BUAT KAUM ADAM : TIPS PDKT

Kenapa harus ngasih tips PDKT cobak? 😀

Sudah terlalu lama sendiri
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya
Sudah terlalu asyik sendiri
Sudah terlalu asyik dengan duniaku sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya

~Terlalu Lama Sendiri – Kunto Aji~

 

Karena salah satu misi gue bulan ini adalah mengentaskan kejombloan. Ada alasan kenapa lagu nya Kunto Aji yang gue tulis diatas laris di pasaran. Kenapa? Karena banyak yang merasa terwakilkan perasaannya lewat lagu ini. Perasaan terlanjur nyaman dalam kejombloan. Bukannya gak mau nyari pasangan tapi mau mulai nyari kok rasanya males karena terlanjur enak dan takut gagal (lagi).

Di postingan ini gue pengen ngasih sedikit petunjuk dari sisi perempuan, gimana sih caranya supaya kalian para laki-laki enggak salah langkah dalam pendekatan alias PDKT sehingga kamu-kamu yang masih jomblo bisa keluar dari zona kejombloan.

TIPS PDKT: berpegangan tangan dengan pasangan apalagi yang halal membawa ketenangan tersendiri pic source: pixabay

TIPS PDKT: berpegangan tangan dengan pasangan apalagi yang halal membawa ketenangan tersendiri
pic source: pixabay

Tips PDKT ini utamanya efektif untuk yang berumur awal atau akhir 30-an. Kenapa? Karena menurut gue pribadi kalo umur dibawah itumah belum perlu-perlu amatlah tips PDKT beginian karena pasti masih sering PDKT atau di PDKT-in.

Terus menurut mamah yang umurnya segitu udah jarang PDKT?

“Emangnya masih sering?” *kemudian mamah dijadiin sansak*. Tenaaang maksudnya karena umumnya di umur segitu laki-laki lagi seneng-senengnya ngejar karier sehingga ilmu PDKT nya lama gak diasah dan akhirnya kadaluarsa dimakan waktu.

Tapi ada juga kasus khusus, misalnya seseorang berumur awal 20-an tapi sama sekali belom pernah menjalin hubungan percintaan.

Emangnya ada?
ADA BANGET.

Contohnya Joni, junior gue yang pernah dibahas pada postingan yang ini. Joni selama hidupnya belum pernah menjalin hubungan percintaan baik itu sejenis atau dengan lawan jenis. Hidupnya selama ini baik-baik saja dan tidak merasa ada kekurangan, tapi sekarang Joni memutuskan mungkin sudah saatnya dia berusaha mencari pasangan.

Joni berubah pikiran bukan karena pengaruh lingkungan apalagi tekanan dari atasan. Sederhananya karena Joni mengikuti naluri dasarnya sebagai manusia, ingin melengkapi separuh agama juga ingin berkembang biak.

INI OPENINGNYA LAMA AMAAATTT

Cihh gak sabaran.

Okeeeyy mari kita masuki langsung kulikan tips PDKT:

