy dengan perabot bergaya shabby chic atau Gothic sekalipun percuma lah kalo debunya numpuk apalagi disarangin kecoak. Hih ngeriii.

Selama ini gue membersihkan rumah dengan bantuan alat-alat konvensional berupa :

  • Lap kain untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan meja, rak buku dan kusen jendela;
  • Sapu lidi untuk membersihkan gorden dan karpet. Tepatnya sih membuat debu dari gorden dan karpet beterbangan ke sekeliling rumah 🙁
  • sapu ijuk dan kain pel untuk menyapu dan mengepel lantai.

Sudah lama gue mencoret kemoceng sebagai bagian dari tim bersih rumah karena malah membuat debu semakin liar beterbangan kemana-mana.

Fungsi Dan Keunggulan Vacuum Cleaner

Ketika mbak Marsha Tungka, product marketing small appliances and vacuum cleaner Electrolux Indonesia berbagi ilmu mengenai Vacuum Cleaner gue langsung ngiler mamiih. Bukan karena mbak Marsha kece berat yak ngilernya tapi karena vacuum cleanernya bikin mupeng. Selama ini ternyata banyak hal yang telah salah gue mengerti dari alat ini dan gue enggak sendirian.

Masih banyak masyarakat yang salah paham dan belum mengerti kegunaan vacuum cleaner. Vacuum cleaner dianggap sebagai alat pembersih karpet semata, pun penggunaannya masih dianggap sulit dan sering dituduh sebagai barang mahal.

Padahal bila dibandingkan dengan alat pembersih konvensional vacuum cleaner relatif lebih unggul, karena :

  1. Dapat membersihkan lantai & karpet. Jadi cukup satu alat, dan bebas debu beterbangan. Merdeka!!! *teriak suami dan anak-anak*
  2. Dapat menyedot debu, air dan menyemburkan udara.
  3. Dapat menyedot debu dan kotoran yang kasat mata sampai 0,3 mikronmeter, apalagi electrolux dengan teknologi High-Efficiency Particulate Arrestance (HEPA) terbukti 99,99 persen debu yang masuk tidak bisa keluar lagi.
  4. Teknologi user friendly , untuk tipe yang stick malah ada yang cordless alias bebas kabel. Duh ini impian ibu-ibu yang punya bayi banget kayaknya, apalagi kalo bayinya lagi belajar merangkak kelilig rumah.
  5. Tersedia berbagai tipe dengan harga bervariasi. Pilih sesuai kebutuhan rumah tangga masing-masing lah cocoknya pake Vacuum cleaner tipe mana.
  6. Filter dapat dibersihkan dengan mudah.

Wish list Mamah

imageexternal-aspxYou may call it Love at the first sight, as cheesy as it may sound but i know when i see it. Its the one. Dia langsing, berwarna sangat kekinian rose gold mamaaahh *pingsan* dan cordless alias tak berkabel sama sekali.

Kayaknya kalo bersama Electrolux Ergopido ZB3114AK ini kegiatan bersih-bersih rumah bisa lebih mudah dan menyenangkan deh. Karena dia memenuhi kriteria gue untuk menciptakan rumah bersih yag sehat dan minim debu.

Karena neng Ergopido ZB3114AK atau kita sebut saja zaenab ini punya :

  • Dua mode pembersihan yaitu reguler atau super cepat dan bertenaga. Cocok untuk gue yang kalo bersih-bersih rumah seringnya buru-buru.
  • Nirkabel, cordless, gak berkabel. Duh harus yaa gue ulang untuk kesekian kalinya kalo bayi lucu dirumah lagi belajar merangkak dan betapa ribetnya gue kalo dia narik-narik kabel? 😀
  • Kepala isap yang dapat bermanuver 180◦ dengan desain yang ergonomis.
  • Desain yang baik dan bisa ditinggalkan dengan posisi berdiri dilantai. Jadi kalo kegiatan bersih-bersih rumah terpaksa disela untuk menyusui anak atau mengganti popok si vacuum cantik ini tetap bisa berdiri  sambil menunggu ku jamah kembali.
  • Brush roll clean sehingga mudah membersihkan rambut dan serat yang kusut dan menyangkut pada rol sikat.Jadi gak ada cerita vacuum nya rewel karena kesumbat rambut rontok 😀
  • Batere dengan kekuatan Lithium Turbo Power yang punya waktu pengisian batere yang cepat. Alhamdulillah lah pokoknya mah.

Apalagi Electrolux dengan pengalaman lebih dari 100 tahun  sudah banyak berinovasi menciptakan produk penghisap debu yang sesuai kebutuhan konsumen dan dengan inovasi terdepan.

Jadi mari cuss kita bersih-bersih rumah supaya sehat dan jangan lupa bahagia.

#Over100YearsElectroluxVacuum