  1. Bulatkan tekad kembali ke pasaran.
    Karena segala sesuatu itu tergantung niatnya *benerin jilbab*. Tahap ini bertujuan meluruskan niat PDKT itu sendiri, mau kemana? sama siapa? semalam berbuat apa? *ehhh* Maksudnya tujuan PDKT nya buat apa? Casual dating atau bertujuan mulia menggenapkan separuh agama? Karena beda niat beda langkah loh. Orang yang berniat sekedar casual dating buat memperluas pergaulan tentunya gak akan mempertimbangkan faktor suku apalagi agama. Yang bertujuan nikah pasti merhatiin lah, minimal faktor agama but that’s another topic. Atau mau baca postingan lama gue mengenai apa yang harusnya dipikirkan sebelum menikah? 😀
  2. Setelah tekad udah sebulat tahu yang digoreng dadakan, selanjutnya adalah mencari subyek untuk di dekati.
    Bisa melalui aplikasi kekinian semacam Tinder atau Setipe (gak gue link ah, males amat ga dibayar LOL) atau pake cara klasik tradisional yaitu liat yang terdekat diseputaran kita, bisa juga minta kenalin temen. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi intinya kalian para jomblo harus menyatakan dengan jelas pada dunia bahwa kalian sedang mencari pasangan. Semakin banyak yang tau semakin bagus karena kesempatan jadi makin banyak.
    Malu? Oh plis, mencari pasangan itu hal yang biasa kalo mencari tuyul barulah agak luar biasa. Intinya gak perlu malu.
  3. Persempit pilihan atau kriteria subyek yang akan di dekati
    Ini salah satu tips PDKT klasik. Mau nyari yang kisaran umur berapa? Background pendidikannya apa? Atau malah punya kriteria fisik tertentu, jangan ragu jangan malu namanya juga usaha. Atau lebih suka babat aja dulu semua? Oke aja sih tapi makan waktu banget. Kalo pake aplikasi mah enak ya tinggal filter-filter aja beres deh dalam waktu beberapa menit. But please be wise dan jangan lupa buka pandangan lebar-lebar. Saran gue sih, jangan terlalu saklek dengan kriteria yang kita susun. Kenapa? Karena jodoh itu jorok, bisa datang kapan saja dan darimana saja.
  4. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai subyek yang akan didekati.
    Setelah mendapat subyek yang akan didekati tentunya, baiknya pada tahap ini lu punya 2 atau 3 subyek yang akan didekati. Bukan ngajarin rakus yah, tapi seumpama pergi berlayar kita selalu butuh pelampung *kemudian keselek kapal-kapalan*
    Zaman sekarang mah menggali info tentang seseorang itu gampang banget, dengan catatan akun sosmednya gak digembok. Buka aja semua akun sosmed calon subyek, liat dan amati hobby, makanan kesukaan, bertingkahlah seperti stalker professional dan jangan bawa perasaan pada tahap ini karena merepotkan. Status aja belom jelas kok baper. Kalo lagi beruntung kalian bisa lihat tipe cowok idaman calon gebetan juga. Dari status-status Facebook nya, caption-caption Instagramnya mulai petakan jenis apakah subyek kita nanti.
    Maksudnya gimana itu mah?
    Maksudnya jenis yang suka bercanda kah, religius atau malah pelit status dan caption yang menandakan dia tipe yang…misterius atau malah bokek karena gak punya paket internet. Tahap ini ibarat memetakan medan peperangan, semakin banyak kita tau semakin bagus.
  5. Mulai dekati subyek. Jika merasa tahap pemetaan sudah maksimal, silakan maju dan berperang di medan laga. Makanya tahap pemetaan harus cepat dan efektif, usahakan dalam seminggu udah sampe tahap ini. Kalo kelamaan takutnya petanya gak up to date lagi karena perubahan iklim dan demografi. Pada tahap ini saran gue :

    BE YOURSELF BUT IN BETTER VERSION.

    Apa pula itu maksudnya? Maksudnya jangan sok humoris padahal becandaan lu garing, jangan bilang-bilang dulu kalo lu gak suka mandi, jangan ngumbar aib-aib lu dulu. Kenapa? Come on, namanya juga tahap pertama jangan langsung matiin pasaran dong ah.Tapi juga jangan penuh kepalsuan, takutnya begitu aslinya kebongkar gebetan lu kabur keluar kota terus ganti identitas saking traumanya.

  6. Pujilah subyek dengan elegan dan (keliatan) tulus
    Jadi ketika berkirim pesan singkat atau mention-mentionan selipkan pujian untuk gebetan anda. Ingat, enggak semua perempuan suka bunga tapi hampir semua perempuan suka dipuji walaupun dibibir kadang berkata sebaliknya.
    Dengan catatan: kalo pujian itu (seakan) tulus. Kalo pujiannya maksa dan membabi buta mah sapa yang sudi. Seonggok insan tampan seperti Hamish Daud aja gak pelit pujian loh

    TIPS PDKT : PUJILAH AKU SETULUS HATIMU BANG

    TIPS PDKT : PUJILAH AKU SETULUS HATIMU BANG

    #LambeTurah United

    TIPS PDKT : akan lebih mudah kalo punya muka begini pic source: detikhot

    TIPS PDKT : akan lebih mudah kalo punya muka kayak Hamish Daud begini
    pic source: detikhot

    Gimana mendeteksi kalo pujian kita masuk kategori “maksa”?
    Cara termudah untuk tau sih, kalo subyek yang dipuji tidak memberi tanggapan sama sekali sehingga terciptalah suasana hening yang canggung pada percakapan kalian. Dan ingat: JANGAN CAMPUR PUJIAN UNTUK DIA DENGAN MAKSUD MEMUJI DIRI SENDIRI!!

    It’s a big no no.

    Misalnya :
    Komen di postingan instagram atau path si dia yang sedang berolahraga
    kamu : “Wah rajin yah pulang kerja langsung ke gym, pantes kamu keliatan seger (kalo udah pernah ketemu, kalo belum pernah cukup puji kerajinan dia aja)”
    Dia : “Ah ini juga baru mulai kok” (atau jawaban basi lainnya)

    Komentar ini akan jadi sangat memuakkan kalo kemudian kamu lanjutkan dengan:
    Kamu : “Kalo aku sih senengnya lari, bulan lalu aku ikutan trail run loh 50 KM terus minggu depan mau ikutan Marathon Jomblo di Bekasi. Bulan depan aku udah rencana mau jalan kaki keliling pulau Jawa”
    Padahal gak ada yang nanya. Inget jangan hard selling, soft selling selalu lebih menarik. Cukup mention aja kalo kamu suka lari jangan langsung ngumbar pencapaian yang belum tentu dia pengen denger. If we want to know something, we would ask or simply stalk. Percaya deh pada kemampuan perempuan mencari tau 🙂

  7. Jangan ngasih hadiah berlebihan atau terus menerus karena kami bukan Rey Utami
    Kecuali kalo lu mampu ngasih mobil terus dilanjut jam tangan yang harganya 2 Milyar. Kalo cuma mampu beliin bunga sama boneka mah jangan lebay lah. Tiap hari ngirimin cewek bunga yang ada bukannya jadi pacar, itu cewek bisa buka florist.
    Kreatif lah sikit bang, ketika cewek bilang lapar pas lagi chat coba kirim cemilan lewat Go Food atau delivery in pizza. Tawarin untuk ngejemput dia kalo dia bilang lagi lembur, bilang aja searah (padahal rumah si cewek di Bekasi dan rumah lu di Pluit). Tapi ingat jangan pernah berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu temennya setan. MUBAZIR.

  8. Misterius dikit biar dia penasaran
    Rumusan tiga hari muncul satu hari ilang masih berlaku gak sih?! Maklum udah lama gak di PDKT in orang nih 😀 Intinya sih ngilang sebentar ketika komunikasi mulai intens itu selalu BAIK asal jangan kelamaan yang ada gebetan digondol orang.
    Masalah pengaturan tempo tarik ulur ini tolong diukur sendiri yah, karena biasanya berbeda tiap orangnya. Karena terus-terusan ada dalam tahap PDKT itu BORING, eh apa ini gue doing yah?!? Tolong dong perempuan-perempuan laen kasih pertimbangan kalian sukanya yang kadang suka ngilang terus bikin kangen atau justru yang ada dan selalu siap setiap saat kayak tukang ojek online?!?

Gileee panjang amat postingan gue *pingsan*

Semoga TIPS PDKT ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi insan-insan yang membutuhkan. Kalo mau nambahin boleh looh, atau mau sekalian ngiklan kalo masih jomblo juga diterima.

Sekian pembahasan receh tapi panjang ini, do’a mamah semoga tips pdkt ini dapat mengurangi tingkat kejombloan di wilayah NKRI.

Salam Super…star, karena baik berpasangan atau tidak semua orang adalah bintang dalam kehidupannya *kibas poni*

10 thoughts on “BUAT KAUM ADAM : TIPS PDKT

  1. Leony

    Tipsnya mantap! Btw, Et, lu juga bikin dong tips PDKT buat kaum Hawa. Hari gini kaum Hawa kadang sosorannya lebih mantap daripada kaum Adam, sampe kaum Adam aja yang biasa seneng dikejar, jadi ngeri terbirit2 hahahahha.

    Reply
    1. mamah-etty Post author

      Itu lagi disusun kakak. Gue lagi ngebahas sama narasumber terpercaya (baca: junio2 dikantor). Emberaaan kadang kaum hawa kurang tahan harga, akibatnya bukannya deket si laki malah kabur.

      Reply
  2. Swastikagie

    Mamah hahaha…..kepake juga nggak buat cewek #eh
    *sambil nyanyi single Happy nya Oppie Andaresta*

    Aku baik baik saja
    Menikmati hidup yang aku punya
    Hidupku sangat sempurna
    I’m single I’m very happy

    Reply
  3. winkthink

    hahaha..selalu kreatif dan kocak deh ah post-nya.
    Oh nambah donk mbak:
    wahai para lelaki, kalau lagi PDKT lebih dari 1 orang, jangan sampe ketahuan yaa. Entah kalau yang lain, kalau saya mah begitu tahu dese deketin cw lain sih, yudadahbabay.
    Aku ingin jadi satu-satunya dan satu yang paling utama..uhuyy..

    Reply
  4. Ranny

    ((((mengentaskan kejombloan)))) huhauhaha Mamaaaah… u made my day deh :)))
    Ini tolong ya para jomblo dicatet!!!! Tipsnya keren untuk dilakukan 😀
    Etapi mah, aku juga suka dengar lagu si Kunto, siapa yah mau PDKT? *Ditujes suami 😛

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *